Musim kelulusan sekolah sudah  tiba, khususnya kelulusan SLTA, bingung setelah lulus SLTA/SMU mau melanjutkan kemana menggelayuti hampir setengah lulusan SLTA, untuk anak yang orang tuanya mampu tidak akan jadi masalah, tinggal pilih saja mau kuliah di mana, tapi untuk anak yang orang tua nya biasa-biasa saja bagaimana? hasarat hati ingin kuliah tapi biaya kuliah mahal, akhirnya cukup dengan ijazah SLTA mengadu nasib mencari kerja tanpa punya keterampilan apa-apa, akhirnya terdampar kerja jadi buruh di pabrik atau jadi pelayan toko (jadi ingat masa-masa lulus SLTA dulu ).

Tapi cita-cita pantang surut, pasti ada jalan keluar, ternyata memang ada lho, ya cari sekolah yang gratis bahkan setelah lulus langsung kerja, enak kan, apa itu, cari sekolah yang bersifat kedinasan, seperti AKMIL, AKPOL, STPDN, AIP, SECABA dll tapi nggak gampang butuh perjuangan.

Ada pertanyaan, Pak daftar sekolah tersebut kan butuh koneksi dan uang untuk sogokan, hilangkan pikiran tersebut dari pikiran kamu, itu hanya melemahkan diri saja, yakinkan diri, kamu sudah punya koneksi yang sangat kuat yaitu ALLAH, disamping itu persiapkan diri secara maksimal karena persaingan di mulai yang terbaiklah yang akan menang.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana saya ini cita-citaku.com. Berikut Cara mendaftar Akopl Akmil, saya menyebutnya 5 Bidang Kecakapan. Kalau kamu punya semua itu Insya Allah tidak ada manusia pun yang dapat menjegal langkah kamu. 5 bidang Kecakapan tersebut adalah :

1. Kecakapan Berdoa

Luruskan Niat kamu mendaftar sekolah tersebut lantaran Apa. Rajin-rajinlah minta sama ALLAH nggak usah malu dalam setiap waktu dan kesempatan, kalau dulu malas-malasan mulailah dari sekarang, walaupun  sebenarnya jika kamu tidak meminta pun Allah pasti memberi, tapi kalau kamu sering meminta sambil berjalan pasti Allah akan memberi sambil berlari, tidak percaya tanya saja Ustadz kamu.

2. Kecakapan Kesehatan

Apakah kamu punya yang ini ? maksudnya kesehatan kamu harus prima, karena nanti yang di cek adalah mulai dari kesehatan luar sampai dalam, misal : mata tidak min, plus, silinder, buta warna, THT bagus, kaki tdak Varises. Bagian Internis: darah, air seni, jantung, paru-paru.

Tapi rata-rata umur 20 an semuanya masih ok, kalau nggak yakin cek ke dokter, kecuali kalau dulu SLTA kamu pergaulannya aneh-aneh, misal Narkoba No Way, saat tes pasti akan ketahuan.

3. Kecakapan Jasmani

Beruntunglah jika kamu sejak awal suka berolah raga, misal lari / jogging, bola, volly, berenang dll, karena secara tidak sadar kamu telah membina fisik dan kekuatan tubuh, kalu tidak suka olah raga mulailah dari sekarang. Karena yang akan di seleksi/ tes adalah lari selama 12 menit, Pull Ups, Sit Ups, Push Ups, Suttle Runs dan Berenang. Saya garis bawahi berenang biasanya yang jadi masalah, oleh karena itu bagi yang belum bisa berenang,  belajarlah berenang, dari pada nanti malu pada saat tes nanti.

Untuk latihan cara meningkatkan kecakapan jasmani bisa baca artikel ini  Cara cepat untuk bisa Pull ups Push ups dan Sit ups

4. Kecakapan Akademik

Ini juga menentukan, karena kalau dari awal nilai kamu jeblok. Danem kamu di bawah penerimaan nilai terendah, kamu sudah gagal dibagian administrasi. untuk tes nya meliputi Pengetahuan Umum, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dll, semua materi-materi SLTA, Pokoknya kalau waktu SLTA kamu nggak suka bolos, tukang ijin pasti bisa ngerjakan semua soal.

5. Kecakapan Mental

Kecakapan ini wajib kamu punya, karena sekolah tersebut membutuhkan orang-orang yang bermental baik, kuat dan tidak cengeng. Yang di tes antara lain Psikologi, Kesehatan Jiwa, Mental Ideologi, dan Wawancara. Bagi yang belum pernah, tes apa itu, tenang tes ini tentang diri kamu, jadi kamu nggak bisa bohong, semuanya akan terbaca kamu cocok apa tidak sekolah tersebut.

Tips untuk tes ini sebelum pelaksanaan tes kamu harus rilek, santai, jangan banyak pikiran, hobby memancing, berkebun, memelihara hewan, baik untuk orang yang akan melaksanakan tes ini. Kecuali untuk tes Mentai Ideologi kamu menjawab jangan aneh-aneh. Mengikuti Konsul/konseling Psikologi di sarankan sehingga kamu tahu dan dapat memperbaiki diri.

Bagaimana berat ya, bagaimana kita menyikapi saja, kalau kamu bilang berat ya berat jadinya, kalau ringan ya ringan jadinya, persiapkan sejak awal, dipraktekkan ya tulisan cara mendaftar akpol, akmil di atas. Terima kasih…

Jika ingin mendaftar anda bisa baca tulisan ini : Cara Pendaftaran TNI AD TNI AL TNI AU Secara Online dan Langsung

 

Share
  
   
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Terima kasih cita-cita.com atas penjelasan yang komprehensif mengenai cara mendaftar AKMIL. Hal ini sangat bermanfaat untuk sesama, Indahnya Berbagi.. Note : Lanjutkan Pak,kalo bisa tampilkan cita-cita dari bidang profesi yang lain.
    Regards
    Dermawan ARH01

    • Untuk tes Jasmani
      lari selama 12 menit dapat berapa meter
      misal lari 12 menit dapat 2747 meter nilai 60 (jml Meter lebih banyak lebih bagus)
      Pull Ups 1 menit dapat 10x nilai 65 (lebih banyak x lebih bagus)
      Sit Ups 1 menit dapat 23x nilai 60 (lebih banyak x lebih bagus)
      Push Ups 1 menit dapat 24x nilai 60 (lebih banyak x lebih bagus)
      Shutle Runs (lari angka 8) dapat 19,9 detik nilai 60 ( jml detik lebih kecil lebih bagus)
      Berenang (wajib bisa)

      Untuk tes Psikotes
      Seperti tes Psikotes pada umumnya, misal: Tes Logika,Penalaran,Verbal,Pauli,Wartegg/Doodle,menggambar,mengarang
      dll.
      Demikian terima kasih atas kunjungannya

    • @ Wahyu
      Jika kita lulus seleksi Akpol,Akmil,Secaba,Secata dsb, semua biaya dari awal sampai lulus mulai dari akomodasi,pakaian,makan,pendidikan di tanggung oleh Negara alias gratis bahkan selama pendidikan di beri uang saku dan jika lulus langsung terima gaji,
      kecuali jika ada kebutuhan pribadi yg tidak didukung ini besarnya relatif tergantung kita utk pegangan, misal untuk biaya Cuti,pesiar,buku,kantin dsb.( Maaf sy tdk bisa terperinci dalam bentuk Rupiah sampai lulus)
      tdk usah takut masalah biaya, yang penting ACTION. Jika lulus semua biaya pasti bisa teratasi, OK
      Demikian Mas Wahyu semoga bermanfaat, Trims sdh berkunjung.

  • Mas, tadi katanya kalau masuk akpol apabila lulus seleksi segala biaya ditanggung oleh Negara.
    Terus kalau misalnya tidak lulus seleksi, biaya pendaftarannya berapa mas ?
    Hehe, maaf, supaya ada persiapan sejak dini mas 😀

    • @Evan
      Tidak ada biaya pendaftaran, dari mulai seleksi daerah sampai pusat tidak dipungut biaya
      jadi kalau nggak lulus seleksi ya tidak apa2
      utk Akpol daftar di POLDA,utk Akmil di KODAM, utk waktunya pantau saja biasanya di umumkan di media cetak maupun elektronik
      atau pantau di Web Polda/Akmil.
      Utk Seleksi daerah di Polda/Kodam masing-masing,jika lulus seleksi daerah akan ikut seleksi Pusat
      untuk Akpol di Semarang, utk Akmil di Magelang
      Proses seleksi panjang dan melelahkan tapi itu bukan suatu masalah bukan? demi cita-cita
      Demikian semoga membantu, bila mau bertanya lagi di silahkan, bila saya tahu Insya Allah akan saya jawab.
      Betul persiapkan sejak dini,ibarat mau bertempur persiapkan senjata dan munisi.
      Salam Cita-cita

  • insyaallah saya mw daftar,,,, tapi buruknya saya push up pull up masih kurang,lari sit up bek ap udah oke,,, berenang sambil lagi belajar….ada saran

    • @ Muhammad rizaldi
      Saran saya utk melatih push up,sit ups dan pull ups (ini biasanya jadi masalah), intinya kita melatih otot perut,bisep dan trisep.
      1. Setelah selesai sholat 5 waktu lakukan ditempat push ups,sit ups dan pull ups (ini harus buat tiang dr besi atau lakukan di kusen pintu hehehe),harus rutin dan buat target misal minggu 1 push up 20x, sit ups 20x, pull ups 2x dst sampai target tercapai push ups 45x,sit ups 45x dan pull ups 18x ( semuanya bobot nilai 100) coba bayangkan kalau dalam sehari anda rutin melakukan 5 kali, dalam 1-2 bulan target pasti akan tercapai.
      2. ini butuh biaya, pergi ke tempat fitnes sampaikan pada Instruktur apa keinginan yang ingin anda capai, instruktur fitnes pasti akan memberikan latihan untuk anda.
      Demikian saran saya, semua sdh sy coba dan berhasil yg penting ada kemauan OK

  • mohon tanya. Kalau mau daftar polwan ada kriteria khusus lain nggak? Pendidikan berapa tahun? Sama biayanya berapa besaar? Terima kasih

    • @ heryuni
      Kriteria khusus apa maksudnya? saya kira semua kriteria umum misal umur max 26 thn,tinggi 160 cm,tdk berkacamata,belum menikah,SMK/SLTA dll
      Pendidikan kurang lebih 11 bulan (secaba) Akpol 4 thn.
      Jika lulus seleksi Biaya pendidikan gratis kecuali utk kebutuhan pribadi (ini relatif)
      utk jelasnya bisa kunjungi http://penerimaan.polri.go.id
      demikian, trims kunjungannya

    • @ Getha Sarita
      Biar nggak bingung sy jelasin sedikit ya
      Akpol : Akademi Kepolisian, Akmil : Akademi Militer, klau lulus menyandang pangkat Perwira
      Secaba : Sekolah Calon Bintara, klau lulus menyandang pangkat Sersan / Bripda
      Secata : Sekolah Calon Tamtama, klau lulus menyandang pangkat Prada
      itu semua adalah jenjang pendidikan
      klau mana yg bagus ya jelas dong pilih Akmil atau Akpol biar bisa jadi Jendral hehehe
      Demikian semoga membantu, salam

    • @Tandyo
      Utk tes Wawancara biasanya di tanya tentang IPOLEKSOSBUDHANKAM,Agama,Program2/Kebijakan Pemerintah,masalah hub di Keluarga,dll,klau sy jabarkan bs panjang Mas Tandyo,tp sedikit bs sy jelaskan
      Mas nya akan dimintai pendapat tentang masalah2 tersebut,hati2 dalam menjawab, salah jawab bs jd bumerang,intinya sbg calon abdi Negara Mas hrs berpedoman dg Pancasila,UUD1945,tdk ekstrim kanan,kiri, Netral dan mendukung setiap kebijakan2 Pemerintah.
      Utk Tes Pengetahuan Umum, itu tes tertulis seperti Ujian sekolah, Matematika,Ipa,Ips,bhs Indonesia,Inggris,Sejarah dll
      Demikian, Semoga bs membantu, Terima kasih atas kunjungannya.

    • @Setyawan
      Untuk tes kesehatan 2 kali mas
      yg pertama tes luar mulai dr tes mata,THT sampai kaki(varises)
      yg kedua tes dalam(Internis) mulai dr sampel darah,air seni,periksa jantung,paru2 dll
      menurut sy tdk ada ruginya dicoba, nggak luluspun nggak rugi malah untung kita jd tahu kondisi tubuh kita
      Coba klau kita General Chek Up di RS mahal biayanya ini gratis hehehe
      demikian,trims kunjungannya

    • @Zul
      Kalau masalah gigi tentunya tdk boleh gigi yg berkarang, berlubang klau tdk parah jangan dicabut ditambal sj
      pergilah ke dokter gigi utk pemeriksaan sekalian bersihkan gigi dr karang2 gigi
      kalau ke Puskesmas tambalannya kurang bagus dokternya kadang nggak mau membersihkan karang2 biasanya kt di suruh ke tempat praktek pribadinya
      tentu biayanya nggak murah, saran sy dan ini pernah sy lakukan klau ditempat Mas nya ada univertas datangi Fakultas kedokteran gigi
      daftar di polikliniknya, disana kt bisa nambal,cabut sampai bersihkan karang2 gigi dengan biaya yg murah dan hasinya memuaskan.
      Demikian semoga bs membantu, trims kunjungannya.

  • mas mau tanya . .
    kalau seandainya lulus smk tahun ini 2013 , sedangkan mendaftar di akpol 2014 , masih bisa apa tidak ? dan biayanya berapa ?

    • @indayana
      Bisa sj, karena yang jd patokan daftar Akmil/Akpol itu umur maksimal 22 thn
      mulai daftar,seleksi,sampai pendidikan gratis di biayai Negara, OK

      • om mau nanya, kalau ada kelainan tulang belakang(skoliosis) bisa gak masuk AKPOL? pembukaan AKPOL buat lulusan SMA 2014 kpan? terima kasih

    • @Ramanda
      Belajar yang pinter, jaga kesehatan,rajin olah raga dan Berdoa
      semoga tercapai cita-citanya… amin

  • asllamualaikum ka, makasih atas info and share nya.
    yang saya ingin tanyakan apakah berat badan menentukan juga syarat masuk nya?
    soalnya saya sudah diperiksa tinggi 166.6 cm berat 48. saya kurang 8 kilo kalo mau ideal.

    • @ Muhammad Akbar
      Waalaikum salam
      Ya mas klau ideal tinggi 166,6 cm berat 56 kg
      menurut sy tdk terlalu menentukan syarat masuknya daftar saja,daripada tinggi 166,6 cm berat 70 kg itu yg repot
      pengalaman lebih mudah menaikkan berat badan dari pada menurunkan berat badan
      jd saran sy daftar sj, dan coba naikkan 5 kg sj biar tdk kelihatan terlalu kurus
      Action

  • Assalamualaikum
    Mas, saya SMP Kelas 3 dan ingin menjadi TNI AD, sebaiknya masuk SMA atau SMK ya? Kalau SMA kan harus masuk jurusan IPA? Dan kalau SMK harus masuk jurusan apa? Oh iya kalau dari pesantren atau SMA boarding school (Asrama, Islam/Umum) apa bisa masuk TNI AD? Terima kasih,, (cita2 saya pengen jadi TNI AD dan kalau bisa masuk KOPASSUS :D)

    • @Bakhti
      Mau jd TNI AD lewat jalur mana dulu? Akmil,Secaba atau Secata
      klau Akmil memang harus SMA jurusan IPA
      klau Secaba,Secata bisa SMA/SMK/MA semua jurusan
      dr Boarding school bisa yg penting lulusannya sederajat dg SMA/SMK/MA
      Masuk Kopassus? mantap top markotop, semoga tercapai cita-citanya, ok

  • Wah, Saya sangat ingin masuk TNI nih. Tapi berenangnya kurang bisa, kasih tau saranya donk mas, biar bisa cepet berenangnya? Soalnya saya susah banget berenang yang gaya bebas, dari kecil saya udah sering ke kolam tapi saat kakinya di gibaskan ke atas (gaya bebas), kaki saya selalu sedikit demi sedikit tenggelam, saya mohon saranya mas biar saya cepet bisa berenang,,

    • @Rifky
      Sarannya ya harus sering2 ke kolam renang, tp dikolam belajar renang ya jangan nongkrong hehehe
      atau cari mentor/minta ajarin kawan dll.
      Rifky….klau orang sdh bs renang sepertinya semua gaya pasti bisa mau gaya ngambang(Traven),dada,katak,punggung,kupu2,nyelam dll tdk terpaku hanya salah satu gaya sj yang bisa/tidak berenang.
      Tapi dalam kemiliteran yg dipakai sehari-hari pakai gaya katak ini berkaitan nantinya dlm tugas, berenang dg membawa beban senjata dll
      tdk bs renang janganlah jd halangan tp jdkanlah tantangan, belajar terus pasti bisa!
      masa kalah sama anak bebek (Just Kidding)

  • tapi kata paman saya, kalau kita tidak bayar dana dalam jumlah sekian, kita tidak akan di luluskan…
    Apa itu benar?

    Lalu gigi saya ada yg berlubang, apa itu bermasalah?

    • @harry
      saya mengerti apa yg dimaksud,itu ulah oknum sy kira ini terjadi pd semua pendaftaran apapun (sekolah,pekerjaan dll)sekali lagi itu oknum
      yang sy tahu dalam pendaftaran TNI apabila itu terjadi,terbukti dan tertangkap, kedua-duanya akan di proses dan dihukum.
      jika dalam tes mulai dari kesehatan,jasmani,akademik,psicologi nilainya bagus pasti akan lulus dan lolos
      jangan rusak pikiran dengan hal2 semacam itu, krn bisa melemahkan mental,persiapkan diri jauh-jauh hari.
      Untuk masalah gigi yg berlubang itu bisa ditambal atau dicabut silakan konsultasi dg dokter gigi.
      demikian,terima kasih atas kunjungannya
      ACTION

  • Sya mau tanya pak, sya sedang sekolah di SMK, sya berkeinginan masuk akmil, sya sudah tw klau msuk akmil persyaratannya hrus lulusan sma jurusan ipa. Nh misalkan sya kuliah dulu, kmudian masuk akmil bsa gk? Klau bsa prodi apa yg biasanya sering di terima AD? Terima kasih.

  • untuk masuk akpol, tes akademiknya kan ada ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan kepolisian, mohon di jelaskan secara terperinci, soalnya persiapan untuk tes fisik saya sudah matang, tetapi buat tes akademiknya masih ngambang

    • @ arisandi
      utk tes akdemik yg sudah2 Matematika,Inggris,Bhs Indonesia,Ipa,Ips (Materi SMA)
      Ilmu Pengetahuan Umum bisa baca2 di buku HPU (himpunan Pengetahuan Umum)+perhatikan kejadian2 saat ini
      Ilmu Pengetahuan Kepolisian maaf sy malah baru tahu, utk jelasnya mungkin bs cari keterangan di sini penerimaan.polri.go.id
      jangan ngambang alias ragu2 dong, lha wong belum di coba,OK
      terima kasih kunjungannya

    • @oky
      Tenang, Varises ada solusinya
      Konsultasikan ke Dokter nanti diperiksa utarakan maksudnya
      biasanya nanti dokter akan suntik Varises yg ada disekitar betis/paha
      beberapa kali konsul Varises akan hilang, rasanya seperti digigit semut dan sedikit pegal di sekitar yg disuntik hehehe
      demikian thk kunjungannya

  • pak saya bintank dr lmpung umur 21 pengen banget jadi polwan masih bisa gk yaa kalai bisa untuk pendaftaran sekolah kepolisian yg trdekat dr lampung dimana!!?
    makasih

    • @bintang
      Umur 21 itu umur terakhir daftar polwan mbak
      daftar bisa melalui online dulu di sini http://penerimaan.polri.go.id/utama.php
      setelah daftar online trus nanti bawa persyaratan administrasinya ke Polda masing-masing (Polda Lampung)
      utk daftar Polwan th 2013 dg pangkat Brigadir/Bintara terakhir tgl 11 April 2013
      demikian trims kunjungannya

  • Ass..
    pak saya mau taya.
    kalo yang punya gigi bertaring atas bawah bisa gak ikut AKPOL ?
    saya sangat ingin mnjadi taruna pak.
    saya lulusan SMA 2012 jurusan IPS..
    mohon balasan nya pak..
    trimakasih.

    wsalam…

    • @iwah falaza
      Gigi bertaring saya rasa itu bukan masalah,selama itu bukan suatu penyakit
      kan mau daftar Akpol bukan daftar jadi Drakula,hehehe
      Saran sy daftar dulu,jangan menyerah sebelum mencoba
      Action, OK

    • @ikky
      Bohong, itu trik pematah semangat yang katanya-katanya, klau kebanyakan orang berpikiran demikian
      maka jarang orang yang daftar tentara,apa akibatnya “MENGURANGI SAINGAN”.
      Masuk tentara bertempur resikonya mati kok bayar Rp 150 juta
      lebih baik klau punya uang segitu nggak usah daftar tentara, pake buat dagang atau Deposito.
      Daftar dulu, yakinlah dengan kemampuan sendiri,nggak usah dengar kata orang bikin pusing.
      (insya Allah mas nanti sy buat artikelnya)
      demikian

  • ASALAMUALAIKUM PAK !
    pak pak sya mau nanya , saya baru saja mengikuti tes lairiah nanti pengumamannya tagl 17 , itu maksudnya pengumuman apa ya pak, tes lahiriah itu sama aja penyisihan ya pak makasih,
    oh ya bert badan itu syrt utama ya pak soalnya sya 51kg tinggi 167 ….

    • @ Akbar Calon Akmil (Amin….)
      Setiap melaksanakan tes pasti akan ada pengumuman lulus/tidak lulus alias penyisihan
      yang lulus lanjut tes berikutnya, yg tidak lulus mengulangi tahun depan
      semua ketentuan dalam tes termasuk berat badan adalah syarat utama dalam rangka Penyisihan
      tinggi 167 cm berat 51 kg sdh ideal jangan banyak makan ya biar nggak nambah bbnya
      Akbar Calon Akmil semoga Menjadi Akbar Lulus Akmil

  • ok, makasih pak..
    oh y stu lagi pak, klo msuk AKPOL apa d haruskan bsa brbahasa inggeris ?
    saya tidak bisa bhsa inggeris pak..
    trimakasih.. 😀

    • @iwan falaza
      Bahasa Inggris relatif, bukan bahasa kita wajar nggak bisa
      tdk diharuskan, don’t worry nanti klau lulus kan ada materi pelajaran bhs inggris
      OK

  • Pak saya mau tanya,, untuk berat badan apa mempengaruhi tes untuk masuk secaba Akpol??
    Tinggi saya 172cm BB 78Kg
    Lama pendidikan berapa tahun pak??
    Terima Kasih.

    • @Arif Rahman Hakim
      Setiap yg namanya seleksi semua persyaratan hukumnya wajib menentukan lulus/tidak lulus
      tinggi sdh ok, berat kurangi ya 10kg
      lama Dik Secaba 7-8 bulan
      lama Dik Akpol 4 thn
      OK

  • Salam Perwira Pak…
    Pak, sya mau nanya pak…
    Kmren, sya sdah Daftar Secaba tp sya tdak memenuhi pak,
    Krna umur sya Krang 9 Hre…
    Sbnarnya sya Ingin Masuk Akpol Pak.. Tp krna sya SMK..
    Niat, sya Undur.. Dngan Masuk Secaba dlu, lalu Stlah itu masuk Akpol..
    Tp, sya Mnta Konsultasi kpd Panitia..
    Mreka Mngatakan Kalo Akpol Mnerima Lulusan SMK.. Jrsan TKJ..
    Apa kah Bnar Pak.. Dan Tlong Sran na y Pak..
    Terima Kasih Pak..

    • @Andreas Sembiring
      jangan patah semangat coba tahun depan lg
      Sepertinya kalau sdh dik Secaba tdk bs daftar Akpol (kecuali kalau memang ada perubahan)
      Mungkin benar apa yg dikatakan Panitia
      krn SMK jurusan TKJ mungkin di perlukan
      krn semuanya tergantung kebutuhan pd saat itu,bisa sj thn depan sdh tdk bisa lg
      OK

  • Selamat sore pak, cita-cita saya dari kecil sampai sekarang ingin menjadi tentara, tentunya saya ingin membahagiakan orang tua, tapi biaya yang tidak mendukung, apakah saya bisa masuk tentara tanpa biaya?

    • @Albi Maulana
      Klau memang sdh dr kecil cita-cita ingin jd Tentara dan tertanam kuat dlm pikiran,insya Alloh akan tercapai
      biaya apa yg dimaksud? jika hanya biaya utk transport daftar,foto copy,foto,makan,minum selama seleksi itu wajarkan
      jika biaya hrs mengeluarkan sejumlah besar uang utk jd tentara alias nyogok itu tdk ada,itu ulah oknum dan tdk dibenarkan
      Jika sdh baca artikel diatas dan merasa sdh/mendekati sesuai, Daftar! pikiran yg kuat akan mengantarkan suatu keinginan/cita-cita
      Artikel tsb sy buat bukan sekedar OM DO (omong doang) jd nggak perlu sogok-sogokan,OK

  • ass, pak kalo umur minimalnya brp pak..?? saya mau msuk akpol,, tpi gigi saya udah di cabut 1 dan berlobang 1,, apa itu masih bisa nggak pak?

    • @ Rafi Rahmadi
      Kalau br lulus SLTA umur berapa ya? itu umur minimal, klau umur max 21 th
      masih bisa dong,gigi yg lubang di tambal dulu,yg sdh dicabut biarkan sj, trus daftar Akpol ikuti seleksi nya, OK

    • @Muhammad Azhar
      tdk apa2,itu bukan penyakit berbahaya macam jantung,paru2,hepatitis,diabet dan sejenisnya
      Lanjutkan,ok

  • Ass, mas, katanya kalo daftar AKMIL/Masuk Tentara itu harus bayar 150 juta, apa benar? Dan kira2 gaji tentara itu berapa ya mas? Dari mulai letnan dua yang mas tau? Dan kalau lulusan AKMIL itu langsung punya pangkat apa? Dan di tentara itu apa ada hari libur? Maaf banyak nanya mas, karena cita2 saya pengen jadi Tentara sekaligus membantu ortu, hehe xd

    • @Yoga
      Waalaikum salam
      Kan baru katanya, daftar tentara itu kalau keterima dan masuk pendidikan tdk ada biaya gedung,spp,semester,bangku,seragam,wisuda dll
      jadi itu tdk benar, gaji tergantung pangkat dan masa kerja, klau di tulis kepanjangan nanti (pangkat Prada s/d Jendral)
      klau Letnan Dua gaji pokok sekitar Rp 2 jutaan + uang lauk pauk Rp 45000/hari X 1 bulan = Rp (jadi berapa ya….)
      lulus akmil pangkat Letnan Dua, hari libur tentu ada dong seperti kerja2 ditempat lain kecuali jika ada tugas2 khusus.
      ok demikian semoga tercerahkan

  • Ok, pak Terima Kasih..
    Pak, Jawaban yg Paling Cocok, Ketika Slah Seorang Menayakan kpd kt..
    Knpa Ingin Menjadi Perwira Polri..
    (Pertanyaan Wawancara).
    Dlam Pikiran sya, Krna Seorang Polri Berwibawa..n sangat Mulia..
    Kalo, Menurut Bpak Apa y..
    Maaf.. Y pak..
    Terima Kasih sblumnya..

    • @ Andreas Sembiring
      Jawabannya klau menurut sy “Mengabdi kepada Negara dan Bangsa”
      dan itu hrs di pertahankan biasanya nanti si penanya akan meledek (ah masa sih,pengen cari kerja kali dll) dan mengejar (memang nanti kalau mengabdi tdk di gaji mau?) jawab “Siap”, pertahankan sampai titik darah penghabisan hehehe (idealis disini diperlukan)
      demikian

  • Maaf pak, mau tanya sdikit soal tes berenang di atas .
    Klo tes berenang kasih wktu brapa detik pak, trus minimal harus brp meter ?
    Mhon di jelaskan

    • @ Aji Yadmoko
      bukan minimal hrs sampai brpa meter, tapi jarak sdh di tentukan 50 m dapat di capai brp detik
      klau tdk sampai 50 m ya gugur.
      untuk penilaian sdh ada dalam daftar tabel nilai
      misal jarak 50 m waktu tempuh 45 dtk nilai 100 dst…
      jarak 50 m waktu tempuh 1 menit 30 dtk nilai 60 dst…
      demikian

  • cita cita ku akpol saya nak pesantren jabal nur jadid aceh selatan pengalaman ku saya pernah ikut sepaktakraw untuk mewakili aceh

    • @ Dikky Hasnu
      Lanjutkan,coba mendaftar klau nanti sdh lulus semoga tercapai apa yg dicita-citakan. amin

  • mas mau tanya tes kesehatan msk TNI meliputi apa saja? apa benar sampai membuka semua pakaian?
    mohon jelaskan mas. sblmnya terima kasih.

    • @ Putra
      Pemerikasaan tes kesehatan dua kali meliputi pemeriksaan luar (THT,mata,kaki dsb)
      pemeriksaan bagian dalam/Internis meliputi(air seni,darah,jantung,paru2 dsb)
      Ya, tujuannya adalah utk memeriksa bagian yg perlu diperiksa secara nyata/kasat mata misal bentuk proporsional tubuh,kelamin,ambien atau tdk, dsb
      (jangan dikonotasikan negatif ya)
      demikian semoga membantu

  • Selamat Pagi Pak..
    Saya Dari SUMUT, Saya Sangat Ingin Menjadi Seorang Perwira Polri..
    Saya Adalah Siswa SMK Jrsan TKJ..
    yang Sya Pertanyakan Kenapa Siswa SMK tidak Diberikan Kesempatan Untuk Menjadi Seorang Perwira Polri (Mendaftar Akpol)..
    Kalo Alasannya Siswa SMK, Akan Kesulitan Mengikuti Pendidikan Akpol.. Menurut Saya Itu Bukan Alasan Yang Benar, Karena Kita Semua Tahu Bahwa Masuk AKPOL tidak Lah Gampang… Beribuan Orang Ingin Masuk AKPOL, Tetapi Karena Dengan Seleksi Yang Ketat, Bersih dan Transparan,, Hanya Menyisahkan Yang Terbaik dari Yang Baik..
    Jadi, Kalo Memang Siswa SMK Mampu Menyelesaikan Setiap Tes-Tes yang Ada.. Itu Berarti Siswa SMK Dapat Mengiktui Pendidikan AKPOL.. Karena Telah Menyisihkan Peserta Yang Lain..
    Saya, Telah Menyiapkan Diri Saya, Akademik, Psikologi, Mental, dan Jga Kesamptamaan Saya.. Dengan Baik Jauh-Jauh Hari ini Pak..
    Saran Saya Berikan Kami (Siswa SMK) Untuk Menjadi Perwira POLRI, Mendaftar AKPOL..
    Saya, Menyatakan Siap Untuk Mengikuti Setiap Tes Demi Tes yang Dilakukan Untuk Menyeleksi Anggota POLRI, Saya Yakin Bahwa Penerimaan POLRI, Bersih Dan Transparan..

    Terima Kasih.

    • @ Andreas Sembiring
      Saya benar2 salut dengat semangat Andreas utk menjadi seorang Perwira Polri
      tp bgmn itu sdh merupakan aturan yg menjadi ketentuan,
      atau bila tetap ingin mencoba menjadi Perwira Polri mungkin bisa melalui jalur Sarjana (SEPA POLRI)
      Kuliah dulu cari informasi jurusan apa yg kira2 di butuhkan Polri
      Demikian, jangan patah semangat, jangan berkecil hati masih banyak bidang utk mengabdi kpd Bangsa ini

  • misi mas mau tanya kalo pake gigi palsu tapi cuma satu, sama bekas jahitan (keloid) di bawah bibir, bisa masuk akmil nggak ya mas?

    • @ Ade
      masalah gigi palsu masih bisa jika masih taraf wajar (hanya 1) termasuk ditambal dan ompong(bagian geraham)
      untuk keloid jika kecil masih bisa, jika besar/kelihatan mencolok biasanya gugur mas pada tahap seleksi kesehatan,
      Demikian semoga tdk patah semangat.

  • pak, kalo gigi saya dicabut bisa lolos ga ? (ompong 1)
    gigi bagian paling belakang saya agak kesamping (arah tumbuhnya aja yang agak kesamping)
    gimana ya ?

    • @ Yudi Aryak
      Gigi ompong 1 masih bisa kemungkinan lolos asal gigi geraham ya,jika masih lubang kecil ditambal saja jangan dicabut
      tdk apa2 klau hanya 1 gigi,tp saran konsul ke dokter gigi agar tumbuh normal krn khawatir bila berkelanjutan

  • mas, kalo TNI kan pasukan ter-elitnya Kopassus nih, kalo Polri pasukan ter-elitnya apa ? Terus menempati peringkat ke berapa di dunia ?
    Apa setelah tamat Akpol/Akmil bisa masuk ke satuan elit ? Terus pangkatnya tetap ato gimana mas ? Terimakasih sebelumnya mas.

    • @ Evan
      Pasukan elit Polisi klau nggak salah Densus 88 anti teror,utk peringkat sy kurang monitor tuh.
      Bisa tp tentunya akan melalui seleksi lagi utk masuk pasukan elit,utk masalah pangkat sama dengan rekan-rekannya di satuan biasa
      hanya utk masalah karier kedepannya biasanya cemerlang, coba perhatikan dan cari informasi ttg riwayat jabatan Jenderal2 di tanah air
      rata2 memulai karier awal dr Pasukan Elit.
      demikian

  • Mas, saya sangat Ingin menjadi TNI AD, dan saya masih kelas 3 SMP, tapi saya bingung masuk SMA/SMK, ibu saya nyuruh saya ke SMK (teknologi) katanya SMK juga bisa masuk AKMIL, apa bisa? Tapi yg saya dengar AKMIL itu hanya bisa SMA/MA jurusan Ipa, keluargaku termasuk berpenghasilan sedang, kalo gak diterima di AKMIL nanti kuliahnya kan susah mas, karena ngambil SMA dan biayanya cukup besar, kalo SMK kan bisa kuliah sambil kerja (klo gk diterima di AKMIL), yg mau saya tanyakan: Apakah SMK tidak bisa masuk AKMIL pak? Dan kalo masuk TNI AD harus masuk/ada jalur mana saja pak? Yg pangkatnya langsung letnan dua ? Saya sangat bingung mohon bantuanya mas, sya hrus sekolah dimana?? Oh iya kalau bpk punya no staff pendaftaran akmil boleh sya minta pak?

    • @ Yan
      Saya salut dengan cita-cita Yan yg ingin menjadi TNI AD
      Begini jika ingin menjadi TNI Yan hrs masuk SMA jurusan IPA krn bisa utk daftar AKMIL dan AKPOL
      Jika masuk SMK tdk bisa daftar Akmil/Akpol hanya bisa daftar SECABA dan SECATA (SMA juga bisa)
      Jika ingin langsung pangkat Letnan Dua ya harus masuk jalur AKMIL/AKPOL, jalur SECABA pangkat Sersan Dua,Jalur SECATA pangkat Prajurit Dua.
      no staff pendaftaran Akmil nggak ada tuh, klau mau daftar Akmil bisa di Kodam masing2
      Catatan
      SUKSES ITU BUKAN MILIK ORANG KAYA/SEDANG/MISKIN TAPI MILIK SEMUA ORANG

  • Pak, saya mau daftar Akpol, tapi sekarang saya sedang kuliah di semester 2. Apakah nanti jika lulus semua tes, kuliah’a harus saya tinggalkan? atau ada proses tertentu agar kuliah bisa tetap dilanjutkan?
    Terima Kasih…

    • @ Rio
      Jika nanti lulus semua tes dan diterima di Akpol/Akmil otomatis kuliah harus istirahat dulu
      tapi nanti setelah lulus Akpol/Akmil kuliah dapat dilanjutkan
      Info terakhir yang sy dengar lulusan Akpol/Akmil setelah lulus dapat melanjutkan kuliah dan dianggap sdh menempuh 4 semester
      jd tinggal meneruskan sisanya, enakan…..

  • hormat..
    Siap!!
    sy mw tnya pak,
    Kmaren sy liat prsyratan2 AKPOL ad dlampirkan bhwa diacukan menjdi AKPOL it harus relatif bisa berbhasa inggris
    jdi bgaimn untk orng2 sprti kami in yg tdk tw pak?
    Mhon diluruskan ap it benar pak
    trimh kasih.

    • @ Rusdi Simanjuntak
      tdk usah khawatir dan jangan dijadikan masalah,memang dr sekian ratus/ribu yg daftar bisa bhs inggris semua
      paling pol yg bisa hanya 10 % doang, sisanya rata-rata
      trus klau jago bhs inggris lalu tes jasmaninya jeblok lantas lulus, ya tdk lah
      toh nanti klau lulus tes dan masuk Akpol ada materi pelajaran bhs Inggris,
      jd nggak usah khawatir, ok lanjutkan perjuangan

  • mau nanya mas.. kalo masuk ke AKPOL itu boleh bawa hp buat komunikasi sama keluarga apa gak?
    terus Kalo di AKPOL masa pelatihannya berapa bulan/tahun?

    • @ Lesmana
      klau masuk Akpol dan selama pendidikan tdk boleh bawa HP
      klau mau komunikasi sm keluarga nanti ada saatnya, misal saat ada ijin Pesiar
      ke wartel tlp deh keluarga sepuasnya,
      lama pendidikan kurang lebih 3 tahun
      demikian

  • Mas, Bintara Utk Tahun ini Dah Habis y..
    Kalo Masuk Akpol lwat Jalur Secaba bisa y mas..
    Artinya Saya Masuk Bintara Dulu baru Ikut Tes Akpol..
    Mohon Pencerahannya Mas..
    Terima Kasih Banyak Sebelumnya…

    • @ Andreas Sembiring
      Jika Pendaftaran tahun ini sdh selesai, coba tahun depan mas
      Setahu sy sdh tdk bisa mas dr Bintara organik daftar Akpol, klau dulu memang masih di perbolehkan
      alternatifnya klau dr Bintara setelah pangkat dan masa kerja cukup baru bisa mengikuti Capa Polri
      demikian

  • tinggi dan bb mas sndiri brp ktka mndaftar akpol ?
    sorry mas brtanya soal fisik cuman jdi bhn patokan saja trm ksh 🙂

    • Nggak apa2, dulu tinggi 170 cm, berat 67 kg
      saya mempersiapkan diri mulai kelas 2 SMA
      jd tdk dadakan
      demikian

  • mass mau nanya nih kalo nilai ijasahnya kuran 0,05 bisa ga ya mas kan pendaftara akpol t.a 2013 persyaratanya 7,25 , nah saya 7,20 , kira2 bisa ga ya mas ??,saya sih sudah ikt pendaftaran karna lulusan tahun skrng makanya pake nilai rapot dlu kan ya mas , nah alhamduliah ni itu memenuhi mas rata2 persyaratanya , tapi kalo kurang 0,05 gmna ya mass , toon ginformasihya secepatnya yaa mas 🙁 saya mohon bgd infonya

    • @ Abi
      Nilai 7,25 itu sebenarnya nilai terendah makanya klau kt punya nilai di atas itu kt bisa tenang,
      7,20 kurang dikit ya tp coba saja dulu mudah-mudahan ada kebijaksanaan dr Panitia sehingga bisa lulus seleksi Administrasi
      OK

      • kira2 kebijakan itu bisa terjadi ga mas ? 🙁 apa sebelum2nya ada kebijakan yg sperti itu mas ??, umur saya masih 17thn mas soalnya mungkin setiap tahun nilai itu naik , seperti tahun 2009 untuk jurusan ipa rata2 6,7 kalo ga salah mas . tapi kurang nilai 0,05 itu yg buat saya terfikirkan mas 🙁 , kira2 kebijakan itu apa akan mungkin keluar ya mas 🙁 ?, apa sebelumna ada yg seperti saya diberi kebijakan ? tolong informasi secepatnya ya mas 🙁

        • @ Abi
          Bingung juga sy menjawabnya…krn kita tdk tahu berapa nilai ijazah saingan kita, yg tahu hanya Panitia,
          jd sy tdk tahu apa pernah ada kebijakan tsb.
          Tapi kemungkinan itu masih bisa sj terjadi, misal ternyata yg daftar nilai ijazah nya rata2 kurang dr ketentuan,
          sehingga Panitia memberikan batas toleransi dr nilai yg seharusnya.
          saran sy daftar sj dulu tunggu pengumuman dr Panitia dan banyak-banyak berdo’a
          demikian

    • @ Eko
      Kendala itu bisa di pecahkan yg penting ada kemauan cr jawaban komentar sy dibawah
      tentang tips melatih otot bisep,trisep dan perut.
      dulu sy mampu pull up 12 kali
      demikian

    • @ Patty
      Untuk pendidikan Bintara dasar/pembentukan 4 bulan dilanjutkan dengan kecabangan 3,5 bulan
      utk HP selama pendidikan tdk boleh dibawa

  • siang pak.. Saya lulusan SMK jurusan Akuntansi. Apakah Dapat Mengikuti Pendidikan AKPOL?

    • @ Natalis fransisca sembiring
      Setahu sy tdk bisa lulusan SMK utk daftar Akpol
      tp masih bisa utk daftar Brigadir Polri dan tamtama Polri
      demikian

  • mas.law umur 23 thn lu2sn 2009.apkh mmg g dprblhkn lg mndftr?pdhl sya brkeinginan n bercita2 dri kcl utk jdi akpol?mklm dlu wkt sy tmt SMA sy lgsg krj.tpi skrg sy udh cri info d intrnt..apkh bnr2 g ada ksmptn bwt sya iktn tes krn umr tlh lwt?mksh

    • @ Arny
      Sayangnya memang demikian Mas ketentuannya umur Maksimal daftar Akpol/Akmil 21 tahun
      jd umur 23 thn sdh lewat.
      saran, jangan patah semangat lanjutkan bekerja sj, dan cita-cita mas yg luhur tsb di wujudkan ke anak mas sj nantinya

  • Salam Pramuka !!!

    Begini mas sebelumnya,saya mau tanya . Saya punya cita cita ingin jadi tentara dan masuk Akmil . Kira kira saya bisa masuk Akmil ga ya dengan tinggi saya yg masih 160 (Skrg masih kelas 2 SMA) dan gimana caranya meninggikan badan agar lebih cepat ?

    Terima kasih lagi mas karena atas Artikel mas, semangat korsa saya di bangkitkan lagi . Oh iya dan sertifikat Pramuka dari SAKA WIRAKARTIKA (TNI AD) katanya bisa memberikan nilai plus saat daftar nanti ?
    Itu bener ga ya Kak?

    TERIMA KASIH KAK

    • @ Firgiawan Iksanja
      Salam Pramuka
      Untuk daftar Akmil tinggi minimal 165 cm masih ada waktu utk meninggikan BB
      cobalah banyak berolah raga misal, lari,basket dan Berenang tapi perlu di ingat faktor Gen juga menentukan,
      untuk sertifikat Pramuka coba sj saat daftar dilampirkan, krn setahu saya yg bisa memberikan nilai plus apabila kita
      mempunyai prestasi minimal tingkat Nasional/Internasional.
      demikian

  • Assalamualaikum…Saya anak kelas 3 smp pak… Rencananya mau ke sma trus ke akmil, yg saya tanya klo ptama kali dftar akmil tu dh ditentukan jurusannya ke ad. Au dsb apa kterima dlu nanti br dtentkm apa bgmana pak?
    Trus rumusnya tb dan bb yg seimbang itu bgaimana pak?
    Mohon penjelasannya,,
    Trimakasih bnyk

    • @ Triut
      Penjurusannya nanti kalau kita sdh keterima berdasarkan hasil tes,wawancara dan psikologi,
      pun nanti apabila kita sdh masuk salah satu jurusan (AD,AL,AU) kita juga nanti ada penentuan kecabangan/Corp
      AD = Infanteri,Kavaleri,Armed,Arhanud dll. AL= Pelaut,Marinir,Elektronika dll
      AU = Penerbang,Paskhas,Navigasi dll.
      Untuk rumus ideal berat badan seimbang banyak metodenya tp yg mudah dan umum dipakai (TB-100)x90% (TB= Tinggi Badan)
      contoh TB= 167 (167-100)=67×90% =60,3 kg
      demikian

    • @ Dodik
      Maksudnya tapak kaki ya…saya biasa menyebut tapak kaki bebek
      memang yg sudah2 gagal pd saat tes, kaki bentuk/leter O jg biasanya gagal
      tdk bisa di perbaiki mas sdh dari sononya
      demikian

  • assalamualaikum
    wah artikelnya membantu sekali.sya mau dftrin adek sya akpol meskipun dgn keuangan yg pas2san
    td kan mas blng klo da oknum2 yg mnta uang bs dlaporkan. hrsnya sya lapor kmna krn mungkin bs2 tdk d gubris.
    untuk keperluan2 yg keluar slm pndi2kan brp y mas spy sya bs persiapan(ckup kira2 sja) trimaksih infonya.
    waalaikumsallam

    • @ Desy Retno
      Waalaikumsalam…
      Maaf mbak klau masalah Oknum sy tdk bisa jawab di sini, nanti jd melebar keluar dr pokok bahasan
      (nanti sy jawab by email)
      krn tujuan sy buat tuisan tsb utk memotivasi,penyemangat untuk anak2,adik2 kita.
      Klau biaya selama pendidikan itu relatif tiap siswa mungkin berbeda, prinsipnya semua biaya dik,makan akomodasi dll sdh ditanggung Negara
      kecuali utk kebutuhan yg sifatnya pribadi misal utk pesiar,cuti,telepon dll,kira2 500 rb/bulan cukup.
      demikian

  • asalamualaikum
    mau tanya klo berat sama tinggi masuk akpol harus brpa ? dan boleh mnta nomor buat tanya tanya seputar masuk akpol 🙂 terima kasih

    • @ Rachman sidik Hapid
      Waalaikumsalam…
      Tinggi min 165 cm berat hrs imbang dg tinggi, liat jawaban sy di bawah ya ttg cara menghitung TB dan BB atau artikel saya yg baru
      Maaf sy bukan konsultan, mungkin bisa gabung di fanfage cita-citaku.com ntar disana bisa tanya mungkin nanti ada rekan lain yg bisa jawab atau sy sendiri mungkin bisa kasih jawaban

  • assalamualaikm wr wb…
    salam hormat pak.
    saya skrg masih smp kls 2 ,sya sangat sangattttttttt kpingin jadi polwan, tp bb tdk sesuai dg tb,150 dengan 57 pak :(….kalau punya strec mark gmn pak?

    jadi kalo hbis sma lgsung msuk bintara ya pak?brp lama?and kalo misal dlm sekolah bintarra yg bgitu lama tdk ketrima jdi sia2 deh..ktanya ad tes ipa b ing mtk.yg sy tnykn minimal nilai b ingg dan mtk brp?
    trimss
    semoga cita2q bsa tekabul aminnnn

    • @ Shella
      Tb utk Polwan min 160 cm bb seimbang, masih SMP jd masih ada kesempatan
      utk strec mark utk antisipasi diobati dulu ya…
      tdk juga tergantung pd saat itu kita daftarnya, bisa Akpol/Akmil,Secaba atau Secata
      Kita Daftar ikut seleksi dan dinyatakan lulus baru ikut pendidikan, kalau tdk lulus seleksi ya tdk bisa ikut pendidikan jadi tdk sia2
      Ipa,B inggris,MTK itu namanya tes akademik, nilai minimal sama dg Shella sekolah klau ingin lulus
      demikian

  • assalamualaikum , mass alhamdulilah saya lolos sampe tes psikotes mas , selanjutnya ada tes akademik mas tgl 11 tepatnya hari selasa besok , mas saya tapi msh memikirkan nilai saya yg kurang mas 🙁 apa saya boleh ya syukur2 mengikuti sampai tes akhir , kira2 dengan nilai itu apa saya bisa mengikuti sampai tes akhir ya mas tapi skhun sudh diminta mas sampai batas ketentuan yg berlaku 🙁 mohon informasinya yaa mas secepatnya 🙁 dan minta saran dong mas saya harus bersikap bagaimana selain bertawakal

    • @ Abi
      Mantap lanjutkan Perjuangan
      utk masalah niali yg kurang 0,05 kelihatannya tdk jadi masalah, buktinya abi bisa ikut tes selanjutnya, biasanya kalau nilai tdk cukup abi sdh gagal di seleksi Administrasi dan tdk bisa mengikuti kelanjutan seleksi
      ikuti terus seleksi yg dilaksanakan jaga kondidi tubuh jangan sampai drop berusaha sekuat tenaga dan terus bertawakal kepada NYA
      Amin

  • aslkm.
    Mas saya mau tny,kn saya bru lulus sma rncnanya sya mw kliah dlu,thn dpn insyaallah bru ikt,spya bkal untk tes ntr bsa mtang” bner,.bsa gak mas klau sya ikt tes akpol thn dpn tpi thun ni sya kliah dlu.

    • @ Alta
      bisa saja kuliah dulu thn berikutnya baru daftar, yg penting perhatikan Umur/usia saat mendaftar nanti, dan jaga kondisi badan

  • terima kasih pak…berkat penjelasannya”
    jadi kalau dia dulu merokok pak bagaimana??????
    tolong beri penjelasannya pak!

    • @ Budi Setiawan
      Kalau dulu merokok dan sudah terlanjur, secara bertahap di kurangi sampai benar2 stop, tentunya dengan niat yang kuat

  • Saya masih smp pak.. Kelak pngin masuk akmil critanya.. He2
    Dan skarang msh nglatih fisik,
    Kira2 klo push up 27 kali smenit dpt nilai brapa y pak?
    Dan nanti pas tes, pas sit up kakinya dpegangin tdak pak?
    Mhon penjlasan pak,,, trimakasih bnyk sbelumnya

    • @ Tomo
      Push Ups jangan 27 dong cuma dapat nilai 61, dapat 43 nilai 100
      Sit Ups kaki tdk dipegangin,kaki nanti pakai penyangga
      demikian

  • pak, saya kan mau lanjut SMA nih. ceritanya dulu waktu lulus SMP sempet nganggur sekolah SMA…
    tapi saya itung2 kalau nerusin SMA pas lulus SMA umur 21, ikut daftar akmilnya paling pas umur 22.

    pertanyaannya pak,
    1. Pendaftaran Akmil dibuka tiap tahun atau kalau lagi mau rekrut aja.
    2. Kalau tidak lulus seleksi Akmil bisa lewat jalur lain tidak buat jadi TNI, apa aja.
    3. Sama kalau mau daftar langsung ke Akmil atau bisa lewat kodim, korem, apa koramil gitu.

    Terima Kasih

    • @Indra Birawa
      Pendaftaran Akmil dibuka tiap tahun…
      klau tdk lulus Akmil bisa ambil jalur Sepamilwa, Secaba dan Secata, ini juga dibuka tiap tahun yg Secata malah setahun 2x
      Kalau daftar Akmil daftar nya nanti di Kodam masing-masing tdk di Akmil, di Akmil hanya tempat pendidikannya saja.
      demikian

      • makasih mas infonya…

        tanya lagi boleh ya mas hehehe
        – kalau selain akmil (secata, secata, sepamilwa) itu batasan umurnya apa bener 26 tahun
        – kalau ayahnya WNA bisa juga gak mas, tapi ibu saya dan saya lahir dan besar di Indonesia

        • @ Indra Bhirawa
          Umur utk Akmil : 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2013.
          Bintara : 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 11 November 2013.
          Tamatama : Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 29 April 2013 untuk Gelombang I dan 25 November 2013 untuk Gelombang II.
          Sepa/Pa PK : Umur maksimal 25 tahun bagi D3, 27 tahun bagi S1 dan 32 tahun untuk ijazah dokter.
          Wah ini pertanyaan langka, soalnya nanti kan diminta KK,KTP,SKCK,Surat persetujuan Orang tua
          Saran, mungkin disiapkan wali utk pengganti Ayah
          demikian, maaf bila jawaban kurang memuaskan

  • Assalmmualaikum wr.wb

    Mas saya mau tanya’ 😀
    -Saya SMA jurusan IPS
    -Saya mempunyai Amandel
    -Berat Badan cuma 45

    apa bisa masuk AKPOL??

    Terimakasih mas.

    • @ Yonif Samudro
      SMA IPS bisa utk daftar Akpol, amandelnya dioperasi dulu saja, utk BB harus imbang dengan TB ya

    • @Firson
      B.inggris kurang ya nggak apa2 kan nanti ada tes nya
      utk renang yang di pakai di TNI gaya katak

  • Mksh mas atas infonya tdi
    maaf mau tanya lgi kolo rata2 hsil un brp y + bagusan akpol apa akmil y
    maaf skli lgi makasih y ?

    • @Firson
      Rata2 UN ? min 7
      Semua bagus,tergantung minatnya kemana
      klau mau jd Kapolri ke Akpol, klau mau jd Panglima TNI ke Akmil hehehe

  • assalamua’alaikum wr.wb
    ms sy mau tanya, sy pngn masuk TNI umur 20th tp tinggi badan sya cuma 160 ,gimana caranya supaya bs bertambah lg ,apakah bs bertambah kalo umur segitu.
    dan apakah di RS.DKT ada obat peninggi badan,
    trimakasih n mohon doanya
    waalaikumussalam wr.wb

    • @ Eko Apriyanto
      Waalaikum salam…
      Saya rada bingung utk menjawabnya
      Sepertinya umur 20 sdh rada susah utk nambah tinggi badan, di rs dkt setahu saya tdk ada obat peninggi badan
      mungkin bisa cari alternatif (cari di google)tapi sy tdk berani Merekomendasi krn belum pernah coba.
      saya hanya dapat memberi saran banyak olah raga yg menunjang misal lari,basket dan berenang
      semoga jawaban saya yg singkat ini tdk mematahkan semangat Mas Eko

  • Maaf pak,sama mau nanya .saya baru lulus th 2013 kemaren,saya dari jurusan ips .saya mau mendaftar tapi nilai rata2 UN saya kecil 7,1 dan berat badan 48 tinggi badan cuma 158 gimana pak?

    • @ Leli
      Patokan nilai th 2012, Lulus Ujian Akhir Nasional dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai ujian nasional dan nilai ujian sekolah)minimal 7,25 dan tidak ada mata pelajaran dengan nilai di bawah 6,minimal tinggi badan 165 cm
      semoga jawaban saya yg singkat ini tdk mematahkan semangat mas Leli

  • pak saya kelas XI tahun ini . kalau nilai rata”nya 8+ . gimana Kan yang 2013 belum ada peryaratannya lagi .. kalau yang 2012 rata” 8,25 lah kalau 2013 tar 9 terus 2015 berapa pak .. dan saya mau biaya administrasinya berapa ya pak kalau masuk AKMIL..

    • @ Bagas Surya
      Jangan ragu-ragu daftar saja, mengenai persyaratan nilai utk th 2013 memang akan ditentukan kemudian, Daftar, Action
      masalah nilai urusan belakang yg penting nilai mendekati tahun lalu,
      lagian juga gratis tdk ada biaya administrasinya masuk Akmil, Hajarrrr…

  • thanks pak buat article ny..1001 orang baik kyak bpak.
    saya dari medan pak..
    saya ketinggalan daftar akpol bulan mei lalu pak.
    apakah ada gelombang kedua pak ?
    dan gigi saya kurang rata pak
    apa bisa pak lolos
    apakah ada pak akpol yg lolos giginya kurang rata..
    mohon sarany pak.

    • @ endar wijaya pohan
      Terima kasih kalau artikel sy berguna buat orang lain
      Begini Bang Endar, utk Akpol/Akmil pendaftaran hanya setahun sekali
      jd Abang harus daftar tahun depan lagi.
      Sy pikir gigi tdk rata tdk apa2 jika masih batas kewajaran
      kecuali tdk ratanya misal karena gigi bertumpuk/double
      saran, bisa konsul ke dokter gigi, bukan semata-mata utk daftar Akpol lho, toh itu semua demi kebaikan Abang juga, iya apa iya ?
      pernah liat nggak Polisi/Tentara giginya yg Abang maksud? hehehe

  • Makasih bang atass posting nya,

    Saya mau nanya nih,, kalo kita masuk akpol tinggi boleh gak tinggi nya 180 cm soalnya tinggi saaya segitu dan baru kelas 1 sma.
    Terimakasih.

    • @ Rahman
      Mantap tuh,tdk ada batas maksimal utk TB yg ada batas Minimal TB,
      sementara orang bingung mau daftar Akpol krn kurang TB,anda malah kelebihan TB, bagi2 dong ke kawannya hehehe…
      Saran, mumpung masih kelas 1 SMA, jaga kondisi kesehatan,latihan fisik, Akademik dll
      lulus SMA anda Daftar, kalau keterima anda akan menjadi Polisi yang Gagah krn TB anda

    • @ Yesyurun Shalom
      Memang dulu yg sy dengar demikian,tp nyatanya ada kok anak tunggal masuk Akmil/jd tentara
      klau tdk salah tdk ada persyaratan tertulis ttg hal tsb, yg ada Surat Persetujuan Ortu/Wali
      Klau anda berminat dan kebetulan anak tunggal coba daftar, dan minta persetujuan Ortu di kasih nggak? (biasanya sih justru dr Ortu yg nggak ngasih ijin hehehe)

  • Assalamualaikum wr.wb
    Pak saya pernah operasi karena patah tulang , apakah itu bisa masuk seleksi pak ? setelah operasi itu juga jadi ada bekas luka keloid apa itu juga mempengaruhi ? dan gigi renggang apa menjadi masalah , terimakasih

    • @ Rihal
      Keloid bila masih batas kewajaran tdk masalah,justru yg jd masalah bekas patah tulangnya, sekecil apapun bekas patah tulang bila di khawatirkan akan berpengaruh selama mengikuti pendidikan (khususnya kegiatan fisik) akan gagal pd proses Seleksi.
      demikian gigi renggang bila bukan suatu penyakit tdk masalah, tapi perlu di ingat namanya proses seleksi pasti panitia seleksi akan mencari yang baik dari yang terbaik.
      Demikian, semoga jawaban saya yg singkat ini tdk mematahkan semangat Mas Rihal

      • bukan patah tulang sampai patah pak sebetulnya , hanya tulang saya cuil sedikit begitu , kalo bekasnya sudah lama apa tetap keliatan pak ?
        kalau rokok apakah juga ketauan ?

        • @Rihal
          Oh gitu,kirain patah tulang misal akibat kecelakaan motor,berarti keloidnya juga kecil/wajar kan? intinya yg penting sekarang tdk merasa terhambat bila melakukan kegiatan fisik kan? jika demikian bila nanti daftar dan ikut seleksi dan ditanya mengenai bekas operasi tsb
          bilang saja bekas luka kena kawat atau apalah yg penting jangan bilang yg menimbulkan kecurigaan.
          klau masalah rokok mungkin secara kasat mata tdk kelihatan,kecuali perokok parah gigi kelihatan kuning, tp biasanya pd saat tes darah,air seni atau pemeriksaan internis/dalam takutnya ketahuan misal hasil rontgen paru2.
          saran pada saat niat daftar sebaiknya utk urusan rokok,alkohol di tinggalin deh.

    • @Rihal
      ya nanti pd saat seleksi kesehatan,jangan berpikiran negatif ya…
      hal tsb utk mengetes Ambien,parikokel,parises,postur dll

            • @Rihal
              Penyakit ini kalau di kaki namanya Varises
              Beberapa gejala yang dapat kita rasakan setelah melakukan olahraga, atau setelah duduk atau berdiri dalam waktu lama, gejalanya adalah:
              • Rasa nyeri di testis
              • Perasaan berat atau menyeret dalam kantung testis
              • Pelebaran pembuluh darah di kantung testis yang dapat diraba (terasa urat menonjol)
              • Testis lebih kecil di sisi tempat pembuluh darah melebar adalah (karena perbedaan dalam aliran darah)
              Jadi nanti kalau seleksi kesehatan akan diperiksa oleh dokter,tapi tdk usah kuatir hanya 15% pria yg mengalami,alias jarang
              Maaf ya kalau jawaban sy kurang lengkap, krn sy bukan dokter hehehe

  • asalamualaikum,,
    pak saya mau daftar tamtama ad tgl 22 juli besok,,,yg saya tanykan ,gigi geraham saya berlubang 1,cukup besar,hampir separo gigi,,bsk mau saya tambal,apakah boleh pak,??
    trimakasih,, salam KOMANDO!!

    • @Tri Widodo
      Bisa,jika memang masih memungkinkan/bisa ditambal sebaiknya ditambal
      jika tdk memungkinkan/tdk bisa ditambal sebaiknya dicabut sj

    • pak saya mau tanya lagi ya,saya tadi sudah ke dokter ,tpi dokter bilang tidak bisa di tambal,krna sudah hampir habis,,klw di cabut saya masih ragu2 ,,,klw di biarin gtu aja gmana ya pak,lagipula gigi yg lain masih bgus smua,,cmn satu it aja,,,
      trimakasih bnyk atas jwbn’nya,,,,salam sejahtera,,

      • @Tri Widodo
        Saran saya kalau sdh tdk bisa ditambal dicabut saja,biarpun gigi yg lain bagus
        Tidak apa2, saat proses seleksi Kesehatan nanti justru gigi yg berlubang dan tdk diatasi ditambal/dicabut malah tdk lulus
        (Pada saat sy daftar dulu, gigi geraham sy 2 bh, kanan,kiri sy tambal dan tdk ada masalah)

  • Pak setelah akmil kan akan sekolah lagi buat kesatuannya , yg karirnya bagus dikesatuan mana pak , saya pengen di cpm , tapi polisi militer kayaknya paling pol kolonel , buat jadi jendral susah kayaknya paling pol juga bintang dua , enaknya yg mana ya pak

    • @ Hikam
      jangam mikir terlalu jauh, yg penting sekarang daftar dulu, ikuti seleksinya
      semua nanti ada prosesnya, krn penentuan kecabangan berdasarkan dari hasil tes, bakat,minat,kemampuan dan Psikologi
      klau sy cerita dari A sampai Z bisa2 down nanti Hosting blog saya hehehe

  • .Assalamuallaikum . .Wr wb. .
    Bang saya pnya cita cita jadi tni dan skrang saya bru kelas 3 sma jrusan ipa . . . !Sekarang ini saya sdang mengikuti kegiatan paskibra . . Dan alhamdulilh saya sampai tahap paskibra provinsi . . Sya mau tnya apakah sertifikat paskib saya bisa berguna jika saya ingin mendaftar akmil. . . !Mohon beri saran dan motifasinya. . . .Trmgkasih

    • @ Bintar Wijaya
      Coba tanyakan sama Pembimbing/Pelatihnya biar lebih jelas
      Atau apabila nanti daftar Akmil coba usahakan minta Surat Rekomendasi dari Pemprov/Gubernur atau Bapak Pangdam
      atas dasar prestasi Paskibra tingkat Provinsi tersebut
      demikian

  • ass pak mau tanya
    Katanya sekarang tentara tidak pengsiun?
    Dan katanya lebih mudah daftar tamtama dari bintara tappi pangkat tamtama rendah

    • @ Doni
      Sampai sekarang Tentara tetap ada masa Pensiunnya
      Tidak juga,krn semua daftar nya lulusan SLTA/Sederajat,itu semua pilihan mau daftar Bintara,Tamtama atau Akmil sekalian
      dalam Militer itu namanya golongan kepangkatan,terserah mau pilih yang mana asal memenuhi syarat dan lulus seleksinya

  • assalamualaikum pak, saya ada 2 pertanyaan nih,
    1. kalo lulusan D4 teknik informatika dg gelar S.ST. (sarjana sains terapan) apa bisa daftar? takutnya pas daftar belum2 sudah ditolak, soalnya saya lihat di persyaratan sepa pk tahun yg dulu2 untuk lulusan S1 dan D3 saja, nah kalo S1 teknik informatika gelarnya S.Kom (sarjana komputer), contohnya di penerimaan CPNS aja dituliskan untuk lulusan D3, D4 dan S1, kalo sepa pk nggak dituliskan D4 nya.
    2. pas umur 15 th saya pernah operasi usus buntu, itu bisa lolos seleksi kesehatannya nggak ya? kan sudah ada bagian tubuh yg dipotong/hilang (ususbuntu), juga ada bekas operasinya sekitar 5cm
    mohon dijawab pak :), terima kasih sebelumnya,
    wassalam

    • @ Tika
      Baiknya nanti pada saat ada pendaftaran coba tanyakan ke Panitia/bagian pendaftaran mengenai kriteria yg dimaksud
      klau menurut sy kemungkinan strata nya disamakan dg D3
      krn nanti setelah jd tentara utk kenaikan pangkat selanjutnya tetap ada perbedaan antara S1 dengan Diploma (duluan S1 naik pangkatnya)
      selisih 1 tahun (kalau belum peraturannya berubah).
      Tidak ada masalah kalau pernah operasi usus buntu krn tidak mengurangi kemampuan orang tersebut kan? justru berbahaya dan jadi masalah kalau belum di operasi

        • @ Tika
          Jika memang sdh ada UU nya sy pribadi kurang monitor, bisa ditanya pd orang yg berkompeten
          Oleh karena itu utk memastikan ada baiknya pada saat pendaftaran nanti coba tanya kpd Panitia,dari pada nanti kecewa dikemudian hari
          barangkali pendapat sy salah,mungkin sj D4 di setarakan dengan S1
          demikian,mohon maaf jika jawaban sy tdk memuaskan

  • Assalamuallaikum Wr wb..
    Pak saya mau tanya,
    1.Daftar masuk AKPOL sampai thap sleksi apakah akan dilakukn dmana ya pak? apaakh di msing2 kabupatn/provnsi ?
    2.Stelh dinyatakn lulus apakh akn ada sleksi thp brikutnya di semarang?
    3.Kuota pnerimaan utk AKPOL stiap thunnya brapa ya pak ?
    4.dan yg trakhir pak, apakah distiap provnsi kuota pnerimaan akn dibtasi ?
    Terima kasih.

    • @ Novriandy
      1. Namanya seleksi daerah dilaksanakan tingkat Polda/Provinsi
      2. Lulus Seleksi daerah akan mengikuti seleksi tingkat Pusat di Semarang
      3. Tentu ada kuota penerimaan Akpol tiap tahun,sekitar 100 s/d 200 pastinya kurang monitor tergantung kebutuhan
      4. Saya kira tdk ada, krn yang menentukan nanti pd Penyeleksian Tingkat Akhir/Pantukhir pusat di Semarang

  • pak kan gigi geraham saya sudah rusak, tinggal sisa akar2nya saja, kalo dicabut terus diganti gigi palsu boleh nggak pak?

    • @ adi
      Sebaiknya sisa akar dibersihkan, boleh sj ganti gigi palsu
      Saran: Jika bertujuan untuk daftar tentara/Polri, pergilah berobat/konsul ke RS Tentara/Polri bagian Poli gigi
      Nah sambil berobat/konsul gigi tanyakan sekalian sama dokter yang memeriksa, maksud dan tujuannya
      pasti akan mendapat jawaban yang jelas dan terang benderang.
      Demikian

  • pak saya pernah cacar air , dan dimuka saja masih membekas cacar yg telah lepas sehingga menimbulkan dekok , apa itu mempengaruhi pak ?

      • kalau dipunggung saya masih ada bekas yg tidak pecah malah seperti daging , apakah mempengaruhi ? itu apa bisa dihilangi dengan laser ?

        • @ Hikam
          benjolan dipunggung seperti daging coba diperiksakan ke dokter takutnya tambah besar,jelas dong berpengaruh saat seleksi nanti,
          saya rasa bisa kok dioperasi sama dokter

  • assalammualaikum..
    izin bertanya kak, kalau saat tes mata memakai kontak lensa bening apakah diperbolehkan?
    karna untuk operasi mata sangat butuh biaya banyak..
    mohon jawaban dan informasi selengkapnya..
    terimakasih:)

    • @fiani
      Sesuai aturan utk daftar Akpol/Akmil tdk berkacamata pengertiannya sama dengan tidak memakai kontak lensa
      atau mata tdk min,plus,silindris atau penyakit mata lainnya
      kecuali bila mendaftar melalui jalur Pa PK/Sarjana masih diperbolehkan
      demikian

  • mohon ijin bang! saya teguh andik, pada tahun 2012 lalu sy berniat untuk mendaftar di akmil dan saya sudah mengajukan berkas, pada saat itu secara kebetulan panitia tepatnya dibidang kehatan berada disana (kodim 0910) karena saya mengalami cacat dibagian wajah ( gigi ompong bagian depan) akhirnya sy putuskan untuk bertanyadan jawabannya adalah “tidak bisa” akhirnya sy tarik kembali betkas sy dan sekarang sy sudah menggunakan gigi palsu nah apa kah sekiranya saya masih punya kesempatan untuk masuk Akmil/Akpol/PK dan saya mau tanya juga mengenai beasiswa akmil, kira” bagaimana soalnya saya mau ambil beasiswa akmil nah masalahnya kembali lagi ke pertanyaan saya mengenai gigi palsu tadi (bagian depan dan ada 3).
    mohon penjelasannya terimakasih sebelumnya salam pertiwi!

    • @teguh
      Untuk program beasiswa Akmil saya baru dengar tuh, sepertinya tdk ada
      dan kalau gigi bagian depan apalgi sampai tiga kayanya berat, khawatir gagal pada proses seleksi kesehatan, kecuali jika gigi geraham masih bisa ditoleransi, tp untuk lebih jelasnya coba konsultani ke RS Tentara/Kesdim/Kesdam/RSGS bagian Poli gigi

  • assalamualaikum mas arjuna cita-cita saya ngebet banget jadi tni dan ingin sekali masuk akmil saya sekarang masih duduk di kelas 12 ipa MA (madrasah aliyah) di pesantren sahid bogor tapi tinggi saya masih 163 cm dan saya belum bisa berenang di tempat yang dalem masih takut tenggelem di mohon untuk motivasinya trims.. 🙂

    • @mtri kurnia
      Selagi masih ada waktu tingginya tambah min 2cm lagi ya
      dan latihan renang krn tes renangnya nanti bukan di tempat yang dangkal
      sering2 ke kolam dan latihan berenang
      latihan renang itu gampang kok, seperti saat kita belajar naik sepeda waktu kecil dulu
      sekali bisa utk selamanya nggak bakal lupa lagi

  • makasih atas jawaban dan saran yang diberikan,
    mohon ijin! kalau besiswa akmil yg sy baca adalah beasiswa yg diberikan TNI bagi setiap mahasiswa yang bersedia setelah wisuda untuk bergabung di Perwira Karier bang, di beri kesempatan sampai 3kali mengikuti seleksi,

    • @teguh
      oh gitu, kalaupun ada beasiswa pasti tdk semua mahasiswa yg selesai diwisuda dan pasti ada ketentuan IP minimal,
      bersedia untuk bergabung di Perwira Karier /PK dan diberi kesempatan mengikuti seleksi sampai 3 kali itu namanya bukan beasiswa dong
      krn masih mengikuti seleksi dan ada kemungkinan gugur, sama kesempatannya dengan lulusan sarjana, yang ikut program Perwira Karier/PK
      yang penting persyaratannya sesuai,
      krn menurut saya kalau ada program Beasiswa pasti saat seleksi ada kemudahan/keringanan kalau tdk ada sama saja dengan yg lain
      demikian

  • Abg yg baiik..
    Aku mau tanya, aku kan cewe, tpi aku ingin masuk akmil, aku sedang belajar di kelas 2 SMA jurusan (IPA)……
    .
    Tapii, aku blm paham, gimana tu cara.nya…..
    .
    Mohon penjelasan.nya dong, soal.nya cita* akuu di dunia (militer)

    • @ Riza
      Sepertinya utk Akmil belum menerima Siswa Cewek, kecuali Akpol
      kalau nanti memang minat bisa kuliah setelah lulus daftar SEPA PK
      tapi klau memang bener2 ngebet ingin masuk dunia militer
      setelah lulus SLTA bisa daftar Secaba Kowad
      caranya ? nanti setelah lulus SLTA daftar Kowad yang dibuka tiap tahun
      cari informasi di Kodim,Kodam brosing internet kapan ada pendaftaran kowad,daftar deh

      • Oke..
        Sebelum.ny terimakasih bg atas jawaban and saran.ny…
        .
        Tapii..
        Aku udah browsing, trnyata TNI AU nd AL udah ad 34 taruni cewe..
        .
        Aku tertarik ingin sperti mreka..
        .
        App ada saran buat aku…..?

        • @ Riza
          oh ya ternyata sdh ada ya Taruni di TNI AU dan AL
          maaf ya kalau sy kurang monitor
          Jika memang tertarik kenapa tdk dicoba
          mengingat baru ada 34 Taruni, berarti tingkat persaingan seleksi ketat banget tuh, tp jangan pantang menyerah
          Selagi masih ada waktu persiapkan sejak dini, jaga kesehatan,fisik,akademik dll

  • Kalo aku udah lulus SMA trus ke tahap apa lgi…..??
    .
    Truss,,
    daftar akmil.ny di mana kalau di palembang..
    .
    Mohon rekomendasi.ny dong pak.. 🙂

    • @ Riza
      Kalau sdh lulus SMA, monitor kapan ada pendaftaran Akmil
      bisa tanya informasi ke Kodim,Korem atau pantau disini http://rekrutmen-tni.ilmci.com/
      Untuk pendaftaran di Palembang dilaksanakan di KODAM II/SRIWIJAYA ke bagian Ajendam
      Siapkan diri ya, dan semoga tercapai cita-citanya

    • @ Teuku Fahsya
      tdk mensyaratkan hal itu, tapi menjadi Point tersendiri
      karena nanti jika sdh jd Tentara banyak sekolah/penugasan ke luar Negeri
      pelajaran bahasa Inggris waktu SMA sementara cukup tapi terus ditingkatkan ya

  • assalamualaikum..
    pak saya pernah dengar,ktanya klw Penyeleksian Tingkat Akhir di semarang tidak lulus peserta trsbt otomatis akan di terima di secaba. apakah itu benar pak? tolong penjelasannya.
    terima kasih.

    • @ Novriandy
      Waalaikum salam….
      Betul, tapi tergantung pada saat itu ada program nya atau tidak/tergantung kebutuhan
      kalau ada bisa di ambil secaba nya tp kalau tdk ada daftar dari awal lagi ya

    • @Thaib
      Untuk tes berenang sesuai kemamapuan masing2 bisa gaya bebas/kupu2/dada/katak
      tapi biasanya dr panitia ada instruksi lebih lanjut tentang penggunaan gaya yang akan digunakan
      menurut saya jika kita sdh bisa berenang tdk menjadi persoalan mau pakai gaya apa aja its ok, hanya yang membedakan cepat atau tdk nya nyampe (gaya bebas tentu lebih cepat nyampe)
      jd saran saya pelajari semua gaya berenang terutama gaya dada/katak krn jika sdh lulus dan pendidikan ada materi pelajaran renang ponco ( berenang membawa peralatan misal helm,senjata) ini tdk bisa menggunakan gaya bebas harus gaya dada/katak
      demikian semoga membantu

  • Saya semua persyaratannya udah bisa. Kecuali tinggi badan. 161 cm, tapi upur saya baru 15 tahun 2 bulan. Dan saya naik kekelas 11 SMA, tapi terlanjur ngambil jurusan ips. Padahal saya pengen masuk TNI AD. Apa bisa jurusan ips masuk TNI? Saya juga melihat ada beberapa orang yang hanya lulusan smp saja bisa masuk? Masak yang lulusan sma harus jurusan ipa?

    • @Jonedi
      Mumpung masih ada waktu coba usaha ya tambah tinggi min 4 cm, banyak olah raga berenang,lari, basket
      umurkan nanti lulus SMA 17-18 thn nda masalah,
      Jurusan IPS don’t worry, memang tdk bisa Akmil tapi bisa Akpol atau Secaba polri,AD,AL,AU
      untuk lulusan SMP bisa untuk daftar Secata
      jadi untuk lulusan SMA IPS bisa dong untuk jadi tentara/Polri

      • saya masih muda, umur baru 15 tahun kira2 berapa centi lagi tinggi saya bisa nambah?

        Bisa tolong jelaskan mengenai secaba? Apakah itu merupakan sebuah pelatihan pendidikan layaknya akmil? Saya masih kurang mengerti.

        Dan juga tadi saya sempat browsing di situs pendaftaran akmil, mengapa saudara2 kita yang ada di papua boleh mendaftar akmil dengan nilai ujian rata rata minimal lebih rendah dari daerah lain?

        • @Jonedi
          wah kalau masalah berapa centi lagi nambahnya sy jg kurang tahu,banyak faktor menurut sy diantaranya gizi dan keturunan.
          Secaba itu istilah macam pendidikan dalam militer seperti Akmil hanya berbeda lamanya pendidikan dan pangkat yg disandang setelah selesai pendidikan (utk jelasnya bisa dicari pertanyaan serupa dibawah yaa ).
          Pendaftaran Akmil utk Papua dg nilai ujian berbeda dengan daerah lain itu masalah Kebijakan Negara.

    • @mtrikurnia
      memang untuk syarat min umur 18 thn mak 21 thn
      coba nanti pada saat pendaftaran dihitung lagi umurnya mulai pendaftaran,mengikuti seleksi dan apabila dinyatakan lulus serta mengikuti pedidikan
      umur sdh min 18 thn apa belum, kalau belum tdk usah kecewa kan masih bisa coba tahun berikutnya, OK

  • Mas untuk peluang masuk antara IPA dan IPS dibedakan gak mas? Lalu untuk soal tes akademik itu apa soal IPA IPS itu sama dijadikan satu paket?
    Terimakasih sebelumnya

    • @imam dn
      ya nggak dibedakan dong, kan tergantung hasil tes pribadi masing2
      mau daftar apa dulu, Akmil,Akpol,Secaba
      Akmil hrs IPA, Akpol bisa IPA atau IPS
      Secaba bisa IPA,IPS,SMK,MA
      untuk tes disesuiakan jurusannya

      • Lalu kalau untuk bekas jerawat apakah bermasalah mas? Kalau iya minimal bekas jetawat yg seperti apa yg masih bisa ditoleransi?

        • @ imam dn
          Bekas jerawat tentu bisa, kalau bekas minimalnya kayanya Panitia seleksi kesehatan yg menentukan
          tdk usah terlalu dipikir daftar sj lagian jerawat bukan penyakit berbahaya kok

  • Maaf Mas,saya mau tanya sekarang saya 3 sma jurusan ipa saya ingin mendaftar tapi TB saya hanya 163 cm apa bisa, katanya minimal 163 cm .mohon penjelasanya….

    • @Herprajoko
      utk daftar Akmil/AAL/AAU setahu sy tb minimal 165 cm,Bintara minimal 165 cm dan tamtama 163 cm
      Akpol tb min 163 cm, Bintara Polri tb min 163 cm dan Tamtama Polri tb min 163 cm
      silakan mau coba yang mana

  • Selamat siang.
    Saya mau bertanya.
    Saya mempunyai tubuh yg ideal masuk TNI. Cuman ada sedikit …varises dan patah tulang tapi patah tulangnya di obati secara tradisional dan sesudah bertahun2 tangan saya sembuh. Tak tidak ada mengalami sedikit pun cacat dan bekas operasi. Apakah bisa masuk TNI.
    Demikian. Terima kasih

    • @ary
      tentu bisa masuk TNI, asal Varises nya di obati dulu dan bekas patah tulangnya tdk mengganggu saat pendidikan/latiahan

  • Assalamualaikum wr wb. Kang Arjuna hehehhe. Sebelumnya terimakasih atas infonya. Saya kelas 3 SMA program IPA, tujuan saya lulus tes akmil bebas kkn dan mengabdi pada Allah dan negara. Yang ingin saya tanyakan.
    1. Tempat daftar calon taruna akmil itu sekitar kab.bogor(cibinong) apa ada? Karna yang saya baca tempat daftarnya itu terdekat di daerah jabar itu Bandung.
    2. Dalam tes fisik ada: Lari,push up, sit up, pull up, lari angka 8, renang. Apa ada yang lain lagi?
    3. Gigi depan saya alhamdulillah rapih dan ngga bolong. Tapi ada karang di gigi belakang, apa bermasalah?
    4. Jika lulus, lalu pendidikan 4 tahun. Apa masih ada idp 10tahun?
    Terimakasih. Wassalamualaikum wr wb.

    • @Fajri Setyawan
      Amin, amin…
      1. Kab Bogor/Cibinong kan masuk wilayah Jawa Barat berarti daftarnya di Ajen Kodam III/Siliwangi di Bandung
      klau mau dekat di Jakarta Ajen Kodam Jaya di Cililitan sebelah UKI tp buat dulu KTP Jakarta
      2. Tes fisik nya cukup itu aja nggak usah banyak2 ntar KO
      3. Karang gigi nya dibersihkan dulu ya
      4. Betul lama dik 4 thn, IDP 10 thn
      demikian

  • Asalamaualaikum

    merah darahku
    putih tulangku
    merdeka
    mau tnya om saya cuman lulusan smp om apakah bisa saya daftar TNI AD om
    umur saya 19 om
    saya ingin wujudkan cita” jadi TNI mengabdi pada negara ingin bntu masyarakat yng kena musibah banjer gempa bumi dsb

    • @Cah nekat
      Waalaikumsalam…
      utk lulusan SMP bisa di coba daftar SECATA ( Sekolah Calon Tamtama )
      amin…semoga cita-cita terkabul

  • mas, kalo saya boleh bertanya soal kondisi saya,,,saya berumur 21 tahun terhitung juli 2013 mas,,,kalau mengikuti tes akmil yang 2014,,kan syarat untuk di terima,,tidak boleh berumur 22 tahun, sejak pembukaan pendidikan,,,yakni agustus,,apakah saya tetap bisa mendaftar mas,,,??? mohon bimbingannya takut ini adalah pelaung terakhir saya mas,,,

    • @Yusuf
      coba dihitung lagi umurnya,
      Yg penting pada saat buka pendidikan tgl 1 agustus umur setinggi-tingginya 22 tahun (tdk lebih)
      kalau ternyata masih bisa kenapa tdk dicoba

  • mas kalau gigi yang lubang (geraham) ada 2 dan sudah di tmbal bisa masuk SIPSS atau AKPOL kan ?
    dan kalau jurusan TKJ SMK bisa masuk ndak AKPOL atau SIPSS mas ?

    • @gusti
      Utk gigi maksimal 2 bh yg ditambal/dicabut
      yg sy tahu Akpol syarat SMA/MA jurusan IPA/IPS
      SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) jd hrs punya ijazah Sarjana ya D-IV,S1,S2

        • @ lutfi Nurcahyo
          Setahu saya SMK tdk bisa daftar Akpol yg bisa SMA/MA jurusan IPA/IPS kalau daftar Brigadir Polri masih bisa
          demikian mata min sepertinya tdk bisa krn akan mengganggu saat Pendidikan

          • nih tetangga saya dulu lulusan SMK Teknik…..tapi di forum SMk bisa kalau dari jurusan teknik bukan akuntansi dan Administrasi……..saya baca di forum….

            • @Lutfi Nurcahyo
              Begini utk lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS itu yg sdh pasti tiap tahun
              utk jurusan SMK yg dimaksud atau jurusan lain biasanya sesuai kebutuhan
              seperti Akmil pernah terima lulusan SMA jurusan IPS krn kebutuhan utk corp Ajen (Ajudan Jendral)
              sekarang belum terima lg SMA jurusan IPS
              jadi intinya hrs sering lihat tiap tahun pada saat pendaftaran Akpol dibuka mengenai persyaratan yg diminta
              demikian thaks

  • kak singatan dan arti dari soal test akademik itu apa ya kak => PENGETAHUAN UMUM ( FI, KI, BIO, UU KEPOLISIAN, PENGET UMUM DAN MUATAN LOKAL) FI,KI,dan Bio
    soalnya tahun depan saya insyaaalah daftar akpol ?
    terus kalo bekas cacar gimana kak bisa lolos gak ?

    • @Aldi
      utk Tes Potensi Akademik yg sy tahu Pengetahuan Umum,B Inggris,Numerik,Verbal,Penalaran
      (didalamnya sdh termasuk matematika,matematika fisika,kimia,biologi dan B Indonesia)tambahan UU Kepolisian (bukunya dapat di beli ditoko buku)
      bekas cacar masih bisa

  • mas kalu jurusan tkj sekarang udah bisa masuk akpol ?
    dan kalau giginya bagus tapi ada dua yang bolong n udah di tambal bisa jadi polisi mas ?
    tolong di jelasin

  • pak mw tanya, apa ada solusi bwt brsiin HEPATITIS??
    Tp jujur saya gk tau koq ada hepatitisx. pdhal saya mulai dr dlu sampai skrng gk prnah ngalamin kyak Mata brwarna kuning, perut buncit, air seni brwarna kuning seperti teh. dan sampai saat ini jg saya ya gk ngerasain apa-apa. truz cek ke dokter Sgopt saya normal..

    apa gk ada solusix pak….?? n yg sya bkin sedih adl saya wktu konsultasi ke dokter truz jwabx gk bsa hilang bersih mas hepatitisx.

    • @ponco andriyanto
      Waduh sy bukan dokter nih
      Tapi yang sy tahu dr dokter memang Hepatitis tdk bisa bersih total/menahun, orang biasa menyebut penyakit kuning
      dia akan nyerang kembali bila kondisi tubuh kita sdng drop,
      kadang kt tdk menyadari semua orang sebenarnya bs kena Hepatitis,krn Hepatitis termasuk penyakit menular (virus Hepatitis)
      itulah sebabnya bila dirawat akan masuk ruang isolasi, penularan dapat terjadi melalui alat makan,alat mandi,bersentuhan dsb
      ciri yg mas sebut diatas bila kondisi sdh Akut dan pasti hrs dirawat di RS
      Solusinya: jaga pola makan,jangan banyak pikiran/beban,olah raga teratur intinya buat tubuh kita sehat dan kuat krn bila tubuh kita
      sehat dan kuat Hepatitis tdk bisa nyerang/kambuh, terakhir coba mas berobat alternatif misal minum obat Herbal
      Demikian Mas semoga membantu

    • @gusti
      kalau sdh jd organik militer/Polisi tentu bisa utk meningkatkan karier menjadi Perwira melalui progran Sekolah Perwira Reguler
      dg persyaratan yg diatur kemudian, diantaranya masa kerja sdh 8 s/d 10 tahun,prestasi,kondite baik dll, tentunya melalui seleksi lagi
      apalagi sambil dinas bisa kuliah lagi dan punya ijasah S1 lebih diutamakan

  • ass, om saya bercita cita masuk tentara / kepolisian .. saya lulusan ips .. apa lulusan sma ips bisa mendaftar jadi akpol ??? .. saya dengar isu, kalo lulusan sma ips peluangnya lebih sedikit di banding lulusan sma ipa … dan pangkat maksimalnya sampe apa ya om ??
    wass ..

    • @farhan
      Persyaratan utk daftar Akpol lulusan SMA IPA dan IPS,peluang sama tergantung hasil seleksi
      Lulusan Akmil/AAL/AAU/Akpol karier bagus bisa jadi Jendral

  • mas denger2 kalau udah lulus tes dan keterima itu bayar 80-150 jt bener gak itu ? katanya kalau gak bayar peluangnya kecil ya mas ?

    • ikut jawab ya, menurut saya hal2 seperti ini nggak perlu dipertanyakan, di setiap seleksi masuk apapun namanya, masuk perguruan tinggi, CPNS, masuk TNI ; pasti selalu ada kegiatan2 seperti ini. Yg main curang biarkan aja, suatu hari nanti pasti ada balesannya mulai kena aib memalukan dirinya sendiri ataupun keluarganya, ataupun diberhentikan tidak terhormat, sudah banyak sekali buktinya

  • kak tinggi saya 167 cm . apakah ada catar akpol yang diterima tingginya pas pasan seperti saya ini kak ? saya kurang percaya diri nih kak ? apakah ada kak . mohon responnya . saya mau daftar tahun depan

  • mas, kalo PNS ikutan tes SEPA PK, waktu mau mendaftar mengundurkan lebih dulu dari PNS apa ikut seleksi dulu dan misal dinyatakan diterima baru mengundurkan dari PNS?, prosedurnya bagaimana ya mas?
    soalnya di persyaratan nya bukan anggota TNI/POLRI, PNS.

    • @adi
      Yang saya tahu memang anggota TNI/polri tidak diperbolehkan termasuk PNS dilingkungan TNI/Polri
      tapi jika PNS diluar lingkungan TNI/Polri termasuk karyawan swasta sy kira diperbolehkan yang penting ada surat persetujuan terlebih dahulu dari instansi/atasan yg bersangkutan, jangan mengundurkan diri dulu lah nanti kalau gagal seleksi bgmn? kalau sdh diterima baru mengundurkan diri dari PNS. Pertanyaannya sekarang mau tidak instansi/atasan anda memberi surat persetujuan?

      • terima kasih mas atas pencerahannya, iya nih kira2 mau nggak yah instansi saya ngasih surat persetujuan,, bantu doanya ya mas :))

          • tanya lagi mas (lupa), lulusan D4 bisa ikutan daftar sepa pk? di persyaratannya S1 dan D3, untuk jurusan saya ada, D4 nya yg nggak ada

            • @adi
              Utk D4 sy kira bisa mungkin nanti disamakan dg D3 tapi utk jelasnya bisa tanya nanti ke Panitia pada saat daftar
              utk pendaftaran Pa PK TNI kalau nggak salah ada pendaftaran tuh mulai tgl 09 September s/d 11 Oktober 2013

    • @gusti
      Output nya sama selesai pendidikan menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) sama2 punya gelar Sarjana Ilmu Kepolisian
      hanya mungkin hasil akhirnya utk karier bagusan dari Akpol

        • @gusti
          Semua bisa jadi pimpinan kan kalau lulus sama2 pangkat Ipda
          dibawah saya katakan utk karier selanjutnya biasanya Akpol lebih bagus
          kenapa, jawabannya kompleks mas
          tinggal tentukan sendiri mas nya mau pilih yg mana? sy sdh beri garis besarnya
          SIPSS hanya di Sukabumi

            • @gusti
              Saran lebih baik dicabut krn berkaitan dg Estetika/kerapihan apalagi agak mengganggu,coba konsultasikan ke dokter gigi ya

  • saya kelas 2 smkn1 batam jurusan otomasi industri.

    kenapa lulusan SMK tidak bisa masuk akpol?
    padahal kan banyak anak smk yang pintar-pintar?

    apa lulusan smk tahun 2015->2016 bisa masuk akpol?

    Tinggi saya 171 cm.
    berat 63 kg.
    saya anak beladiri
    APA itu sudah ideal untuk masuk akpol?

    kalo seandainya saya kuliah ambil jurusan pendidikan,
    setelah lulus kuliah apa bisa masuk akpol?
    berapa umur maximal untuk masuk akpol?
    apakah tiap tahun ketentuan umur maximal,tinggi,kondisi mata untuk mendaftar akpol berubah-ubah?
    kenapa?

    by the way, karang gigi itu apa?

    • @frans
      ngeborong pertanyaan nih
      seharusnya kalau dulu cita-cita ingin masuk Akpol jangan masuk SMK, jd bingung deh
      sama saja kalau ingin masuk Kedokteran jangan ambil SMA IPS, anak IPS jg banyak yg pinter2
      itu pilihan mas nya sendirikan? jd jangan menyalahkan aturan yg sdh dibuat.
      utk lulusan SMk 2015/2016 pantau sj ya barangkali ada.
      utk tinggi,bb dan kemampuan beladiri mas sebenarnya sangat ideal utk masuk Akpol
      kalau mau kuliah jangan salah pilih lagi ya, sesuaikan kebutuhan,nanti bisa daftar melalui jalur SIPSS
      umur mak 22 thn, utk ketentuan dasar saya kira tdk akan banyak perubahan
      kalau di antara gigi dan gusi baik di depan/belakang ada semacam benda warna agak kekuningan nenpel pd gigi rada keras dan bukan bagian dr gigi,itu namanya karang gigi

  • Ka..saya mau tanya untuk pendaftaran akpol kapan lg ya dimulai ?? Umur saya udah 21 tahun,
    January akhir uda 22 apa masi ada kesempatan ? Trus kalo yg mukanya berjerawat berpengaruh ga?
    Dan saya juga punya bekas luka akibat jatuh dan itu sudah sgt lama apa itu juga mempengaruhi? Trus
    Pas nanti kita test masuk rambut juga hrus udah dipotong atau nanti setelah kita lulus smua test ? Mohon
    Bantuannya ka,makasi 🙂

    • @anggel
      Utk Akpol biasanya mulai bulan April, buka pendidikan bulan Agustus jd kalau akhir Agustus umur 22 masih bisa,
      jerawat,bekas luka tdk masalah, utk rambut klau sdh mulai tes biasanya sdh dipotong pendek tp tdk botak.

  • assalamualaikum, selamat sore pak..
    saya ingin bertanya, saya sudah beberapa kali ikut tes akmil, akpol juga bintara, sambil tes saya juga sambil kuliah dijurusan ekonomi pak..
    jika saya belum bisa lulus melalui jalur biasa (pake ijazah SMA) apakah saya bisa mndftr pake ijazah S1 ekonomi saya pak??

    • @bayu
      Saya salut dengan semangat Mas Bayu,tentu bisa nanti pakai S1 Ekonominya gunakan jalur PA PK, Lanjutkan sy doakan dari jauh

    • @Robin
      Sdh sy hitung masih ada kesempatan 1x lagi umur nanti pd bulan Agustus 2014 21 lebih 8 bulan, krn umur maksimal saat buka dik bulan Agustus tidak lebih dari 22 tahun

      • Kalau agustus 2014 nti umur sy bkan 21 lebih 8 bulan tp 21 lebih 1 bulan, trus yg sy baca di situs polri katax maksimal umur 21 pada saat pmbukaan pndidikan, sdgkan umur sy 21 lbh 1 bulan
        Gmana ya pak mohon penjelasannya sy bingung ni

        • @robin
          Maaf anda yg benar usia minimal 16 thn usia maksimal 21 thn pada saat pembukaan pendidikan
          jd sepertinya gagal jika pd saat buka dik nanti pd 1 agustus usia lebih 21 thn
          Coba Alihkan daftar Akmil krn usia Maksimal 22 tahun pd saat buka dik

  • Untuk masalah gigi seperti batas toleransinya ya pak? Maksimal 2 kelainan di mulut atau gigi itu gabungan dari semua yg kelainan atau tiap jenis maksimal 2 pak?

    • @imam dn
      Setahu saya maksimal 2 itu keseluruhan masalah mulut dan gigi, tapi coba saja daftar dulu / konsultasikan ke dokter gigi
      krn yg lebih tahu kan dokter gigi,siapa tahu masalah tsb bisa diatasi

  • maaf mas,, sya mw tanya. adek sya msih skolah di smk penerbangan ambil jurusan listrik. kalo dri profil adek sya, apakah bisa adek saya ambil AAU? mohon pencerahannya mas, kerena adek sya ingin sekali masuk karbol/

    • @sulis
      Unt Persyaratan Daftar AAU thn 2013 (sdh lewat)lulusan SMA jurusan IPA, memang pernah AAU menerima SMK Penerbangan
      mudah-mudahan nanti utk thn 2014 SMK Penerbangan ada lagi, pantau saja Mas

    • @robin
      Untuk peraturan umum biasanya tdk ada perubahan, kecuali peraturan khusus/tambahan biasanya ada perubahan (krn tergantung kebutuhan)
      Mau bagaimana lagi, namanya aturan, kita tdk bisa berbuat apa2 selain mentaati, OK

  • salam kenal pak. pak saya lulusan sma ipa tahun ini. rencana saya akan mendaftar akabri kususnya akabri udara. apakah akabri harus memiliki badan yang tinggi dan besar?saya mempunyai tingi badan 168 cm dan berat badan sekitar 56kg,kira2 itu kurang ideal gak ya?dan saya memakai behel 2tahun yang lalu nampaknya gigi saya kurang bisa menggiit dengan baik, jadi gigi atas sama gigi bawah yang bersentuhan hanya sedikit, apakah itu juga mengurangi banyak penilaian? dan saya mempunyai jerawat dipunggung apakah itu terlalu berpengaruh dalam penilaian?mohon sarannya,terimakasih

    • @Adi
      TB tdk harus tinggi besar yg penting sesuai persyaratan
      tinggi 168 cm sdh masuk, BB 56 kg sdh bagus,tp klau bs tambah 2kg lg ya
      maksudnya gigi kurang bisa menutup rapat ya, cb teruskan konsul ke dokter gigi, krn nanti takutnya kena masalah estetika/penampilan
      saran: nanti saat tes tdk usah bilang punya masalah tsb, toh tdk ada tes menggigit
      Jerawat tdk masalah itu bukan penyakit berbahaya tp kalau bisa di obati
      Lanjutkan

  • Assalamu’alaikum mas.
    sy skarang kls 3 sma jurusan IPA
    TB: 167 BB: 63.
    sy pengen banget ikut Akpol sudah lama.
    sy sma sudah ikut karate, Paskibraka Kabupaten, pramuka (Rainas X) (bukan mau pamer mas maap u.u )
    apa ijazah + piagam2 itu bsa membantu nantinya?

    terus yg masih sy takutkan ada oknum2 yg dibayar buat mloloskan yg ikut daftar tpi g mmenuhi syarat mas. takut.a kuota penuh dgn org2 sperti itu terus kita yg ikut murni malah gugur karna g bayar.
    bisa kasi solusinya mas.?
    terus kalo memang bisa dilaporkan dilaporkan ke mana mas?

    terima kasih banyak sebelumnya mas

    • @ Evan
      nanti semua piagam dilampirkan tentunya ada penilaian plus
      Jangan melemahkan diri sendiri, otak nanti akan merespon negatif,kalau rata2 semua orang berpikiran demikian dan tdk berani mencoba, padahal sebenarnya kalau dia daftar akan lulus, krn berpikiran negatip akhirnya tdk mau mencoba
      sehingga akan mengurangi saingan, maka orang2 yang berani action dan berpikiran positip lah yang akan berhasil
      tdk ada yang perlu ditakutkan,jika evan memahami artikel yg sy tulis, insya Allah tdk ada manusia pun yg bisa menjegal,kecuali Tuhan.
      Jadi tdk ada yang perlu dilaporkan

  • iya mas. terima kasih banyak mas. sekarang sy sudah baca2 lagi artikel.a mas dn sy sudah yakin 🙂 hanya perlu usaha, do’a dn kyakinan:) sy akan lakukan yg terbaik Insya Allah mas. 🙂

    sy mau tanya lagi nih mas. bagaimana sih push up, sit up dn pull up yg benar?.
    terima kasih sebelum.a mas. 🙂

    • @Evan
      Amin…semoga berhasil
      untuk cara push up dan pull ups yang baik dan benar mungkin nanti sy buatkan artikelnya
      krn akan agak panjang dan perlu beberapa buah gambar utk contoh

  • id?pak pak
    kalo sudah daftar akpol itu lama proses pelatihannya berapa tahun untuk diangkat??
    lalu apa lulusan stm bisa masuk akpol??

  • assalamualaikum Pak,

    saya masih kelas XII ipa , berminat mendaftar akmil dengan TB 170 cm, BB 56kg . Apakah sudah memenuhi persyaratan pak?

    pak kalau saya lihat di Akmil, kelihatannya Taruna jarang yg bertinggi 170cm ya pak ? kelihatannya diatas itu
    dan badannya kekar , sedangkan badanku tergolong kurus . Apakah harus ikut latihan beban (fitnes) ?

    dan satu lagi pak, seperti yg bapak jelaskan dalama hal varikokel diatas , maaf punya saya saya pegang bag kiri ada uratnya pak tetapi tidak pernah mengalami sakit sedikitpun ketika diam maupun berolah raga, apakah itu varikokel pak ?

    terimakasih pak atas perhatiannya.

    • @Fajar
      Wow dengan TB 170 cm sdh Ok, hanya BB 56 kg kelihatan kurus, idealnya 63 kg, limit bawah 57 kg limit atas 69 kg
      Siapa bilang,Pokoknya TB 170 cm sdh lebih dari cukup, nanti juga akan kelihatan kekar kalau sdh pendidikan dan pakai pakaian PDH yg ketat.
      Menurut saya tdk usah ikut Fitnes, olah raga saja yg teratur dan makan makanan yg bergizi biar BB nya nambah, krn menurut saya lebih susah menurunkan BB dari pada menaikkan BB.
      Utk Varikokel lebih pastinya konsultasikan ke dokter ya
      OK

        • @Fajar
          waduh piye iki, coba ke dokter
          Pengalaman, sy dulu banyak jerawat dimuka gede2 kaya bisul minder rasanya,(mending di punggung nggak kelihatan) sdh berbagai macam obat yg rame di iklankan sampai minum jamu bersih darah hasilnya kurang maksimal(hilang nanti ada lagi)
          ternyata setelah sy analisa dan mengambil kesimpulan (kaya rapat aja) karena faktor usia, biasanya kalau masih muda tingkat hormon (lupa namanya) banyak banget, keluarnya jd jerawat.seiring bertambahnya usia lama2 berkurang dan hilang sama sekali.
          Jerawat takut mendekati saya ketika saya menikah umur 25 tahun, sampai sekarang Jerawat nggak berani hinggap di muka sy.
          ok itu aja tips dr sy

  • Assalamualaikum Pak.
    Pak saya mau bertanya, untuk SIPPS biasanya program study yg dibutuhkan kira2 apa saja y pak?? Apa bisa dari jurusan teknik kimia?? dan untuk tes&persyaratan untuk SIPPS bgmn?? apa sama dengan AKPOL??
    Terima kasih. Mohon infonya

    • @dian aprilia
      Waalaikum salam
      Untuk S1 : Psikologi, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi/Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Teknik Informatika/Sistem Informasi/Ilmu Komputer, Kimia, Desain Grafis, Kurikulum danTeknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Inggris, Fisika, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil dan Hubungan Internasional.
      Utk persyaratan umum sama, utk Tes nya relatip sama, hanya ada tambahan Uji kompetensi sesuai Disiplin Ilmu
      Demikian semoga membantu

    • @Rihal
      Pesiar ntu waktu yg diberikan pada saat pendidikan utk Refresing, bisa jalan2,nonton,makan2 dsb
      biasanya hari Rabu(sore),sabtu(siang) dan minggu(pagi).Tapi dengan syarat dan ketentuan yg sdh ditentukan dari lembaga pendidikan
      Gitu Mas Rihal

  • pak saya ingin banget jadi TNI, saya ingin hidup saya jadi berguna, setidaknya kepada negri ini…dari pada saya bekerja di perusahaan swasta hanya berguna untuk kepentingan dan keuntungan beberapa orang semata, lebih baik saya melindungi negri ini, saya gak mau digaji negara, saya cuma pengen segala kebutuhan, keinginan dan hak saya setiap bulan dipenuhi hehehe.
    Saya sekolah di SMK pak, bagaimana langkah2 nya supaya saya bisa jadi TNI ? apa apa saja yg harus saya lakukan pak? Saya sangat ingin jadi TNI tapi tidak tahu harus bagaimana, mohon dibantu pertanyaan saya pak.

    • @Derry
      Langkah2nya simpel sj
      1. Lulus SMK daftar di tempat pendaftaran di wilayah masing2 yg sdh ditentukan
      2. Lengkapi persyaratan yg sdh ditentukan panitia
      3. Ikuti Seleksinya
      4. Lulus Seleksi
      5. Pendidikan
      6. Lulus Pendidikan
      7. Jadi TNI

  • ass mas saya baca di buku tips masuk tni katanya g boleh ada bekas operasi takutnya mengganggu pas pendidikan, nah saya pernah di operasi usus buntu kan g terlaru berat bisa g ya masuk ? trims.

    • @mtrikurnia
      Pendidikan TNI memang berat Mas dibutuhkan fisik yg prima, bekas operasi usus buntu dikhawatirkan akan kambuh pd saat kegiatan fisik tsb,
      memang biasanya gagal pada saat seleksi tes kesehatan krn kelihatan bekas jahitan operasinya

  • Assalamualaikum pak, kalau masuk akpol jurusan IPS apakah bagaimana Tes Potensi Akademiknya? apakah di bedakan dengan TPA jurusan IPA?

    Apa ada perbandingannya antara catar jur.IPA dengan catar jur.IPS ? atau sama saja?
    terima kasih,….

    • @Junifar Ridwan
      Utk TPA soalnya sama
      yang beda mungkin tes Akademik nya nanti pada saat seleksi tingkat pusat, sesuai jurusan masing2

  • assalamuallaikum

    wah saya bersyukur ada bapak yang aktif dan menjawab pertanyaan” dari orang yang mau masuk angkatan, dari kecil saya sudah bertekat ingin masuk akpol dikemudian hari, dan saya tau langkah saya tinggal sedikit lagi karena insyaallah tahun depan saya lulus sma

    saya juga mau tanya pak

    1 saya siswa sma akselerasi, apa hal tersebut tidak mengurangi sedikitpun dari penilaian? (usia saya memenuhi persyaratan, 17th)

    2 tinggi saya 174 berat 65, apa itu sudah ideal? saya rajin olah raga, inyaallah dengan tes fisik yang ada (push up, sit up, renang, pull up, lari) saya mampu, walaupun lari dan pull up ada kendala, yang saya kawatirkan katanya badan tidak boleh sudah berbentuk (berotot) nah kalau berbentuk karena rajin olahraga bukan karena fitness di gym, dan masih wajar tidak seperti binaragawan” apa tidak masalah?

    3 saya berjerawat walaupun tidak parah tapi mengganggu penampilan karena kulit saya agak putih, apalagi bekasnya, bagaimana solusinya, apa ada pengurangan nilai terkait hal tersebut dan yang saya kawatirkan di hidung saya ada bopeng bekas cacar walaupun tidak begitu besar tapi tetap saja mengganggu penampilan saya

    4 dan yang membuat saya tidak bisa tidur akhir” ini, digigi saya tepatnya graham depan bagian bawah, disisi luar gigi terdapat lubang walaupun tidak besar tapi jelas, apa yang harus saya lakukan, menambalnya? , gigi saya alhamdulillah rata, tapi kalau dilihat lebih detail bagian bawah ada satu gigi seri yang agak miring

    sekian dulu pertanyaan saya, maaf jika banyak bertanya 😀

    wasalamuallaikum

    • @Daniel Theopilus
      Waalaikum salam
      Ngeborong pertanyaan nih ceritanya….hehehe
      1. SMA akselerasi ? mantapp dong, tapi kok mau ya orang jenius coba daftar Polisi/TNI (sy malah balik bertanya hehehe)
      tdk masalah, malah kemungkinan jd point tersendiri yg penting umur cukup (nanti di Akpol tdk ada lompat kelas lho hehehe)
      2. berat sdh ideal (lihat hitungan rumus pertanyaan diatas ya), coba dilatih lagi lari dan pull ups nya,tdk masalah malah bagus
      badan kelihatan tegap.
      3. Jerawat dan bekas cacar tdk masalah itu bukan penyakit berbahaya kok, tdk mengganggu pada saat pendidikan nanti, dg tinggi 174 cm penampilan sdh OK
      4. Kalau pendapat saya mumpung masih kecil ditambal saja, utk gigi seri agak miring satu tdk masalah tapi Coba konsultasikan ke Dokter Gigi, klau bisa di RS Tentara atau RS Polisi sekalian minta solusi terbaiknya.
      Maju terus pantang mundur, OK

      • haha maaf pak, saya berusaha cari info sebanyak”nya
        aduh pak Ardo terlalu berlebihan deh, saya ya seperti siswa pada umumnya cuma kelasnya saja yang beda
        terima kasih jawaban dan semangatnya

  • Assalamualaikum,
    Pak ingin naya kalau ikut pelatihan itu kita sudah lulus apa belum,sudah itu kapan pak pembukaan seleksi akmil

  • Assalamualaikum wr wb ..
    Siap, Pak
    Saya mau nanyak tentang berat badan
    tinggi saya 175 cm terus berat badan idealnya berapa, ya ?

  • Pendaftaran Catam, Caba, Pa PK Apakah Test keseluruhannya sama Pak ? Tolong jelaskan kalau ada perbedaan pada masing2nya Pak’… Terimakasih

    • @Syahrul adrian
      Tentu ada perbedaan, semakin tinggi jenjang pendidikan yg dipilih semakin sulit seleksinya, sy tdk bisa menjelaskan disini
      bisa2 tdk muat tempatnya.
      misal utk tes Akademik Catam, Caba tdk ada Pa PK ada tes Akademik

  • Saya lulusan SMKN Jurusan Otomotif tahun 2010 & Nilai UN saya Mata pelajaran BHS Indonesia 5,40… Apakah bisa Pak’ Kalau mendaftar Caba TNI ?

  • Saya punya selulit di bokong, pinggang & lengan atas, juga Varises 2 garis di pinggang kiri & 2 di kanan… Apakah Selulit & Varises sangat mempengaruhi kelulusan Catam & Caba TNI Pak ?

    Bagaimana cara menghilanginya ?

    • @Syahrul adrian
      Selulit bukan penyakit berbahaya, biasanya terdapat pada kaum wanita,coba usahakan berolah raga agar timbunan lemak dibawah kulit terbakar dan hilang,hanya mengganggu penampilan saja tapi usahakan dihilangkan.
      Varises ini yang berbahaya terutaman di betis, selain mengganggu penampilan juga berpengaruh tidak kuat bila berdiri lama.
      mengenai terdapat dibagian tubuh yang lain usahakan di obati, karena pada setiap Werping (penerimaan TNI POLRI) pada jenjang pangkat apapun
      akan mempengaruhi kelulusan.

    • @syahrul adrian
      coba konsultasikan ke dokter krn utk pengobatan dokter yang lebih tahu.
      dari pengalaman biasanya Varises tersebut nanti di suntik memakai obat, rasanya clekit-clekit seperti digigit semut rang-rang hehehe

  • Ok Pak’….

    Next ya Pak…

    Kalau Saya insyaalah lulus Tamtama Tni, brapa lama/pangkat apa saya bisa Secaba & berapa lama sekolahnya Pak ?

  • Om,mau tnya ?
    Sekolah akpol katanya bagi yang disumatera,sudah pindah di betung dekat palembang,ya ?
    Bener ga ?
    Thanks ya om

  • Terus Pak’ kalau sudah masa kerja 10th/Kopda kita ikut Secaba, Setelah Usai Pendidikan kita dapat Pangkat apa ya ?

    Bayangan pendidikannya bagaimana pak, apakah sama seperti pendidikan Masuk Catam/Caba TNI ?
    & Apakah ada Sistem tidak lulusnya juga ?

    • @Syahrul adrian
      Namanya Secaba Reguler usai pendidikan dapat pangkat Sersan dua (Bintara)
      Pendidikannya sama saja dg Catam/Caba lainnya
      tetap ada sistim tdk lulus dan kembali ke pangkat semula, jika melanggar ketentuan yg sdh ditetapkan

  • Assalamualaikum pak.
    saya mau nanya, kalo gigi graham udah pernah di cabut terus pasang gigi palsu diperbolehkan atau tidak ya?

  • Terus kalau dari Catam/Kopda sudah lulus Bintara/Serda & Mau ikut pendidikan Capa, Pangkat Bintara apa pak baru bisa ikut pendidikan Capa ? & Kalau lulus dapat pangkat Letda ya Pak ?

    • @Anis ydia putri
      Berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS
      atau SMK yang sesuai dengan kompetensi tugas pokok Polri (kecuali
      Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan Nilai Akhir (gabungan
      nilai UN dan nilai sekolah) minimal 6,5

  • Malem pak’…
    Mau bertanya lagi pak, kalau ijazah D3 Universitas terbuka bisa nggak buat mendaftar Capa pk ???

    Mohon pencerahannya pak….

    • @Syahrul adrian
      Berijazah Profesi/Sarjana/Diploma Negeri/Swasta.
      Para Calon yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta harus sudah lulus
      ujian negara (dengan melampirkan tanda lulus/Ijazah yang dilegalisir
      oleh Kopertis).

  • Assalamualaikum …. ,

    Maaf .. Pak , Sya mau tnya .. , Apakah Modul Buku Panduan masuk Akpol , Test Lulus Masuk …. mnurut Bpak penting nggak ya … ??? Karna bnyak yng nawarin bku trsebut … dan ,, Tlong Pak saya minta sarannya gmana ya nambah BB … Sdangkan tbuh sya msih trgolong kurus … ??? ^_^

    Terima Kasih ….

  • Mau Nanya lagi pak…

    -Kalo seleksi catam mulai dari awal sampai akhir berapa bulan ? Infoin urutannya yang lengkap ya pak…

    -Pendidikan Catam berapa bulan ya pak ?

    -Tanggal 19 juli 2014 saya berulang tahun yg ke 22th, masih bisa ngak daftar catam gelombang 2 dan catam tahun 2015 gelombang pertama ?

    Mohon infonya ya pak…
    Terimakasih banyak

    • @Syahrul Gunawan

      Catam TNI AD
      Waktu Pendaftaran ( sebagai patokan, info lengkap/perubahan kunjungi web terkait, Ajendam)
      Gelombang I
      1. Pendaftaran : 14 Januari s.d 25 Januari.
      2. Seleksi tingkat daerah : 25 Januari s.d 23 April.(Psi 8-9 Maret)
      3. Sidang Pantukhirda : 26 s.d 29 April.
      4. Buka Pendidikan : 3 Mei
      Gelombang II
      1. Pendaftaran : 5 Juli s.d 23 Juli.
      2. Seleksi tingkat daerah : 26 Juli s.d 19 Nopember (Psi 6-7 Oktober)
      3. Sidang Pantukhirda : 22 s.d 25 Nopember.
      4. Buka Pendidikan : 29 Nopember.

      Materi Seleksi
      1. Administrasi
      2. Kesehatan
      3. Kesamaptaan Jasmani ( Samapta A,B, Renang dan Postur)
      4. Wawancara
      5. Psikologi
      6. Pantukhir

      Lama Pendidikan
      Dasar 4 bulan, kecabangan 3 bulan

      Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun
      pada saat pembukaan pendidikan pertama. Gelombang I buka Dikma
      tanggal 3 Mei dan Gelombang II tanggal 29 November.
      demikian

    • @mtrikurnia
      Hehehe ada-ada saja, Sekolah Elit Top Markotop itu bro…
      Susah bro masuk STSN, sy dulu pernah coba gagal kalau sdh keterima berkarier saja di Sandi

  • pak izin bertanya
    Waktu pendaftaran akmil dimulai dari
    awal bulan februari sampai akhir maret..
    apakah di bulan tersebut ada tes
    jasmani / pemeriksaan kes?
    .soalnya di web pelaksanaan uji tk daerah
    dilaksanakan 2 april?
    .
    yang masih kls XII ketentuan nilai rapor
    gimana?
    trim pak

    • @fajar
      Benar toh, berarti rangkaian seleksi uji tkt daerah mulai Awal bulan April.
      Bagi calon kelas III SMA/MA :
      a. Melampirkan raport kelas 1 s.d III semester I ( Tidak ada nilai dibawah 7)
      b. Melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon
      tersebut terdaftar sebagai peserta UN

  • salam hormat mas..
    saya lulusan sma IPA TA 2013 umur 19 th tinggi 170 tapi Berat badan hanya 50 kilo, tips untuk tambah berat badan cepat apa mas? soalnya sudah makan banyak tapi tidak nambah- nambah..hehehe
    1) saya mau nanya lagi , mata saya salah satu sipit tapi masih normal apa masih bisa mendaftar akmil?
    2) lengan saya ada keloid itu habis kecelakaan dan belum pernah patah tulang tapi hanya sebesar kuku jari dan tidak mengganggu aktivitas apa nanti juga menghambat proses rekrutmen?
    3) untuk tes samapta itu idealnya berapa soalnya saya pernah latihan itu lari hanya 6 kali putaran lapangan, setelah lari, sit up hanya bisa 35x, push up 30x, dan pull up hanya 8x apakah latihan saya sudah memasuki kriteria samapta A?
    4) renang saya hanya bisa gaya katak, apa perlu di tambah gaya bebas soalnya teman saya bilang saat tes itu ada dua gaya renang yaitu katak dan bebas saat teman saya ikut karbol AAU?
    5) gigi geraham saya ada yang gingsul ke dalam tapi masih rapat, apa perlu dicabut ke DKT?
    6) kriteria kaki O itu gimana tho mas soalnya kaki saya lutut dan mata kaki bisa dempet tapi masih ada celah sedikit di betis?

    Trim kasih atas jawabannya
    salam hormat….

    • @ wisnu pamungkas
      Banyak banget pertanyaannya
      sdh makan banyak berat nggak nambah2 mungkin sdh bawaan dari sononya
      1) Jika bukan penyakit tentunya masih bisa
      2) masih bisa coba daftar sj
      3) 6 kali putaran lapangan apa ? (bola,badminton) selama berapa menit?
      patokan lari selama 12 menit mencapai jarak 2937 nilai = 70
      sit up 35 = 70, push up 30 = 43, pull up 8 = 50
      silakan tes lari dan sutle runs, baru bisa di nilai
      4) betul kawan anda dan tergantung perintah Testor, silakan berlatih gaya yang lain.
      5) tdk usah masih batas kewajaran
      6) Kalau itu mah masih normal, bentuk O kelihatan sekali tulang kaki kanan kiri bengkok keluar dan cara jalannya kelihatan
      demikian

  • apakah ditahun ini nilai rapor masih 7 pak?
    ada kenaikan tidak ?
    .
    terus apakah tes wawancara sama dengan tes MI Pak?
    .
    apakah dalam waktu 2 bln dapat melatih puss up dan pull up bagus pak?
    .
    pak saya berenang 25 m 22dtk gaya dada, apakah ada yg kurang? kriteria bsk 50m / 25m?
    .
    trim pak, maaf banyak tanya

  • pak, seandainya. saya ingin masuk polwan,apakah bisa pak.
    keinginanku cita-cita dari kecil ingin menjadi polwan.
    sedangkan fisik saya yang menjadi bimbang dan putus asa.
    kalau terlalu kecapean pasti langsung jatuh sakit. dan saya juga pnya min setengah pak.
    TB:166 BB:57 asal dari kab.jepara kelamin perempuan
    mogon dijawab ya pak. 🙂
    sebelumnya trima kasih.. 😉

    • @lilik noviyanti
      Saran, lebih baik rubah cita-citamu
      Karena pendidikan Polwan butuh fisik yang prima
      Jika sakit saat pendidikan, tdk akan lulus dan akan di pulangkan

  • Permisi , pak 🙂 mau tanya nih saya saat ini kls 2 SMA jrusan IPA,nah sbentar lagi juga mau kelas 3 , pengen bgt langsung masuk AKMIL dan papah mendukung 🙂 sedangkan mamah nyuruh kuliah 😀 pertanyaannya gini pak misal kalau daftar , dan tes segala macam lalu msuk bgitu itu boleh sambil kuliah atau tidak ? Dan di AKMIl itu berapa tahun ya pak ? Hehe maaf pak kalau pertanyaannya membingungkan. Saya belum begitu mengerti tentang AKMIL 😀 terimakasih,, please dibalas 🙂

    • @Eunike Azarya Bella
      Saat pendidikan tentu saja tdk boleh, tapi jika sudah selesai silakan kalau mau kuliah lagi
      Lama pendidikan ± 4 tahun setelah lulus berhak menyandang pangkat Letnan Dua dan diberi gelar S,T.Han. (Sarjana Pertahanan).

  • Ass pak !!!
    Mohon ijin bertanya,,,
    Untuk pendaftaran bintara polri itukan di buka pada bulan maret
    Dan utk persyaratan umur itu max 21 tahun
    Nah sedangkan umur saya 21 tahun jalan 7 bulan apa bisa untuk mendaftar bintara polri
    Tanggal lahir saya 11-08-1992
    Trime’s pak
    Maaf ngrepotkan 🙂

    • @Rio
      Pengertian jarang nya bagaimana ya ? renggang atau ada sela tiap gigi?
      prinsipnya selagi itu bukan suatu penyakit saya rasa tdk masalah

  • Ass…pak cita-cita saya ingin mngabdikan diri untuk mnjadi TNI AD.sdngkan 1.umur saya sudh masuk 21jlan 2 bulan..apakh masih bisa mndftar TNI d thn 2015 nanti..2.gigi saya bagian grhang suda d cabut kiri-kanan.3.kaki saya agak sditik liter O.4.mnggunkan ijaza paket B-C ..tlong pnjelsany pak…

    • @abi candra
      Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan
      masalah Gigi dan kaki masih bisa
      Lulusan SMA/MA/SMK/SPK atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi

  • Selamat Malam Pak!!!
    Saya ingin mendaftar akmil tahun 2014 ini..
    Di pergelangan tangan kiri saya ada ganglion..
    Apakah itu berpengaruh pak…
    Trim’s

    • @Lingga
      Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Brigadir Polisi
      minimal 17 (tujuh belas) tahun 5 (lima) bulan dan maksimal 21 tahun

    • @Muis massolo
      Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Brigadir Polisi
      minimal 17 (tujuh belas) tahun 5 (lima) bulan dan maksimal 21 tahun

    • @ rikki
      Banyak yg harus dijelaskan
      diantaranya saja : berat dan tinggi seimbang, kaki tidak bengkok (o) punggung tdk bongkok,tangan tdk tremor, badan hrs tegap dll

  • Ass … Pak …
    Cara Push Up yng bnar buat Test TNI Polri … bagaimana ya pak … ???
    Dada hrus menyentuh tnah … pa tangan menekuk 90 drajat …???

    • @ irfan
      Push ups :Gerakan naik turun dari posisi telungkup yang bertumpu pada kedua tangan dimana posisi kepala,tubuh dan kaki lurus, jarak antara perut dengan lantai satu kepal dan posisi teratas adalah ketika posisi lengan lurus.
      utk jelasnya silakan mampir di sisni http://seleksitnipolri.com

  • assalmualaikum …
    mau nanya.
    sesuai dengan berita yg saya dengar dri teman2 sya, klw mau jadi polwan itu hrus bayar 100-200juta
    ap bnar info ttng itu?

    • @Ifha
      Saya malas sebenarnya kalau menjawab pertanyaan sejenis seperti ini
      dan sdh pernah sy jawab berulang kali pd pertanyaan dibawah
      Bohong itu, hanya akan melemahkan Pikiran saja yg membuat kita tdk fokus akhirnya gagal
      tanyain sama teman kamu dia sdh pernah bayar belum? jangan2 dari katanya orang juga, cape deh…
      akhirnya orang2 yg mental tempe tdk berani mendaftar
      hanya orang yg bermental baja yg tdk peduli apa katanya orang yg berani mendaftar dan lulus

  • selamat malam,sukses selalu buat admin yg tdk henti dan lelah menjawab berbagai pertanyaan org lain,semoga tuhan membalas amal kebaikan anda dn keluarga.

    mohon maaf mas saya mau tanya apakah bisa peserta yg ijazah SD dn SMA nya tdk paket, tetapi ijazah SMP nya paket B ingin mendaftarkan diri ke akpol/bintara/akmil/secaba,kira2 bisa enggak ? soal nya kalau polisi saya kurang yakin temen satu angkatan saya aja bisa masuk dn ijazah smp nya paket b,mohon mas petunjuk dn penjelasan nya ?

    • @Rino
      Saya kira tdk ada masalah, ijazah paket B kan resmi dari Negara berarti status nya disamakan dengan ijazah pada umumnya
      Silakan di coba mas

  • Kalau Sistem liburnya Tamtama TNI AD gimana ya Pak?

    -Cutinya tiap berapa bulan & dapat berapa hari lamanya?
    -Kalau cuti biaya ditanggung atau tanggung sendiri?
    -Seminggu masuk berapa hari & libur hari apa aja?
    -Dapet shift juga yah tugasnya?

    • @Syahrul andrian
      Cutinya tiap tahun, lama cuti 12 hari kerja kecuali ada hal2 khusus
      Biaya cuti tentunya ditanggung sendiri
      Seperti dinas pada umumnya, minggu dan tgl merah libur
      bukan shift tapi secara bergiliran 1×24 jam siaga / jaga kesatrian

  • mohon kesediaannya untuk tata cara pendaftaran sepolwan bintaro tahun 2014 bagaimana sistematisnya dan apakan berbeda pendaftarannya??? terima kasih

  • pak. sya sudah lulus dan berniat buat masuk akpol. tapi kalau nila rapor saya pada kelas x ada yang bernilai 6 bagaimana pak ? selebihnya kelas XI dan XII nilai saya di atas 7. dan apakah nilai un dan ijazah termasuk dlm kriteria.
    trims

    • @dikaandrian
      tidak apa2, raport hanya sebagai perbandingan sj, kecuali klau daftarnya masih kelas XII pakai nilai raport kelas XII semester 1 (sambil nunggu hasil UN dan Ijazah kelulusan )
      Tentu dong nilai UN dan Ijazah masuk dlm kriteria

  • selamat siang pak ! saya mau bertanya?
    pak, apakah disaat kuliah semester 2, saya boleh mendaftar TNI (caba) ?
    nah lantas kalau sudah LULUS tes TNI, bagaimana dengan kuliah saya , apakah berhenti atau lanjut ??
    mohon bantuan informasinya !! terima kasih

    • @Fitri
      Silakan terminal dulu utk daftar TNI
      Setelah lulus pendidikan TNI dan menjadi anggota TNI silakan minta ijin kpd atasan masing2 utk melanjutkan kuliah yg sempat tertunda

  • Assalamualaikum. Pak mau tanya. Kalau 2 gigi atas gingsul. Dari SMK jurusan akuntansi bisa daftar polwan enggak ya pak? Tinggi saya 165cm, BB 60. Terimkasih

    • @Pangestika
      Sepertinya gigi gingsul bisa jadi hambatan deh
      SMK jurusan Akuntansi bisa asal jangan jurusan Tata Boga dan Kecantikan

  • mas… Jasmani dan rohani saya cukup memadai. Yang bikin mental runtuh itu karena Gigi saya yang di atas bolong 3, di bawah 1 . semuanya nanti saya tambal. Dengan keyakinan 100% insya allah saya lulus jadi tni ad.
    Doakan saya mas dan Brother-brother ..

    • @kevin
      Berarti Rohani nya belum siap tuh, karena Mental bagian dr Rohani
      Niat, minta doa Ortu,bulatkan tekad, Action
      Amin

    • @udin
      Setahu saya tdk ada cara menghilangkan Varises dg cepat
      yang pernah saya lakukan pergi ke dokter konsultasikan
      nanti di suntik di varisesnya

    • @tomi
      Maaf ya baru bisa balas, maklum krn kesibukan saya di dunia nyata hehehe
      Semua tergantung, banyak faktor yang mempengaruhi bisa tidak bisa ya
      diantaranya :
      1. Peraturan saat ada pendaftaran Akpol boleh atau tidak pendaftar dari organik aktif
      2. di ijnkan atau tidaknya persetujuan dari atasan langsung
      demikian semoga membantu

  • mas, saya mau tanya..
    gigi geraham saya patah, trus saya copot, solusinya gimana ya mas?? saya mau daftar polwa..
    terima kasih

  • Assalamualaikum wr wb..
    Kak saya lulusan smu IPA 2012 saya sangat ingin masuk akpol atau akmil saya selama ini Sudah melakukan olahraga fisik sendiri us navy..tinggi saya 170 semua berkas sudah saya siapkan tapi pas saya lihat nilai rata2 uan saya 7,0 saya langsung patah semangat apakah betul nilai 7,0 Akan gagal wkt seleksi awal ….
    Saya di suruh untuk coba bintara tapi saya tdk mau kak..saya betul2 ingin masuk akpol atau akmil..

  • Assalamualaikum, pak mau nanya
    misalkan untuk lulusan sarjana kesehatan umur 22thn , kira-kira bisa mendaftar di akpol atau apa ya & juga gigi depan saya sempat patah akhirnya di tambal, di bolehkan atau tidak ..?

    • @galuh
      Untuk daftar Akpol nanti yang digunakan ijazah SLTA nya Mas Galuh
      Peraturan yang digunakan umum utk pendaftaran Akpol, umur sudah lewat
      utk Sarjananya bisa pakai jalur SIPSS umur masih ok
      gigi ditambal masih dibolehkan

  • mas saya ingin bertanya.. dipersyaratan masuk akpol kan dinyatakan ( mempunyai kmampuan b.inggris dngan toefel di atas 500)
    nah untuk toefel b.inggris apakah catar akpol harus mempunyai sertifikat toefl b.inggris atau pada saat tes nanti kita ada tes b.inggris untuk mngetahui berapa toefl b.inggris si catar?

    • @raga saputra
      Kenapa harus takut, memang banyak anak lulusan SLTA toefel sampai 500, saya yakin semua rata-rata
      kalau punya sertifikat Toefel memang itu lebih bagus, karena sebagai nilai tambah(+) utk si calon
      JUST DO IT

  • mas ardo.. nilai un saya rata2nya 7,8… nilai segitu udah bisa belum lulus sleksi adminitrasinya ? tapi nilai mtk saya ada yang 6.. bgaimana pak ? trims

    • @ahmad
      Sudah cukup itu
      Nilai rata-rata tidak kurang dari 7,25 dan tidak
      ada nilai dibawah 6
      Sepertinya Administrasi sdh OK, tinggal menghadapi seleksi selanjutnya

  • Assalamualaikum, Mas, sy cita” dari kecil ingin jadi PERWIRA, pertama lulus SMA tes Akpol tapi gagal, coba lagi di SECABA tapi lagi” gagal, sekarang coba TES AKMIL tahun ini dan ini pertama kalinya nyoba TNI, tapi sekarang sy sudah semester akhir di teknik dan lagi nyusun skripsi dan umur jg mau masuk 22 thn mei ini, Bingung harus kayak gimana, kalau bisa dibilang ini kesempatan terakhir. kegagalan kemarin krn kaki X , 7cm hrus di operasi, wktunya juga sudah mepet. Mohon sarannya yah Mas. Thanks !!!

    • @ndra
      Sepertinya tanggung sdng nyusun skripsi, tp jika memang sdh tekad bulat baiknya di coba, nanti andaikata
      lulus dan selesai pendidikan Akmil mungkin bisa lanjutin skripsinya ( Peraturan Universitasnya membolehkan terminal lama nggak?) andaikata tdk lulus seleksi Akmil, lanjutin skripsinya setelah lulus nanti bisa di coba jalur PA PK

  • mau bertanya mass..
    1.sebentar lagi saya di suruh orangtua masuk ke SMKN tapi jurusan nya hanya ada mekatronika,Multimedia dan RPL .. apakah saya pantas masuk ke smk itu.. dan setelah lulus smk saya daftar jadi tentara bintara..
    2.biasa nya dari smk Jurusan apa yang sering masuk jadi TNI
    Berikan saran nya dan terimakasih

    • @kepong
      1. Masalah pantas atau tdk masuk SMK itu anda sendiri yg memutuskan intinya lulusan SMK bisa utk daftar Bintara kecuali jurusan tata boga dan kecantikan
      2. Peluangnya sama dengan jurusan yg lain maupun lulusan SMA, krn yg menentukan adalah hasil seleksinya

    • @januar
      S2 Profesi : Psikologi
      S1 Profesi : Dokter Umum, Dokter Gigi dan Apoteker
      S1 : Psikologi, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan
      Rekreasi/Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Teknik
      Informatika/Sistem Informasi/Ilmu Komputer, Kimia, Desain
      Grafis, Kurikulum danTeknologi Pendidikan, Pendidikan
      Bahasa (dan Sastra) Inggris, Fisika, Teknik Elektro, Teknik
      Metalurgi, Teknik Sipil dan Hubungan Internasional.
       D IV : Ahli Teknika Tk. III dan Ahli Nautika Tk. III (wajib
      memiliki ijazah Ahli Teknika Tk. III dan Ahli Nautika Tk. III
      dari Ditjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan
      RI).

  • assalamualaikum pak, tgl 27 april ini saya ada tes kesehatan brigadir polwan pak, tapi gigi saya, di cabut 2 pak, kira2 bermasalah gk yah pak ?

    • @amelda yuianti
      Waalaikum salam
      Sebenarnya masih dlm batas toleransi, tapi yang namanya seleksi semua hal tentunya mempengaruhi utk perangkingan
      tapi dapat ditutup dg kelebihan2 yg lain

  • saya pengen daftar akpol tapi saya punya bekas luka di kedua kaki, apakah itu mempengaruhi penilaian estetika? terimakasih pak

    • @raga saputra
      utk persyaratan khusus sy tdk monitor silakan cek di web Polri
      utk persyaratan umum sy kira sama tiap tahun

  • mas saya kan sudah daftar online akpol.. tapi sudah lima hari yang lalu.. kata panitia penerimaan daftar online itu masa berlakunya tiga hari.. jadi saya disuruh daftar ulang online… tapi saya coba gak bisa mas.. gimana ya mas caranya

    • @raga saputra
      Seharusnya sebelum batas waktu yg tentukan hrs segera di tindak lanjuti dg daftar secara langsung, solusinya klau online tdk bisa lagi coba daftar secara langsung sj, utk kendala2 teknis tanya langsung ke Panitia, sy tdk tahu krn sy bukan Panitia

  • Mau tanya nih, saya SMK jurusan KIMIA INDUSTRI, Apakah bisa masuk Akabri atau Akmil. Soalnya saya ingin masuk ke TNI AD. ???
    Sebenarnya saya masih kelas 1 ya cuman mau ada persiapan saja

  • mas kan pendidikan akmil 4 tahun ,, nah misal nya pas 3 tahun setengah Dia itu sakit,,, apakah langsung gagal jadi akmil / Gimana mass ???

  • mas mau tanya lagi.
    1. misalkan pendidikan 4 tahun itu udah selesai (hari terakhir pendudikan ) apakah langsung di kasih beret,pangkat,dll ?
    2.pas pendidikan selesai (4 tahun) lalu seTahun kemudian daftar jadi calon kopassus apakah bisa / gimana (intinya ingin jadi kopassus ) ?
    3. nanya Iseng iseng nihh hehehe , Misalkan tinggi 195, BB
    ideal apakah pantas jadi tentara / Terlalu ketinggian ?

    • @kevin
      1. Selesai dik otomatis dapat pangkat, utk baret tergantung tempat penugasan
      2. kamu masuk dulu korp Infanteri nanti ada seleksinya utk masuk Kopassus
      3. Tidak ada batasan utk tinggi maksimal yg ada tinggi minimal dan jarang
      sekali orang Indonesia bisa tinggi segitu

  • Pak untuk tes akademik AKPOL tingkat Polda dan tingkat Pusatnya, materi yang akan di ujikan apakah sma pak ? dan apa saja materi tingkat Polda dan tingkat Pusatnya pak ?

    • @Novriandy
      Utk tes Kemampuan Akademik daerah dan pusat kemungkinan serupa tapi tak sama
      Deret hitung,penalaran, Verbal dll

        • @Novriandy
          diantaranya :
          Bhs inggris, Bhs indonesia (padanan kata,sinonim) MTK (Aritmatika,tes spasial,logika number tes angka) dll

  • assalamualaikum wr wb
    misi nas saya mo tanya.
    1.lama pendidikan buat polwan itu brapa lama yah? apa ada wktu libur?
    2. apa boleh bawa alat konunikasi?
    3.emg benar klo polwan nikahnya jga hrus s.sma polisi?
    trima kasih mas..
    wassalam..

    • @Adib AR
      Waalaikum salam
      1. Lama pendidikan Polwan kurang lebih 7 bulan, waktu libur tentu ada
      2. Setahu sy penggunaan alat komunikasi tdk boleh
      3. Tidak harus menikah sama polisi, sama siapa saja boleh

  • Kak klau gigi graham sudah hilang kiri kanannya apa masih bisa lolos?
    Apakah gigi graham tdak apa”di cabut?

    • @andi sulfady
      Masih bisa utk mengikuti seleksi,
      tapi utk lolos tergantung persaingan dengan peserta seleksi yg lain
      kalau lawan ada yg giginya bagus tentu akan tergusur

  • Assalamu’alaikum wr.wb.
    pak apa masih ada pndftran AKPOL gratis tahun 2015-2016, dan mencari berapa peserta?
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    • @ M Fuji Saputro
      Waalikum salam
      Sejak dulu Akpol gratis, coba masuk ke web nya sdh ada pendaftarannya tuh
      jumlah nya sy tdk monitor

  • permisi pak.. saya nelvin dari papua.. yang mau saya tanyakan,

    1. dengar-dengar kalau tes akpol dan jatuh di pantukhir pusat katanya bisa dapat surat rekomendasi buat masuk ke brigadirnya.. apa betul itu pak?

    2. untuk umur maksimal masuk pendidikan brigadir tahun 2014 adalah 22 tahun pak, pertanyaanya saya itu harus kah 22 tahun pas atau intinya masih berumur 22 tahun dan belum menginjak umur 23 tahun.

    terima kasih pak, mohon pencerahanya.. web seperti ini sangat membantu buat kami yang ingin tahu tentang penerimaan polisi.
    salam hormat.

    • @Nelvin
      1. Bisa ya bisa tidak, tdk ada ketentuannya semua tergantung kebutuhan dan kebijaksanaan Kepolisian
      2. Maksudnya pada saat pembukaan pendidikan umur tidak boleh lebih dari 22 tahun/22 tahun pas
      demikian semoga membantu

  • Asalammualikum pak, kemarin saya mendaftar brigadir tapi saya gagal hanya karna ijazah saya paket b,padahal paket b setara smp kan pak,kalau ijazah sma saya formal padahal pak,kenapa ada diskriminasi pendidikan seperti ini pak?

    • @fajar dwi kurniawan
      Waalaikum salam…
      Maaf, saya tidak bisa menjawab,krn saya tdk tahu, mungkin ada pertimbangan khusus
      ambil hikmahnya saja mungkin bukan jalur anda menjadi anggota polri

    • @Chintya
      Lulusan tahun 2013. Lulus Ujian Akhir Nasional dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai ujian nasional dan nilai ujian sekolah)minimal 6,87. dan tidak ada mata pelajaran dengan nilai di bawah 6.

  • asmkm mas sya mau tanya, sya pngen banget dftar TNI,skrng sya lagi kuliah,tapi harapan pngen jd TNI itu masih ada,.. yg sya hawatirkan jd TNI itu adalah gigi saya berlubangnya ada 2,apakah ini masih ada kesempatan jd TNI,…

    kmudian pertanyaan ke 2, apakah alat kelamin nya kecil itu tdk diterima jd TNI ap gmna MAS… tolong penjelasan,

    yg ke 3 seperti apa tes kesehatan dalaman,terutama tes kelamin nya di apakan mas,…. mhon penjelasanya

    • @mildan
      1. Setelah lulus kuliah bisa daftar PA PK dan giginya yg berlubang ditambal dulu
      2. Tidak ada masalah alat kelamin kecil yg penting tdk ada penyakit
      3. Tes kesehatan dalam meliputi pemeriksaan jantung,air seni,darah dll
      tes kelaminnya di periksa misal ada penyakit varikokel atau tidak

        • @Mildan
          Wah utk Penyakit Varikokel sy tdk bisa menjelaskan tuh, sy bukan dokter, coba tanya sama mbah Google ya
          utk pemeriksaannya terserah Panitia, memang ada masalah dg dokter Wanita? dokter kandungan saja banyak yang Pria!

  • Curhat Bang.heheh
    Saya kan lahir 6 november 1998,,umur saya 15 tahun. saya sekarang duduk baru kls 3 SMP sebntar lagi mau ke SMA,, misalkan November 2017 nanti umur saya 18 tapi masih duduk di SMA semester 1 kelas 3…. misalkan Sekarang itu pendaftaran akmil bulan februari 2017 ,….
    Lebih baik daftar pas umur 18 / 19 ??,,, karena kalau daftar pas umur 18 , izasah SMA dll belum dibagikan/ belu tahu Nilai akhir nya….

    • @Kevin
      Tidak usah bingung
      Bagi calon kelas III SMA/MA :
      a. Melampirkan raport kelas 1 s.d III semester I
      b. Melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon
      tersebut terdaftar sebagai peserta UN
      dg catatan jika sdh lulus, nilai UAN diberlakukan dg standar nilai yg sdh ditentukan

  • Mas ardo. Apa bnar utk thn 2014 ini nilai rata2 akpol turun menjadi 6,5 karna kebijakan petinggi2 polri ?
    Mksh.

  • Om ardo dlm slksi adminstrsi itu maksudnya kua gimana ? Kalau nilai sudah cukup. Apa masih bisa gugur ? Karna ada yg lebih bagus ? Trms

    • @maman
      Seleksi Administrasi bukan hanya nilai saja yg di lihat, tapi persyaratan yg lain
      misal :KTP,KK,Akte lahir,Ijasah SD SMP SMU,SKCK,Surat dokter,foto,surat lamaran,surat persetujuan orang tua dll
      kalau nilai sdh cukup bisa mengikuti seleksi/tes selanjutnya misal tes kesehatan,jasmani,Psikotes dll
      kalau nilai kurang Ya Gugur alias tdk bisa ikut tes selanjutnya

            • @jajang
              Saya jelaskan lagi dr awal biar tdk bingung
              a. Tahap Pendaftaran.
              Pada tahap pendaftaran harus hadir sendiri
              tidak boleh diwakili,di tempat yang telah ditentukan sesuai dengan
              Pengumuman Penerimaan Prajurit TNI/Polri danbiasanya langsung
              diukur tinggi dan berat badan serta harus membawa persyaratan
              administrasi/dokumen sebagai berikut :
              1) KTP,Kartu Keluarga,Akte Kelahiran (Asli).
              2) Ijasah dari SD, SMP, SMA/MA/SMK dan Sarjana (Asli)/
              Sesuai kebutuhan.(Apabila masih kelas 3 SMA sudah
              mengikuti Ebtanas tapi Ijasah belum keluar bisa minta surat
              keterangan yang ditandatangani Kepala sekolah yang pada
              saatnya nanti dilengkapi pada tahap melengkapi
              persyaratan administrasi)
              3) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
              4) Surat Keterangan Dokter
              5) Pas Foto ukuran 4X6 sebanyak 16 lembar sesuai kebutuhan
              Apabila memenuhi persyaratan administrasi khususnya tinggi dan berat
              badan, langsung didaftar dan diberitahu kapan/tanggal berapa harus
              kembali kumpul serta setiap peserta memperoleh Tanda Peserta Seleksi
              dari Panitia Seleksi
              b. Tahap Melengkapi Persyaratan Administrasi.
              Pada tahap ini
              sambil melaksanakan tes lainnya (Jasmani, Psikotest, Kesehatan dan
              Mental Idiologi), maka para peserta tes diwajibkan untuk melengkapi
              persyaratan administrasi sesuai dengan yang diperintahkan Panitia
              Seleksi. Adapun persyaratan administrasi yang harus dilengkapi adalah
              sebagai berikut :
              1) Surat lamaran.
              2) Daftar Riwayat Hidup (RH singkat)
              3) Surat Persetujuan/ijin orang tua/wali.
              4) Surat Pernyataan Belum pernah Menikah.
              5) Surat Perjanjian Ikatan Dinas Pertama
              6) Surat Pernyataan Kesanggupan ditempatkan di mana saja di
              seluruh wilayah Indonesia setelah selesai pendidikan.
              7) Surat Persetujuan/ijin dan kepala jawatan/instansi yang
              dibubuhi cap instansi, bagi mereka yang sudah bekerja.
              Jika ingin tahu lebih lanjut silahkan daftar

  • slmt mlm pak, begini pak keinginan untuk menjadi TNI saya tinggi,tapi di sisi lain saya sering ONANI, apakah nanti ketika tes ksehatan kelamin nya bekas ONANI itu sangat berpengaruh atau tidak,?