Home  /  Motivasi  / Tips Menghadapi Ujian Nasional

Tips Menghadapi Ujian Nasional


Tips Menghadapi Ujian Nasional

Ujian kelulusan sekolah hampir tiba baik itu untuk tingkat SD,SMP,maupun SMU/SMK,untuk tingkat SMP Sekitar bulan April 2012 ujian akhir akan di laksanakan, di perkirakan akan terjadi keresahan/ke khawatiran seperti tahun-tahun yang lalu, khawatir anak kita tidak lulus ujian Nasional tersebut, wah kacau bila itu terjadi,anak kita bisa-bisa mengulang lagi dan ikut Ujian Nasional tahun berikutnya, jangan berharap ada ujian susulan paket C sudah tidak ada alias di hapus.

Tingkat Stress kita sebagai orang tua akan meningkat, dari mulai memikirkan ujian anak sampai biaya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,itulah resiko tanggung jawab kita sebagai orang tua, Saya jadi ingat,dulu bagaimana orang tua banting tulang untuk biaya sekolah apalagi dengan jumlah keluarga lebih dari 4 anak,kalau ingat itu tanpa saya sadari menetes air mata ini, ingat akan jasa-jasa orang tua sehingga kita bisa jadi seperti sekarang ini, dan akhirnya itu terjadi pada kita, gantian kita memikirkan sekolah anak-anak kita.

Kabar baru yang menggembirakan tentang Ujian Akhir Nasional adalah bukan hanya akumulasi Nilai mata pelajaran yang di Ujikan tapi ditambah dengan nilai raport yang diterima tiap semester, mudah -mudahan kabar itu benar adanya, karena kita bisa nyicil ayem, tapi bagaimana dengan nilai raport anak yang pas-pasan ( untuk hal ini bisa di tanyakan ke guru masing-masing ) wah kacau lagi jadinya, mesti kerja keras di Ujian Nasional nantinya.

Dalam mengahadapi Ujian Nasional nanti bukan hanya kita saja yang Stress, yang pasti anak kita lah yang paling stress karena terlibat langsung. Kita sebagai orang tua mungkin bisa memanajemen Stress agar tingkat stress berkurang bahkan jika  mungkin  bisa kita buat sebagai salah satu sumber kekuatan, tapi bagaimana dengan anak kita? mampukah?
Berikut ini tips agar anak-anak kita sukses menghadapi Ujian Nasioanal:

1. Berdoa
Dengan berdoa kita akan mendapatkan keyakinan dan kekuatan secara Spiritual, mintalah kepada Tuhan, jangan kepada dukun ya…

2. Persiapkan Sejak Dini
Hal ini penting, karena materi Ujian Nasional diambil bukan hanya dari kelas 9 saja tapi mulai dari kelas 7 (untuk SMP), banyak cara yang bisa dilakukan misal belajar lebih giat, belajar kelompok, tanyakan soal-soal yang belum diketahui jawabannya kepada guru, tapi yang paling Efektif adalah mengikut sertakan anak dalam Bimbingan Belajar baik yang di adakan oleh Sekolah maupun Bimbingan Belajar Swasta, berikan kepada ahlinya. Hal ini pernah saya singgung pada tulisan sebelumnnya : Cara Memilih Bimbel. Mumpung masih ada waktu segera ikutkan anak kita ikut Bimbel.

3. Beri Ketenangan
Jangan bebankan pikiran,pekerjaan yang tidak penting pada anak-anak kita di rumah, ciptakan kondisi rumah senyaman mungkin, kondusip tujuannya agar suasana hati anak kita bisa tenang,pikiran tidak terbagi, sehingga anak kita bisa Fokus dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional.

4. Jangan Memaksakan Kehendak
Ini juga penting, yang tahu kondisi,kemampuan,minat adalah anak kita sendiri, bukan kita, kecuali kehendak kita  sesuai dengan anak. its okay,kita harus bisa dorong,beri pengertian,dan jembatani.

5. Berikan Motivasi
Manusia perlu motivasi setiap saat, Motivasi ibarat kita bernapas setiap detik, banyak cara di lakukakan untuk memotivasi anak,berikan motivasi tujuan bersekolah,beri perhatian tanyakan kebutuhannya,hambatannya, ajak sharing dan berikan solusinya

Demikian 4 tips agar anak sukses Ujian Nasional, mungkin rekan-rekan ada yang mau menambahkan? kalau sudah lulus dan melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi jangan lupa persiapkan biayanya ya….salam.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Post


Waktu Pendaftaran Seleksi Calon Anggota TNI dan POLRI
Waktu Pendaftaran Seleksi Calon Anggota TNI dan POLRI

Karena banyaknya pertanyaan seputar kapan waktunya pendaftaran seleksi calon anggota…

Sekolah Sekolah ini Lulusannya langsung Kerja
Sekolah Sekolah ini Lulusannya langsung Kerja

Sekolah-sekolah tersebut namanya sekolah kedinasan yang diadakan oleh Lembaga /…

Semangat
Semangat

Lama tidak update postingan, itu dia sedang tidak semangat, capek,…

PSB SMA Negeri Kota Tangerang
PSB SMA Negeri Kota Tangerang

Sekedar mengingatkan Pendaftaran Siswa Baru tahun pelajaran 2012/2013 tingkat SMP,…



2 thoughts on “Tips Menghadapi Ujian Nasional

  1. Tambahan ini dari pengalaman saya ketika bertemu soal yang susah, eleminasi soal yang paling dianggap sulit :)

    • Ardo / says :

      @Uya
      Benar sekali mengeliminasi soal-soal yang dianggap paling sulit untuk dipelajari
      terima kasih masukkannya



Add Comment


Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *