Home  /  Others  / Ternyata,Seperti Inilah Kondisi Dunia Jika Tanpa Ibils dan Setan

Ternyata,Seperti Inilah Kondisi Dunia Jika Tanpa Ibils dan Setan


Ternyata,Seperti Inilah Kondisi Dunia Jika Tanpa Ibils dan Setan

Sahabat Cita-citaku siapa yang tak mengenal atau yang tidak pernah mendengar kata iblis. Pasti semua manusia mengenal makhluk ciptaan Allah yang satu ini. Iblis diciptakan oleh Allah dari api. Iblis menurut sejarahnya dilaknat oleh Allah dan akan masuk neraka sehingga meminta ijin kepada Allah untuk menggoda dan menjerumuskan umat manusia untuk menjadi temannya di neraka kelak.

Sehingga kita berpikir, jika memang iblis itu jahat, mengapa Allah tidak membinasakannya saja. Tapi Allah tentu tidak menciptakan makhluk ini tanpa fungsi.

Pernah suatu ketika, Nabi Sulaiman AS memohon kepada Allah untuk menangkap iblis dan memenjarakannya. Nabi berharap ketiadaan iblis akan membuat manusia hidup lebih tentram dan damai tanpa dosa. Namun, apa yang terjadi  setelahnya membuat Nabi Sulaiman kembali melepaskan makhluk tersebut. Sebenarnya kondisi seperti apa yang dialami dunia tanpa iblis dan setan? Berikut ulasannya.

Kisah ini dipetik dari buku Kisah-kisah Allah karya Ahmad Mir Khalaf Zadeh & Qasim Mir Khalaf Zadeh. Dalam sebuah riwayat diceritakan bagaimana Nabi Sulaiman AS mempunyai kekuatan penuh menundukan kalangan manusia, jin dan hewan.

Bahkan setan-setan kala itu menjadi pekerjanya untuk membawa dan mengimpor batu batuan, pasir serta bahan bangunan lain untuk membangun bangunan bangunan megah. Namun meski dengan kekayaan dan kekuasaan tersebut, ternyata Nabi Sulaiman mencari makan dari rezeki yang diperolehnya dengan berjualan tas di pasar. Padahal, didapur sang raja setiap hari selalu dimasak 4.000 unta, 5.000 sapi, dan 6.000 kambing.

Di dalam buku tersebut dituliskan sebuah riwayat saat Nabi Sulaiman AS memohon kepada Allah agar diperbolehkan memenjarakan Iblis.

“Ya Allah, Engkau telah menundukkan padaku manusia, jin, binatang buas, burung-burung, dan para malaikat. Ya Allah aku ingin menangkap dan memenjarakan iblis, merantai serta mengikatnya, sehingga manusia tidak berbuat dosa dan maksiat lagi.”

Namun, permintaan ini tidak serta merta dikabulkan oleh Sang Pencipta. Allah lantas mewahyukan kepada Nabi Sulaiman, bahwa tidak ada baiknya apabila iblis ditangkap atau dibinasakan “Wahai Sulaiman, tidak ada baiknya jika iblis ditangkap”.

Tapi Nabi Sulaiman tetap memohon, “Ya Allah, keberadaan mahluk terkutuk ini tidak ada kebaikan didalamnya”.

Allah berfirman, “Jika iblis ditangkap maka banyak pekerjaan manusia yang akan ditinggalkan. Nabi Sualiman berkata, “Yaa Allah. aku ingin menangkap mahluk terkutuk ini selama beberapa hari saja. Kemudian Allah mengizinkan Nabi Sulaiman untuk menangkap iblis dan memenjarakannya.

Keesokan harinya, Nabi Sulaiman mengutus pekerjanya untuk berjualan tas ke pasar. Namun sesampainya di pasar, ada hal yang tidak biasanya terjadi. Pasar tersebut kosong tanpa penghuni. Semua pedagang menutup dagangan mereka. Pekerjanya lalu memberitahukan hal itu kepada Nabi Sulaiman AS.

Nabi Sulaiman AS,  bertanya :” Apa yang telah terjadi ?”

Pekerjanya menjawab, ” Kami  tidak tahu “.

Pada malam itu, Nabi Sulaiman tidak makan dan hanya minum air saja.  Pada hari berikutnya, anak buah Nabi kembali ke pasar untuk berjualan tas. Namun hal yang sama kembali terjadi. Pasar kosong dan tidak berpenghuni.

Ternyata setelah dicari tahu, manusia lebih banyak memilih menutup pasar. Mereka pergi ke masjid, serta menuju kuburan untuk mengingat  kematian, menangis dan meratap. Mereka sibuk mempersiapkan bekal menuju ke akherat tanpa memperdulikan lagi keindahan duniawi.

Hal ini tentu membuat sang Nabi keheranan. “Apa yang sedang terjadi” pikirnya. Nabi Sulaiman lalu bertanya kepada Allah perihal ini. Kenapa orang-orang tidak bekerja mencari nafkah ?

Kemudian, Allah mewahyukan kepada Nabi Sulaiman, “Wahai Sulaiman, engkau telah menangkap iblis itu, sehingga akibatnya manusia tidak bergairah bekerja mencari nafkah. Bukankan sebelumnya telah Ku-katakan kepadamu bahwa menangkap iblis tidak mendatangkan kebaikan.

Mendengar jawaban Allah SWT, Nabi Sulaiman lalu melepaskan Iblis dan bala tentaranya. Dan benar saja, keesokan harinya pasar kembali ramai. Manusia kembali bersemangat bekerja, berlomba-lomba mencari harta dunia untuk makan dan memenuhi kebutuhannya.

Nah itulah penjelasannya mengapa Allah tetap menciptakan iblis tersebut. Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya sendiri-sendiri, Jadi janganlah kalian berprasangka buruk terhadap ciptaan Allah, meksi dia kita anggap tidak berguna sekalipun. Karena Allah lah yang maha tahu apa yang Dia ciptakan.

Subhanallah…

Semoga bermanfaat

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Post


Bahaya Merokok
Bahaya Merokok

Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Akibat…

4 Misteri Terbesar Yang Belum Terungkap Tentang Indonesia
4 Misteri Terbesar Yang Belum Terungkap Tentang Indonesia

Dalam hubungan dengan bangsa di dunia, Indonesia kadang diremehkan oleh…

Keren, Pengantin dari Kenya Menikah Pakai Tradisi Jawa
Keren, Pengantin dari Kenya Menikah Pakai Tradisi Jawa

  Kalau ada pasangan pengantin di Indonesia menikah menggunakan tata…

Penerimaan Prajurit TNI AD Tahun 2016
Penerimaan Prajurit TNI AD Tahun 2016

Untuk rekan-rekan pemuda pemudi seluruh Indonesia yang berminat untuk menjadi…





Add Comment


Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *