Home  /  Motivasi  / Mensiasati Biaya Kuliah

Mensiasati Biaya Kuliah


Mensiasati Biaya Kuliah

Ujian Nasional SLTA sudah selesai tinggal tunggu hasilnya, setelah itu mau lanjutin ke mana? Mau melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, tentu dananya perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Masalahnya, biaya pendidikan tiap tahun semakin mahal. Perhitungkan biaya lainnya, seperti uang gedung dan buku-buku. Biaya pendidikan ini bukanlah kebutuhan keuangan yang bisa ditunda-tunda.

Salah satu cara mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini adalah dengan membuat rencana biaya. Misalnya dengan cara :

1. Menyisihkan anggaran untuk dana pendidikan setiap bulan. Untuk bentuk simpanan dananya, bisa memilih tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, atau deposito pendidikan. Selain itu bisa dengan berinvestasi, misalnya dengan reksadana. Menabung dalam bentuk emas, tanah dan barang lain yang memiliki nilai jual tinggi juga bisa menjadi salah satu alternatif.

2. Saat memasuki jenjang perguruan tinggi, kita perlu meneliti program pembayaran yang ditawarkan. Sejumlah kampus biasanya memberikan kemudahan pembayaran  biaya perkuliahan dengan cara diangsur. Program pembayaran angsuran ini biasanya memiliki nominal tertentu setiap bulannya. Dengan model angsuran semacam ini, biaya pendidikan terasa lebih ringan.

3. Cara lain untuk meringankan biaya perkuliahan adalah dengan cara mencari beasiswa. Ada beragam jenis beasiswa yang umumnya ditawarkan kampus. Beasiswa tersebut bisa berasal dari dana yang disisihkan oleh kampus, bantuan dari pemerintah, atau pihak swasta. Besarnya relatif dengan mekanisme pemberian bantuan pendidikan yang berbeda-beda.

4. Mencari pekerjaan sampingan atau side job selama tidak mengganggu aktivitas perkuliahan, juga bisa dilakukan. Tak hanya diluar kampus, bahkan kampus sendiri terkadang membuka lowongan pekerjaan untuk mahasiswa. Pekerjaan yang ditawarkan di kampus biasanya adalah asisten dosen atau asisten peneliti.

5. Sejumlah kampus ada yang menawarkan bentuk pinjaman atau student loan. Pinjaman ini wajib dikembalikan setelah mahasiswa lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan. Uang yang dikebalikan ke kampus ini biasanya akan digunakan kampus sebagai bantuan kepada mahasiswa lainnya yang masih menempuh pendidikan. Dana ini bisa berasal dari kampus, pemerintah atau pihak swasta yang bekerja sama dengan kampus.

Ok itu saja semoga bisa jadi Motivasi….

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Post


PSB SMA Kota Tangerang dimulai
PSB SMA Kota Tangerang dimulai

MULAI TADI PAGI TADI TANGGAL 1 SAMPAI DENGAN 3 JULI…

Kisah Guru Bijak dan Sebuah Toples
Kisah Guru Bijak dan Sebuah Toples

Seorang guru yang bijak didatangi banyak murid untuk mendengarkan petuah…

Ada-ada saja, Inilah 10 Hewan Yang Sukses Meraih Gelar Sarjana
Ada-ada saja, Inilah 10 Hewan Yang Sukses Meraih Gelar Sarjana

Pernah dengar belum ada hewan yang mendapat gelar pendidikan, kalau…

Waktu Pendaftaran Seleksi Calon Anggota TNI dan POLRI
Waktu Pendaftaran Seleksi Calon Anggota TNI dan POLRI

Karena banyaknya pertanyaan seputar kapan waktunya pendaftaran seleksi calon anggota…





Add Comment


Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *