«

»

Mar 21

Faktor yang Mempengaruhi Cita-cita

Tulisan kali ini saya melanjutkan tulisam terdahulu dimana citacita yang  mulai di semai sejak kecil akan tumbuh dan memetik hasilnya setelah besar nanti. Tulisan ini berdasarkan pengamatan saya bukan dari pendapat orang ataupun dari membaca buku, apabila ada ketidaksamaan pendapat mohon di persorry. Setidak-tidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi tercapainya cita-cita, faktor tersebut antara lain:

1. Faktor Keluarga
Disinilah awal tumbuhnya cita-cita seorang anak, orang tua sudah mulai menanamkan benih cita-cita untuk memotivasi anaknya,cita-cita sementara masih keinginan orang tua belum dari keinginana seorang anak, seiring bertambahnya usia si anak, karena faktor di atas akan tetap konsisten dengan cita-cita semula, atau melenceng dari cita-cita awal, misal seorang anak dari keluarga guru kebanyakan bercita- cita menjadi guru, pedagang,petani,tentara,dokter,pengusaha,dll, kalau toh nantinya cita-citanya berubah setelah besar itu ada penyebab yg lain, yang pasti sebagai langkah awal seorang anak akan melihat orang tua sebagai figur,sosok nyata yang di pakai sebagai panutan,  tidak ada anak yang salah yang salah adalah orang tuanya, jika kita sebagai orang tua tidak bisa di jadikan sebagai panutan, seorang anak pasti akan mencari sosok lain yang di rasanya cocok dan dapat di pakai sebagai panutan.Ingat anak adalah cerminan dari kita sebagai seorang ayah atau Ibu.oleh karena itu sudah sewajarnyalah kita sebagai orang tua bisa menjadi contoh panutan terbaik bagi anak-anak kita. 2. Faktor Lingkungan
Dimana kita tinggal,dimana anak kita bersekolah,dengan siapa anak kita bergaul akan berpengaruh terhadap perkembangan cita-cita seorang anak,dunia berubah lingkungan pun akan terus berubah, semuanya akan mempengaruhi perkembangan  anak-anak kita, dia akan semakin kritis, kita sebagai orang tua harus menyikapi secara bijaksana,terbukalah terhadap anak, ada waktu kapan kita tegas dan kapan kita bersikap seperti seorang kawan terhadap anak, tanyakan keperluan anak, beri perhatian, tanyaakan sepulang sekolah apa yang di dapatnya hari ini dengan bijak, bukan berarti kita protect, kita tidak  inginkan meninggalkan penerus hanya menjadi beban Negara?

3.Faktor Minat
Faktor ini tidak kalah penting dalam perannya mengantarkan sorang anak mencapai cita-citanya, biarkan seorang anak menemukan minatnya dalam pengembangan diri kedepan,tanyakan apa keinginan dalam hatinya, support dari orang tua sungguh sangat-sangat di perlukan, bimbing, yakinkan pada dirinya bahwa dia akan mencapai apa yang di inginkannya, jangan patahkan semangatnya, beri gambaran yang jelas sehingga lambat laun akan tertanam pada pikirannya,Insya Alloh akan tercapai cita-citanya.

4. Faktor Uang
Bagi orang yang cukup materi mungkin ini bukan permasalahan yang besar, tapi bagi orang kebanyakan pasti akan menjadi masalah besar, sebagai contoh untuk biaya masuk kuliah anak, orang tua terpaksa berurusan dengan pihak Bank ( ngertikan maksudnya ) jual tanah, gadaiakan barang berharga dll, itulah salah satu wujud tanggung jawab orang tua, nah bagaimana jika tidak punya Skep untuk di sekolah kan di BRI ( istilah saya untuk pinjam uang di Bank dengan agunan Skep penggangkatan pegawai ) tanah, barang berharga dll ada caranya? cari tambahan penghasilan, menabung,ikut asuransi,cari beasiswa, cari sekolah yg bersifat kedinasan atau apalah, buat inovasi saya yakin otak kita akan berpikir kalau sdh kepepet, tul nggak?

5. Faktor Doa
Wow doa penting bos, biar kita nggak takabur dan selalu bersyukur caranya? nggak usah di jelasin deh saya yakin anda lebih ngerti daripada saya.
Demikianlah kata sambutan dari saya ( emang ada acara apa sih?) semoga bermanfaat dan mari kita sama-sama membuat penerus kita tidak menjadi beban Negara, amin….



Artikel Terkait

Fan Page Cita-citaku Tetap Semangat kali ini saya mau ngasih info kalau blog cita-citaku com sekarang sdh ada Fan Page nya Tujuannya sih nggak muluk-muluk barangkali di page tersebut kita bisa saling ngasih informasi sharing bertanya saling memberi semangat saling mendoakan pokoknya apa saja yang penting untuk arah kebaikan Siapa yang boleh bergabung...


Incoming search terms:

  • faktor yang mempengaruhi cita-cita
  • faktor-faktor yang mempengaruhi cita-cita
  • faktor yang mempengaruhi cita cita
  • contoh puisi cita cita menjadi guru
  • faktor cita-cita

1 comment

  1. faiz

    Keep on going bro, ayo kita tunggu artikel2 lainnya………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>