Home  /  Motivasi  / Cara Membangkitkan Rasa Percaya Diri

Cara Membangkitkan Rasa Percaya Diri


Cara Membangkitkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan kepercayaan diri atau berupaya membangun kepercayaan diri seseorang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah atau gampang untuk dilakukan. Bila seseorang ingin membangun rasa kepercayaan dirinya, coba mulai dengan budayakan sikap yang baik. Belajar untuk membuang semua pikiran negatif yang senantiasa berpusat pada pemikiran sendiri dan belajar untuk menempatkan pikiran positif dengan menerima masukan maupun nasehat yang membangun dari luar. Sebagian besar manusia di dunia ini telah mengetahui kemampuan dan talenta yang dimiliki dan bahkan tidak sedikit yang berbangga dengan kelebihannya masing-masing.

Hal semacam ini sebenarnya ada segi positifnya juga karena secara tidak langsung telah membuat seseorang menjadi penuh percaya diri dan bahkan yang over dosis. Nah bagi sebagian orang yang belum memiliki kemampuan percaya diri yang tinggi, hal ini justru menjadi titik balik dari krisis kepercayaan yang terjadi baginya. Oleh karena itu, penulis berupaya untuk memberikan sedikit tips dan gambaran maupun bebarapa kiat yang dapat dilakukan untuk membangkitkan kepercayaan diri bagi setiap orang yang bermasalah dengan aktualisasi pengembangan jati diri dan kepercayaan dirinya.

Faktor terpenting bagi seseorang yang mengalami krisis kepercayaan diri adalah belajar bagaimana mengatasi emosi yang selalu menguasai jalan pikiran. Apabila seseorang sudah mampu menguasai jalan pikiran dan bisa mengontrolnya dengan baik serta sudah mulai merasa nyaman tanpa disertai dengan adanya perasaan takut, maka langkah selanjutnya adalah mencoba berusaha untuk berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Karena dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain apalagi orang tersebut lebih mampu dari kita dalam berbagai hal, maka di sinilah akan menjadi titik awal munculnya krisis kepercayaan diri seseorang.

Memang disadari bahwa, sangatlah membutuhkan waktu serta ekstra kerja keras untuk berusaha membuang pikiran negatif dari dalam diri kita dan merubahnya menjadi pemikiran yang positif. Tetapi yang akan ditekankan disini bahwa anda harus berani dan bangkit dengan mempertaruhkan semua resiko demi membangun krisis kepercayaan diri anda, jangan pernah mau kalah atau menyerah terhadap nasib baik maupun kesuksesan yang dimiliki oleh orang lain, dan anda hanya bisa menontonnya dengan berlinang air mata sambil berkata “memang sudah nasibnya kalo dia sukses” padahal anda sendiri juga mampu dan bahkan bisa melebihi orang tersebut.

Berdasarkan hal di atas ada beberapa hal yang bisa disampaikan terkait tentang kiat-kiat untuk membangkitkan potensi rasa percaya diri seseorang, antara lain:

1. Budayakan sikap dan perilaku yang baik.

Buang jauh-jauh pikiran negatif yang dapat menguasai pribadi kita. Mungkin terdengar seperti ini “aku tak bisa melakukan itu,” “aku ragu akan hal tersebut, dia nggak akan mempercayaiku”, tak ada yang mau mendengar apa yang kukatakan” dan lain-lain. Semua kata-kata pesimis di atas sangat tidak membantu dan akan berpengaruh besar dalam usaha kita untuk mencapai kepercayaan diri secara optimal.

2. Pengalaman adalah guru yang berharga.

Cobalah ambil dari pengalaman – pengalaman berharga dalam kehidupan pribadi anda dan  belajar untuk bagaimana berani menetapkan tujuan dan mengambil risiko. Coba untuk sedikit merenung sejenak, ambil waktu untuk berpikir tentang apa saja peranan dan pekerjaan orang lain dalam kehidupan anda yang dirasakan benar-benar membuat kehidupan anda menjadi benar-benar berarti, sehingga mampu membuat anda untuk berani lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang mendukung dan membangkitkan semangat anda.

3. Berani untuk menghapus pikiran negatif.

Upayakan untuk membuang segala kekurangan anda yang bahkan telah tertanam dan menjadi memori atau kenangan-kenangan negatif dalam kehidupan anda. Hindari hal-hal yang sekiranya lebih banyak menghabiskan waktu dan dapat membuat anda merasa tidak nyaman dengan keberaadan diri anda saat ini. Mungkin ini kenangan pahit dari masa lalu, contoh : pakaian yang tidak lagi cocok , tempat yang tidak cocok, suasana yang tidak mendukung yang kesemuanya itu  sangat menghambat usaha anda untuk membangun  tingkat kepercayaan diri. Meskipun saat ini anda mungkin tidak dapat menyingkirkan setiap kenangan yang menjadi sumber negatif dalam kehidupan anda, langkah tepat yang bisa anda ambil adalah dengan mencoba menguji satu persatu semua faktor negatif yang sudah bisa anda kenali dalam kepribadian anda. Mulailah satu persatu permasalahan tersebut diuji untuk diatasi, memang proses Ini akan melewati jalan yang panjang untuk membangunan kepercayaan diri anda. Tetapi hal ini adalah perintang utama bagi anda untuk lulus dalam tes membangun kepercayaan diri secara optimal. Anda bisa juga mengambil waktu untuk duduk dan berpikir tentang semua hal yang juga berperan penting dalam membangun kepercayaan diri anda apakah selama ini naik atau turun, mulai dari artinya pertemanan, karir dalam pekerjaan, hingga  menghadapi situasi hidup yang sangat kompleks dengan berbagai kebutuhan dan permasalahannya.

4. Kenali lebih dekat bakat dan talenta yang dimilki.

Semua orang pasti memilki bakat dan talentanya masing-masing. Selanjutnya tergantung kita mau memanfaatkan, mengembangkan atau bahkan sama sekali tidak tergali dengan baik. Banyak hal seseorang mengaktualisasikan bakat yang terkandung dalam dirinya, bisa melalui seni, musik, menulis, atau menari atau bahkan kegiatan yang lain, kaitannya dengan proses membangkitkan kepercayan diri, anda bisa mencoba menemukan sesuatu yang dapat dinikmati melalui bakat dan minat seperti halnya menyetarakan hobi dan kepentingan untuk menyemangati hidup anda, karena dengan mengaktualisasikan hobi, anda tidak hanya membangun kepercayaan diri anda, tetapi justru akan meningkatkan kegairahan dan semangat hidup. Dan apabila anda telah ikut bergairah, adalah merupakan suatu efek terapi yang tepat, unik dan tercapai, yang mana semuanya itu dapat membantu anda membangun rasa kepercayaan diri anda .

5. Latih diri untuk siap menerima pujian.

Banyak di antara kita yang berkutat dengan permasalahan atau krisis kepercayan diri, biasanya selalu menghadapi kesulitan untuk menerima pujian atau dipuji oleh orang lain, mereka selalu berpikir bahwa pujian yang tulus dari orang lain atau teman bahkan saudara merupakan suatu penghinaan yang sangat memalukan. Jika anda ingin bangkit dan membangun rasa percaya diri anda maka mulailah untuk menemukan diri anda dan segera tanggapi pujian yang sudah ada di depan mata sebagai cambuk untuk berbuat yang lebih dan lebih lagi. Sehingga adrenalin darah yang terbawa dari jantung ke seluruh tubuh akan merespon secara positif. Dan anda akan mulai terbiasa dalam mengalahkan segala krisis kurang percaya diri tersebut perlahan-lahan dan pasti. Cukup anda katakan terima kasih dan biarkan orang lain yang memberikan pujian tahu bahwa anda sangat menghargai dan senang dengan pujian mereka. Biarkan hal ini berproses secara alami hingga mencapai titik di mana anda akan mendapat kesempatan untuk benar-benar siap dalam menerima pujian dalam hati tanpa ada perasaan takut atau bersalah, dan selanjutnya anda akan menambahkan pujian sebagai salah satu atribut penting  bagi diri anda dalam upaya membangkitkan kepercayaan diri.

Demikian beberapa kiat atau tips-tips yang tidak ada salahnya untuk anda coba bagi siapa saja yang merasa bermasalah dengan kepercayaan dirinya, satu hal yang ingin disampaikan adalah. “JANGAN MALU UNTUK MENJADI DIRI ANDA SENDIRI.” Karena seburuk-buruknya anda, suka maupun tidak suka, anda adalah makhluk yang sangat dicintai oleh Tuhan Yang Maha Esa terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki. Salam.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Post


10 Orang Sukses Tanpa Pendidikan yang Tinggi
10 Orang Sukses Tanpa Pendidikan yang Tinggi

Sering kali orang tua selalu mengingatkan dan menasehati serta menyuruh…

11 Kata-kata Mutiara Bob Sadino Yang Terkenal
11 Kata-kata Mutiara Bob Sadino Yang Terkenal

Pasti sudah tahu kan siapa itu Almarhum Bambang Mustari sadino…

Wow ! Ternyata Anak Perempuan Pertama Cenderung Akan Menjadi Orang Yang Sukses
Wow ! Ternyata Anak Perempuan Pertama Cenderung Akan Menjadi Orang Yang Sukses

Kamu menjadi anak pertama alias si sulung dari sebuah keluarga…

Tempat Mendaftar Akpol,Akmil
Tempat Mendaftar Akpol,Akmil

Tak di sangka artikel kecil saya pada blog cita-citaku.com ini…





Add Comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *