«

»

Jun 04

Cara Cepat Untuk Bisa Pull ups,Push ups dan Sit ups

Tulisan kali ini saya mau memberikan tips atau cara agar kita bisa dapat Pull Ups,Sit ups dan Pus ups dengan cepat. Sebagaimana kita ketahui ketiga kegiatan jasmani tersebut menjadi suatu momok atau hal yang menakutkan ketika kita akan mengikuti suatu seleksi  Sekolah atau Pendidikan seperti daftar Tentara,Kepolisian,Pelayaran,STPDN dll,yang mana kegiatan tersebut termasuk dalam kategori pengetesan di samping tes-tes lain tentunya, semisal Tes Kesehatan,Akademik Psikologi dlll.

Karena banyaknya pertanyaan  dari tulisan saya terdahulu tentang Cara mendaftar Akpol/Akmil, yang bertanya cara/Tips bagaimana kita bisa cepat untuk Pull Ups,Sit ups dan Pus ups, sehingga ketika kita saat tes nanti sesuai atau mendapat nilai yang diharapkan. Karena untuk dapat nilai bagus tidak instan perlu adanya persiapan.

Sebagai gambaran untuk Nilai kegiatan tersebut adalah

* Lari 12 menit     3507 meter        nilai 100
* Pull Ups            18 kali (1menit)  nilai 100
* Sit Ups              45 kali (1menit)  nilai 100
* Pus Ups           43 kali (1menit)  nilai 100
* Sutle Run’s  6X10M (3x) 15″,9    nilai 100
* Renang 50 M    waktu 45″           nilai 100

Untuk tes tersebut biasa di sebut tes kesegaran jasmani atau tes kesamaptaan jasmani yang terdiri dari beberapa item yaitu :

> Samapta A = Lari selama 12 menit mendapat berapa Meter (tes yang baru lari 3200 M dapat di tempuh berapa menit, yang ini mungkin hanya baru dilingkungan TNI AD saja yang melaksanakan ).

> Samapta B = Terdiri dari Pull Ups, Sit Ups, Pus Ups dan Sutle Runs.

> Berenang = Berenang jarak 50 M.

> Postur Tubuh.

Semua nilai tersebut nantinya dilihat dari Tabel nilai tiap-tiap item, nah jika nanti saat tes kita mendapat sesuai nilai hal tersebut di atas alangkah senangnya paling tidak kita mendekati perolehan angka nilai tersebut di atas.

Ok nggak perlu panjang lebar lagi, ini tips nya

 1. Samapta A
yaitu lari selama 12 menit/lari 3200 m
Tips yang ini dari saya sudah pasti kita harus banyak latihan lari, kita nggak bisa lari di tempat ya…
untuk tes nya nanti yang dinilai bukan hanya ketahanan lari lho, tapi juga kecepatan, kalau hanya ketahanan lari semua orang pasti bisa,ntar lari selama 12 menit cuma dapat 2000 meter atau lari 3200 meter bisa-bisa seharian, nanti kita bisa dapat nilai jeblok.

cari tempat bisa di lintasan lari, lapangan bola, di jalanan, atau apalah yang penting bisa untuk lari. Kalau dulu saya lari mengelilingi kampung saya sambil diteriaki “maling-maling” biar larinya cepat hehehe ( becanda.com).
Lakukan minimal semingu 2 X waktu bisa pagi,siang,sore, pakaian kaos katun yang bisa nyerap keringat, ada yang bilang pakai jas hujan yang biasa untuk naik motor bagus untuk lari, kenyataannya kata dokter pakaian itu tidak bagus buat kegiatan berolah raga karena tidak menyerap keringat sehingga keringat tertahan di dalam baju sehingga suhu dari luar tidak bisa masuk ke tubuh kita akibatnya antara suhu luar dan suhu dalam ada perbedaan mencolok,  apa akibatnya… coba saja bila mesin mobil tidak ada air radiator/air radiatornya rusak apa yang terjadi… ok lanjut
Lakukan latihan bertingkat dan berlanjut misal jika kita latihan lari panjangnya 3200 meter kalau lintasannya 320 meter berarti larinya 10 keliling, latihan awal dapat di capai selama 30 menit pertahankan dan minggu depan tingkatkan menjadi 29 menit, minggu depannya lagi 28 menit, minggu berikutnya lagi  27 menit dst.
Batas maksimal lari 3200 meter adalah 10 menit 57 detik dapat nilai 100. Jangan lupa pakai Stop Watch, kalau kamu dapat mencapai itu wow kamu hebat, tapi ingat kita latihan lari bukan ingin jadi Atlit lari, perhatikan kondisi tubuh kamu, kalau sakit jangan dipaksa istirahat dulu, tujuan kita melatih otot kaki, jantung dan paru-paru. Berdasarkan pengalaman jarang ada yang mampu melaksanakan samapta A mendapatkan nilai 100 kecuali orang tersebut memang sudah terbina dengan latihan yang lama dan panjang, jika kita serius dan rutin melaksanakan latihan, lari 3200 meter selama 13 menit insya alloh tercapai, syukur-syukur bisa sampai 12/11 menit kamu hebat niali 85 sudah di tangan. Memang kalau dibayangkan kelihatannya mudah pada prakteknya coba saja sendiri, lebih bagus lagi kamu punya Instruktur atau ada teman kamu untuk  latihan bareng.

2. Samapta B
Terdiri dari Pull ups, Sit Ups, Pus Ups dan Suttle Runs ( yang ini otomatis sudah di latih latihan di atas)
dari 4 kegiatan tersebut yang paling jadi masalah adalah Pul Ups, berat bisa pul Ups sampai 18 Kali untuk dapat nilai 100 kecuali atlit senam kali ye, kalau Sit Ups dan Pus Ups pasti bisa dapat nilai 100. Begini cara yang saya lakukan :
* Pergi ke tempat GYM/Fitnes ini perlu modal ya, daftar jadi member jadi kita bisa puas latihannya
Biasanya saat mulai latihan ntar ada Instrukturnya sampaikan maksudnya  nggak usah malu-malu, kita mau latihan di sini bukan pengen jadi seperti OM Ade Rai tapi pengen bisa Pull Ups, Sit Ups dan Pus Ups, nanti Instruktur akan ngasih tahu latihan beban mana yang cocok untuk ngencengin otot Bisep,Trisep,bahu dan otot perut, Instruktur sementara waktu sebelum kita latihan sendiri akan mendampingi dan ngasih contoh latihan yang baik dan benar, latihan terus sampai nilai yang di inginkan tercapai.
* Latihan ini nggak pakai modal uang hanya modal kemauan dan semangat yang tinggi, Sehabis sholat 5 waktu sempatkan latihan ini jangan langsung ngacir..cir
Latihlah pus ups dan sit ups, awal mampu 20 Kali, minggu depan 22 kali, minggu berikutnya 23 kali, dst sampai mampu sit ups 45 kali dan Pus Ups 43 kali,  coba bayangkan tanpa terasa kita dalam sehari latihan 5 kali  dikali seminggu kita sdh latihan sebanyak 35 kali, kalau itu dilaksanakan secara rutin target pasti tercapai, kalau mau tambahan buat barbel dari besi bekas paralon,kaleng biscuit dan adukan semen.
Lalu kapan kita latihan Pull Ups nya, sarana nya mana, kan kita perlu tiang untuk bergelantungan, kalau ada dananya buat tiang pull ups di halaman rumah setinngi 2 meter cor bawahnya pakai adukan semen, modal lagi dong ?  ya habis bagaimana lagi kita perlu tiang untuk latihannya, biar murah cari besi bekas di tukang orang jual beli besi bekas, atau bagaimanalah kreativitas kamu, kalau nggak pengen modal untuk latihan pull ups kamu bisa latihan di kusen pintu rumah kamu (ini serius) ntar kan bapak kamu negor trus di buatin deh tiang pull ups sm bapak kamu.( seperti saya dulu)
Latihannya sama,awal dapat 4, terus sehabis Sholat selama seminngu agar otot lengan dan bahu terbiasa, minggu depan tingkatkan 5,minggu berikutnya 6 dst sampai target tercapai misal 18 kamu hebat, kamu bisa 12 saja sudah bagus nilai 70 sudah di tangan lebih banyak lebih bagus.
Perhatian : Lakukan dengan benar artinya pada saat pul ups yang bergerak hanya tangan saja tidak anggota tubuh lain geol-geol seperti cacing kepanasan.
sebab nanti percuma pada saat tes sudah cape-cape nggak di hitung dapaet nilai jeblok rugikan?

3. Berenang
Kalau yang ini saya nggak bisa komentar banyak, kalau mau bisa berenang ya harus sering-sering main air alias pergi ke kali,danau atau kolam berenang untuk latihan.

4. Postur Tubuh
Kalau yang ini berkaitan dengan tinggi badan dan berat badan kamu, jangan terlalu banyak makan ya biar nggak gemuk dan jangan jarang makan ya biar nggak kekurusan, makan yang normal saja, biasanya kalu kamu rajin berolah raga seperti latihan di atas kelebihan enegi kamu kepakai, tapi untuk yang jarang olah raga apalagi tidak sama sekali kelebihan energi kamu numpuk jadi lemak di tubuh kamu.
Agar kamu bisa kira-kira berat ideal, antara tinggi badan dan berat badan saya kasih tahu rumusnya
Berat Ideal = (TB-100)x90%    (TB=Tinggi Badan)
misal TB=167
Berat Ideal=(167-100)=67×90%
Berat Ideal= 60,3 kg

Dah sampai sini dulu aja mata sudah cape mantengin komputer terus, latihlah secara serius dan rutin,untuk hasil yang sempurna  tidak ada yang datang secara Instan, kecuali beli susu instan kaleng.Mohon maaf bila ada kekeliruan, saran dan masukan sangat diharapkan.

catatan :
Tabel Nilai samapta nanti akan saya Upload, kalau ngetik ulang cape soalnya banyak bener, saya sedang cari pinjaman Scaner dulu yaaa…

seleksitnipolri.com



Artikel Terkait

Tips Mendaftar Akpol,Akmil Musim kelulusan sekolah sudah tiba khususnya kelulusan SLTA bingung setelah lulus mau melanjutkan kemana menggelayuti hampir setengah lulusan SLTA untuk anak yang orang tuanya mampu tidak akan jadi masalah tinggal pilih saja mau kuliah di mana tapi untuk anak yang orang tua nya biasa-biasa saja bagaimana hasarat hati ingin kuliah...


Incoming search terms:

  • cara pull up
  • cara pull up yang benar
  • Cara push up yang benar
  • latihan pull up
  • cara agar bisa pull up

144 comments

Skip to comment form

  1. dd

    kalau lari cuma dpt 1800m. . lolos gak pak??

    1. Ardo

      @dd
      Mas dd sebenarnya kalau mau seleksi hrs mempersiapkan diri jauh2 hari, dan saat tes hrs dapat nilai setinggi-tingginya
      jangan dengar apa kt orang “nggak apa2 nilai minimal segini” ingat ini seleksi, kalau dapat nilai tinggi kita aman, sebaliknya kalau dapat
      nilai pas-pasan/minimal posisi kita terancam.
      bgmn dg samapta B kalau di gabung dg lari 1800 (samapta A) nilai totalnya berapa?
      utk larinya usahakan tambah minimal 966m lagi biar dapat nilai 61, bisa nggak?

  2. mademanik

    Nice info gan, ada nomer hp g gan? Barngkali bs tanya2, klo berkenan kirim ke email ane gan,… makasi

    1. Ardo

      @mademanik
      maaf sy belum siap jd Konsultan via tlp hehehe
      trims sdh mampir

  3. meiko prayoga

    infonya 100% Mantep,

    makasih bnyk ya gan,,,,

  4. saeful anwar

    mas saya umur 16 kelas2,kalau badan kecil gak lebar tapi tinggi,itu akan berpengaruh gak? Terima kasih

    1. Ardo

      @saeful anwar
      Kalau latihan rutin malah nanti hasilnya bagus, badan kelihatan jadi lebar
      krn otot dada dan lengan jadi berisi

  5. Harmoko

    Maaf mas sya boleh nanya,klo masuk ke polisi/tni/akmil itu ada test psikologi nya?klo boleh tau test nya kya gmn,kta tmen ku test nya beda kya test pada umumnya

    1. Ardo

      @Harmoko
      Tes Psi daftar tni/polri
      Kecerdasan : Penalaran,analogi,numerik,verbal
      Kepribadian :Wartegg tes,Dap tes (gambar orang)Baum tree (gambar pohon),gambar rumah dan tes pauli

  6. nero

    mas saya mau tanya kalau wajah berjerawat
    apakah berpengaruh dengan tes polisi?

    1. Ardo

      @nero
      tdk masalah, bukan penyakit berbahaya, lanjutkan

  7. nero

    mas klau wajah berjerawat bisa gak ikut tes polisi dengan tentara ??

    1. Ardo

      @nero
      Lanjut bukan penyakit berbahaya

  8. anggun

    mas klo buat cwe untuk dftar tentar atau polisi harus bisa pull up juga ? mohon infonya terimaksih

    1. Ardo

      @anggun
      Tetap ada namanya Chinning, gerakannya berbeda dengan Pull Ups untuk Pria

  9. adi darmawan

    #adismarter!!! Bang mau nanya neeh,,, untuk samapta pelayaram sama kaga dengan tni / polri, terus ada apa aja test untuk seleksi masuk akademi maritim atau pelayaran…. Monggoooooo

    1. Ardo

      @adi darmawan
      Salah kamar mas, tes-tes seleksi selain TNI/Polri saya tdk tahu
      tapi terima kasih sudah berkunjung, mungkin bisa cari di blog lain…..Monggoooooo

  10. vicki

    mau tanya mas
    kalau punya penyakit amandel apa bisa untuk jadi polisi atau malahan daftar saja tidak boleh?
    dan saya dengar masuk polisi harus memiliki modal yg besar juga ya?
    tolong bantuannya

    1. Ardo

      @vicki
      Amandelnya di sembuhin dulu sebelum daftar
      Kata siapa ? masa sih orang banyak duit, mau ngatur lalu lintas, panasan dan kehujanan
      (Pesimis awal dari kegagalan)

  11. dian

    mas mau tanya kalo TNI AL tes larinya juga 3200m kah?? Terima kasih

    1. Ardo

      @ dian
      Utk tes Jasmani semua jajaran TNI sama
      Lari 3200m baru organik AD saja
      tapi utk werping masih lari selama 12 menit

  12. dian

    nah kalau tes AL gaya renang itu harus menguasai semua gaya atau ada gaya tertenttu mas.
    Makasih mas

    1. Ardo

      @dian
      utk tes seleksi bebas mau pakai gaya apa aja (kecuali gaya batu ya)
      tapi diutamakan gaya katak

  13. Baskoro

    Bang, kesehatan syarat gmn selain amandel, mata minus, varises, gigi lobang ?? Selain itu ada lagi gak bang ?? Trus mata minus bisa di obatin kan bang ?
    Makasih.

    1. Ardo

      @Baskoro
      diantaranya :
      Hamil.
      Kondisi Hati tidak sehat.
      Leukimia.
      Kencing manis.
      Kolesterol dan asam urat tinggi.
      Mata juling.
      Buta warna.
      Mata minus/plus/silindris disalah satu atau kedua mata.
      Memiliki tatto atau telinga ditindik.
      Mengalami gangguan pendengaran.
      Tekanan darah melebihi 135/95 Mmhg
      dll
      Coba konsultasikan ke dokter mata ya

  14. rikki

    pak apa kah kaki bengkok dapat lulus tes akpol atau secaba polri?
    Dan apa solusi nya pak.
    Trima kash.

    1. Ardo

      @ rikki
      bengkoknya klau masih batas kewajaran masih bisa
      tapi kalau terlihat mencolok biasanya tdk lulus mas pada saat tes kesehatan/Postur
      Solusinya ganti cita-citanya ya

  15. rikki

    hahaha.
    Jdi pak gimana cara ngukurnya pak.?
    Pak bsa minta no hp atw apa lh pak.
    Biar lebih leluasa nanyak nya pak.

    1. Ardo

      @rikki
      Ada tabel nilainya

  16. rikki

    pak apa aja tingkatan2 untk mendaftar polri.
    Dan kalau dari secaba bsa gag jdi kapolsek atw kapolres ?

    1. Ardo

      @rikki
      salah kamar, pindahin koment nya ke cara Mendaftar Akpol, Akmil ya

  17. lilo

    Mau tanya . Saat sit up nanti ada yg megang kaki nya ga ? Thx

    1. Ardo

      @lilo
      Tergantung yang ngetes
      untuk standar Sit Ups di atas meja tempat sit ups dan ada tiang kecil utk mengaitkan kaki

  18. ridho

    terima kasih gan atas info nya , sangat membantu . Ane mw berusaha utk mengejar cita” ane seperti ortu ane , yaitu polisi , amin :) tp ortu ane tentara :D hehehe

    1. Ardo

      @ridho
      Kalau Ortu Tentara coba di tanyain pasti tahu

  19. Emilia

    Saya mau tanya kalau tulang rusuk bagian belakang apakah berpengaruh tidak lolos tes kesehatan, kemarin gagal di test kesehatan dua? Terimakasih pak

    1. Ardo

      @Emilia
      Tulang rusuk, tulang punggung,tulang lengan dll,semua berpengaruh pada tes seleksi kesehatan maupun Postur
      gagal pada saat tes kesehatan dua coba cari tahu dibagian apanya

  20. jesen

    bang ardo..
    saya lulusan smk otomotif tahun 2010 skrg kuliah lulusan falkutas ekonomi.
    umur masih 21 tahun.
    lebih baik mendaftar dengan ijasah smk apa ijasah kuliah?
    dan saya ingin tahu tabel nilai yang di test kan apakah boleh?
    maaf kalau banyak tanya dan makasih.

    1. Ardo

      @jesen
      Tergantung mau daftar apa ?
      Jika dilihat lulusan nya kesempatan hanya utk daftar PA PK dan Secaba
      PA PK bisa pakai ijazah Sarjana, Secaba bisa pakai SMK
      Tabel Nilai Samapta ? ntar Member di seleksitnipolri.com pada protes hehehe

  21. Bilawal

    makasih infonya mas, baru kelas 3 smp nih mau liat liat tes tes yang ada di sleksi buat masuk akmil, langsung saya praktekin deh besok hehehe sekali lagi makasih ya min :D

  22. aswinalfahmi

    Mau nanyak mas
    Kalok bekaas tindik tapi uda di oprasi dan bekas oprasi’na belum hilang, apa itu jadi masalah mas kalok buat tes TNI.
    Mohon di bantu ya mas

    1. Ardo

      @aswinalfahmi
      Maaf ya
      Adanya lubang di telinga (Tindik) untuk laki-laki
      sangat tidak ditolerir untuk menjadi calon prajurit
      TNI/POLRI walaupun sudah dioperasi akan tetap terlihat
      atau terasa apabila diraba (kecuali karena kecelakaan). Hal
      ini karena menyangkut moral dan mental.

  23. Nicko Pratama

    Mas saya mau nanya kalau luka bekas kena knalpot motor itu bermasalah gak sih ?

    1. Ardo

      @ Nicko Pratama
      Bekas knalpot tdk masalah silakan lanjut daftar

  24. wahid

    ap kabar bang !!??
    Cman mau tanya aja, kalu tangan.a bekas jatuh truss bengkok di bagian siku.a( sengko ) apa bisa di toleransi ?
    mksih.

    1. Ardo

      @wawid
      Karena sifatnya seleksi,nanti akan gagal kalah sama rekan yang tangannya sempurna

  25. Andrian

    Assallam’mualaikum mas
    q mau tanya gimana berat badan 51 dan tinggi 65 umur 18 apakah q bisa mengikuti seleksi atau kah tidak

    1. Ardo

      @adrian
      165- 100 = 65x 90% = 58,5 Kg
      toleransi ditambah/dikurangi 6 kg
      BB normal dg tinggi 165 adalah antara 52,5 kg s/d 64,5 kg

  26. ivan

    Pak klo amandel nya kecil sembuh sih itu bisa mengikuti ga pak trima kasih

    1. Ardo

      @ivan
      Lebih baik utk memastikan coba cek ke dokter
      jika sdh sembuh silakan mendaftar

  27. abima

    misi bang ardo,,ane mau tanya,,gigi ane gigi sambungan tpi udh permanen dan kuat dulu hbs jatuh putus setengah,,,trus di kaki ada bekas jahitan jatuh,,,apa itu bisa lulus masuk tes TNI

    1. Ardo

      @abima
      Silakan lanjut, masih ada kesempatan utk ikut seleksi masuk TNI

  28. abang

    bang kalau tes tulang yang dapat menggagalkan apa aja sih?

    1. Ardo

      @abang
      Ya semua bagian tulang dari kepala, pundak,punggung,rusuk,dada,paha,betis,kaki dll
      tdk boleh bengkok baik bawaan lahir ataupun krn kecelakaan

  29. heri

    Bang bener-bener membantu sekali…! terima kasih banyak atas informasinya gold. Saya mau tanya bang, untuk mencapai 3200M dalam 12 menit butuh latihan berapa lama? maaf agak lancang, kalau tidak merepotkan saya minta saran program latihannya bang untuk 3200M. Terima kasih banyak atas segala bentuk replynya.

    1. Ardo

      @ heri
      Intinya harus sering latihan, utk tips saya rasa sudah cukup di artikel tersebut
      untuk saran program wow agak ribet harus buat tabel, tidak bisa sembarangan,harus di sesuaikan kondisi fisik,kesehatan,umur orang tsb
      mas nya bisa gunakan tips tsb krn yg tahu kondisi mas ya mas nya sendiri

  30. ivan

    Trus pak klo kakisedikit o bagaimana apakah ad toleransinnya

    1. Ardo

      @ivan
      toleransinya kalau tdk mencolok kelihatan masih bisa

  31. bayu pratama

    bang,kalau ngak bisa berenang saja,yang lain bisa gimana?

    1. Ardo

      @ bayu pratama
      Ya harus bisa berenang, kalau tidak bisa berenang pasti kelaut, tidak pakai acara yang lain bisa
      Ingat ini Seleksi brother
      selagi masih ada waktu latihan Renang ya

  32. robby

    mas, ,mau tanya kalo ada gigi gingsul gimana bisa ikut seleksi polisi or tni gak ?
    makasih

    1. Ardo

      @robby
      masih bisa,jangan ragu silakan daftar seleksi TNI Polri

  33. D P M

    kpn pendaftaran bintara?,saya kurang pul up,push up selalu sedikit :)

    1. Ardo

      @DPM
      Bintara apa ya ? silakan baca artikel terbaru saya “Waktu Pendaftaran Calon Anggota TNI dan POLRI”
      Kurang pull ups, sit Ups ? ya harus action perbanyak latihan, tidak akan bertambah kalau hanya di pikir saja

  34. Hesti

    Mas, polri ada tes akademiknya gak? Tentang apa aja (jangan-jangan ada toefl juga)? Kalau lari 12 menit perempuan minimalnya berapa ya mas? Makasih.

    1. Ardo

      @hesti
      Semua seleksi ada tes akademiknya cuma tingkatan materinya sj yg beda
      Tes toefl klau ada jangan takut memangnya anak lulusan SMA toefl nya bagus2 paling rata2 sj
      Utk Seleksi Garjas lari 12 menit tdk ada batas minimal hrs dapat nilai sebagus-bagusnya INGAT INI SELEKSI!

  35. deni

    saya masih 16 th mas ,tpi prnah merokok
    Apakah msih bisa msuk TNI ?
    Dan bgaimana tips agar bkas mrokoknya hilang ?

    1. Ardo

      @deni
      Masih bisa utk daftar TNI
      Tips nya cm satu STOP MEROKOK nanti lama2 bekasnya hilang

  36. Novebda

    Mas, saya sepertinya tubuh saya ideal nggak gendut dan nggak kurus,, tapi berat saya 75 kg dan tinggi saya 169 cm, kata temen saya itu tulang nya yang berat. apakah itu bisa ditolerir sebagai berat ideal??

    1. Ardo

      @Novebda
      Rumus ideal (TB-100)x 90%
      (169-100)x 90% = 62,1 kg
      Toleransnya
      limit bawah -6
      limit atas +6
      56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68
      Saya malah baru tahu ada istilah tulangnya yang berat

  37. S A W

    Mas, mau tanya, saya bentar lagi mau seleksi brigpol. Nah TB/BB saya 170cm/64cm apakah ideal? Dan gigi gusi saya patah tapi bukan coplok tapi patah, apakah berpengaruh mas? Thanks mas…

    1. Ardo

      @SAW
      TB 170 cm
      BB 64 kg
      IDEAL
      Dalam Seleksi semua hal berpengaruh utk perangkingan
      ke dokter gigi utk konsultasi

  38. kevin

    mas kalau gigi depan, ada bolong 3 , terus di tambal semuanya… apakah masih bisa masuk tni bintara… ???

    1. Ardo

      @kevin
      biasanya yang bolong gigi geraham ya
      masih ada kesempatan, krn sdh ada upaya ditambal

  39. dasma varadisca

    permisi Bang saya mau Tanya,apakalah luka bekas bakar juga akan mempengaruhi rangking dan nilai Jasmani bagi calon BINTARA TNI 2014? tolong pencerahan Nya Yah :)

    1. Ardo

      @dasma varadisca
      Luka bekas bakar tidak ada hubungannya dengan nilai jasmani, krn nilai jasmani murni kemampuan fisik
      tapi jika perangkingan secara keseluruhan kemungkinan masih ada hubungannya
      krn mengurangi nilai penampilan/Postur
      jika bekas luka bakar tdk besar don’t worry, lanjutkan

  40. Eki

    Bg kalau tinggi 165 cm dan berat badan 65 bisa gk dikurangin ya bg soalnya saya masih kelas 3 smp bisa gk ?

    1. Ardo

      @Eki
      Tentu masih muda masih banyak waktu, masih 3 tahun lagi
      Perbanyak Olah Raga supaya tinggi badan tambah dan berat badan turun agar ideal

  41. refan

    bagai mana kalau belum bisa sama sekali pull up nya latihan tahap awalnya bagaimana ?
    butuh berapa bulan untuk bsa pull up 8 kali atau 12 kali ?

    1. Ardo

      @refan
      melatih Pull Up memang paling berat dibanding melatih Sit Up dan Push Up
      tapi jika kita berusaha pasti bisa mencapai Pull Up 8X bahkan 12x
      seperti yg sy sebutkan di artikel kita hrs ada/punya sarana utk latihan misal tiang
      dan latihan sesering mungkin naik turun tiang Restok/Pull Ups
      Jika ada biaya lebih bisa datang ke tempat latihan kebugaran/Fitnes
      sampaikan maksud kita kpd Instruktur utk bisa Pull Ups pasti Instruktur akan senang hati membimbing latihan2 mana saja yg di perlukan, paling lama 1 bulan pasti bisa krn ditempat tersebut lengkap peraltannya

  42. Joko

    Permisi pak tinggi saya 178 bb 80 itu gmn pak,mohon infonya

    1. Ardo

      @Joko
      TB 178 utk BB idealnya 70 kg, toleransi BB maksimal 76 kg kurangi min 4 kg ya

  43. aamad

    mas saya punya pnyakit kulit ni, klau waktu tes kesehatan penyakitnya belom sembuh, bisa kah lulus..?

    1. Ardo

      @aamad
      semuanya yang namanya seleksi semua faktor akan menentukan
      masih bisa, tapi tentu akan mempengaruhi keseluruhan hasil dari penilaian yaitu perangkingan

  44. suheri uskar

    selamat malam pak.

    saya mau nanya soal gigi ni.
    gigi depan saya patah setengah/sumbing apakah masi bisa lolos tes kesehatan dan mohon penjelasannya…terimakasi

    1. Ardo

      @suheri uskar
      sepertinya lucu ya klau gigi depan patah tinggal setengah tentunya akan mempegaruhi penampilan dan pasti kena
      pada saat seleksi kesehatan gigi, ada baiknya konsultasikan ke dokter gigi minta ditambal setengahnya yg patah

  45. sugik

    pagi kang ..
    kang , klo tulang tangan bengkok sedikit .
    sedikit kok kang nggak terlalu bengkok/klihatan , msih bisa mndftar apa gak ?
    makasih kang..

    1. Ardo

      @sugik
      Silakan mas jika bengkoknya tdk mencolok masih ada kesempatan utk mendaftar
      dan mengikuti seleksinya

  46. fajar*

    Mas,mau nanya nih ,saya mau ngetes pol/tni , tapi kendala nya leher saya ini tulang kanan nya tampak mnonjol apa bisa gak di toleransi ? Mohon pencerahan nya

    1. Ardo

      @fajar
      Terasa sakit tidak ?
      nanti pd saat tes Postur akan kelihatan masih masuk batas toleransi atau tdk
      sebaiknya di coba dulu nanti akan ketahuan bisa atau tdk

  47. fajar*

    Kalo sakit alhamdulilah tidak ada.seandainya di operasi masih bisa gak di pertimbangka ? Mohon pencerahan nya mas.sorry nganggu,trims ;Di

    1. Ardo

      @fajar
      Maaf baru bisa balas, sibuk latihan luar
      Utk masalah operasi sy tdk berani menyarankan sy tdk tahu menonjolnya seperti apa sebaiknya konsultasikan ke dokter.
      Saya hanya menyarankan coba sj daftar dulu, nanti kan ketahuan bila itu bermasalah baru bisa diambil tindakan

  48. anhar

    Mas klw kuping bekas tindikan bisa ga ? Tapi udah rapet mas tindikannya ?

    1. Ardo

      @ahhar
      Coba saja mudah-mudahan tdk terlihat

  49. Wijaya

    Mas, kalo mata juling itu ada t0leransinya tdak? Kan ada yang juling nya trlhat sngt menc0l0k, tp ad jga yg gak trlalu, .. Trm ksih ats jwbny

    1. Ardo

      @Wijaya
      Setahu saya mata juling tdk ada toleransi, krn akan mempengaruhi saat membidik senjata
      tapi jika tdk mencolok di coba saja utk daftar

  50. lismayani

    selamat sore om, saya sudah sering latihan sit up tapi kok susah banget ya,,
    saya suda coba di tempat tidur saya bisa sampai 20 kali, tapi klau di lantai saya hanya bisa 1 kali, saya bingung , apa bedanya di lantai sama di kasur,, padahal 1 bulan lgi saya mau ikut tes pelayaran. mohon pencerahaannya, terimakasih

    1. Ardo

      @lismayani
      Harus rutin mbak yani, nambah sedikit demi sedikit
      latihan ditempat tidur ? mau bobo atau latihan sit ups, yg serius to mbak
      dan tdk usah bingung karena di kasur membal sehingga membantu tolakan/gerakan tubuh,nanti tes nya diatas lantai bukan di atas kasur or busa.
      contoh: Enakan mana lari/jogging pakai sepatu olah raga atau tdk pakai sepatu alias nyeker

  51. Fajar

    Mas supaya bisa pull gmana yh. Soalnya saya belum kuat sama sekali .apa iya push up nya harus diperbanyak.

    1. Ardo

      @fajar
      ya,harus sering2 latihan, di artikel tersebut sdh sy tuliskan caranya
      latihan push ups yg banyak ada pengaruhnya, tapi otot buat push ups beda dengan otot buat pull ups
      silakan di coba nanti terasa otot bagian mana yg terasa tegang/keras

  52. Ardi

    Sore Mas Ardo,
    Saya mau tanya, gigi geraham kanan dan kiri saya sebelumnya pernah berlubang, lalu saya biarkan sampai giginya rapuh dan rontok. apakah dapat ditolerir atau ada solusi.
    Saya berniat masuk SIPSS Mas.
    Terima Kasih sebelumnya.

    1. Ardo

      @ Ardi
      Masih ditolerir tp sebelumnya bersihkan dulu barangkali masih ada sisa

      1. Ardi

        Tidak harus diganti dengan gigi palsu kan..?

        1. Ardo

          @Ardi
          bagusnya sih diganti gigi palsu biar estetika nya bagus, klau nggak jg nggak apa2

  53. suahrul

    wah makasih atas info nya pak…
    tp q baru kuat pul up 3 kali sedang kan pendaftaran bulan juni ?
    apakah waktu sesingkat ini bisa ‘

    1. Ardo

      @suahrul
      Melatih Pull Ups memang lebih berat ketimbang melatih Push up dan Sit up
      saya yakin jika latihan lebih intensif masih bisa nambah 3 kali lagi
      karena Pull ups dapat 3 kali nilainya baru 25
      jika Pull up 6 kali dapat nilai 40

  54. ryan hidayatullah

    Ass ..
    Mas saya mau tanya ,, kalau kita tes tp biaya kurang bagaimana agar tetap bisa lolos,,dan saya ada pnyakit sedikit mas yaitu telapak kaki pecah2 apa masih bisa ikut mas,,
    Sekian trimakasih,,

    1. Ardo

      @ryan hidayatullah
      Biaya apa lagi ? tes nggak pakai biaya klau lulus ya lolos
      telapak kaki pecah2, tdk apa2 silakan lanjutkan

  55. januar

    mas tinggi saya 173 berat 55. idealnya brp mas ?

    1. Ardo

      @Januar
      Nih rumusnya
      TB Ideal = (TB-100)x90%
      hitung sendiri ya

  56. Bayu

    Bang saya taruna, dan memiliki banyak teman akabri, setahu saya angkatan laut lari hanya 2400 m dan renang 25 m, untuk yang akademi, dan tes hanya beberapa hari untuk di bali, fisik bisa ditolerir namun tes psyco harus no 1

    1. Ardo

      @ Bayu
      Mas bayu utk matra laut, udara dan Werving lari memang masih 2400 m
      kecuali AD utk Samapta periodik sdh pakai 3200 m,
      Nanti kalau sdh jd organik utk mengikuti Dikbangum,Dikbangspes fisik,psyco harus bagus

  57. M.NUR SATRIO

    mas kalau boleh tau tes mental idiolegi itu apa yaa ?
    dan ada gak tes akademik utk bintara tni mohon pencerahaannya mas ?

    1. Ardo

      @ M Nur satrio
      Klau mau dijelaskan apa itu tes mental ideologi terlalu panjang utk dijelaskan
      tes akademik utk Bintara tetap ada, namanya Tes Kemampuan Akademik
      Silakan kunjungi http://seleksitnipolri.com
      sy ReKomendasikan situs ini, apabila ingin tahu lebih lengkap

      1. M.NUR SATRIO

        mohon penjelasannya lagi tes akademik itu meliputu seperti pelajaran di sokolah atau tes kemampuan umum pak ya…?

        1. Ardo

          @ M.Nur Satrio
          Kalau dijelaskan banyak Mas, nggak cukup di sini
          intinya seperti pelajaran sekolah
          persoalannya bentuknya aplikasi

  58. PANJI BANG KUSUMA

    Om,mau tanya, sy masih kelas 2 skrg. Kl masalah tes fisiknya sy udh ngerti. Apakah ada syarat tinggi badan maksimal? soalnya sy ikut seleksi pasnas gagal dan sy ketahui gagal akibat tinggi badan lebih dr 180.

    1. Ardo

      @panji bang kusuma
      setahu sy di persyaratan tinggi penerimaan tni polri tdk ada syarat tinggi maksimal yg ada tinggi minimal
      Jika lulus seleksi utk orang2 yg tinggi biasanya masuk ke POM

  59. bima dwi angkoro

    om ardo kalo ada bekas operasi besar di perut itu gimana om kalo saya daftar brigpol apakah bisa and satu lagi apakah kaki leter X bisa di sembuhkan….

    1. Ardo

      @bima dwi angkoro
      Bekas operasi besar di perut biasanya gagal, kaki leter X tdk bisa di luruskan sdh bawaan
      dari sononya

  60. agus

    kalo bekas penyakit bisul, masih bisa masuk enggak pak…makasih

    1. Ardo

      @agus
      Bekas BISUL ??? ya nggak apa2 bro Agus

  61. adi

    eh saya mau tanya tentang Tes Kesamaptaan Jasmani, misalnya kita kuat push up 40x selama 1menit. tapi tiap 20x push up berhenti sebentar itu dihitung ga sih? atau selama 1 menit harus langsung 40x.

    1. Ardo

      @adi
      Eh bisa jeda nanti hitungannya dilanjutin saat jumlah terakhir yg didapat

  62. Pacol

    mas kalo ngga bisa pull up tp push up dan sit up 40 keatas dan lari diatas 2000 an apakah tetep keterima di anggota polri?

    1. Ardo

      @pacol
      coba dihitung bisa dapat nilai 70 tidak
      kalau lawan kamu nilainya sama dengan kamu tapi dia bisa Pul ups
      kamu kalah

  63. Red

    Kalo tinggi 173 berat 60 gmna mas ?

    1. Ardo

      @Red
      Hitung sendiri ya
      BB Ideal = (TB-100)x90%

  64. Andre

    saya masih kls 1, smk jurusan Multimedia bisa kan ?
    aturan saat melakukan tes pull up apa aja ?
    seperti posisi genggaman tangan dan kaki

    1. Ardo

      @ Andre
      SMK setahu sy tdk bisa
      Aturan Pull Ups pegang/genggam tiang restok dengan kedua tangan, posisi tangan badan kaki menggantung lurus
      kemudian angkat badan dengan kedua tangan sampai leher menyentuh tiang restok lakukan berulang-ulang
      selama 60 detik

  65. putri

    misi mas. klw gigi graham nya 1 coplok. itu bsa gak lolos tes kesehat ?

    1. Ardo

      @putri
      Masih bisa lulus kesehatan,tp sebaiknya di beri gigi palsu

  66. Rizky

    mas…
    numpang nanya kalau paru-parunya hitam gimana ya?
    bisa masuk gx ya ?
    trus temen ane nanya kalau dah gx perjaka,bisa masuk TNI gx ?
    sekian mas….

    1. Ardo

      @Rizky
      Paru2 hitam kenapa ? klau penyakit lewat
      temennya suruh daftar aja,biar tahu bisa nggaknya

  67. putra

    assalamualaikum saya mau nanya pak jika sya latihan renang mengunakan gaya katak tangan kaki saya bergerak bersamaan bagaimana caranya jika tangan dan kaki tidak bergerak bersamaan terima kasih

    1. Ardo

      @putra
      Waalaikum salam
      Caranya : tinggal gantian sj geraknya antara kaki dg tangan
      lagian buat apa latihan seperti itu ? hasilya tdk maksimal krn tdk ada daya dorong
      bisa2 kamu kehabisan napas trus kelelep

  68. seruni

    Misi gan, kalo di jari ada bantalan untuk nulis (kayak kapalan gitu) bisa lolos gak ya? Dan kalo ada selulit nya sedikit bisa lolos gak?

    1. Ardo

      @seruni
      Selagi itu bukan penyakit, tdk masalah seperti selulit itu bukan penyakit tp sebaiknya di hilangkan
      krn merusak penampilan jd nggak pede toh

  69. arthur

    assalamualaikum pak
    Saya mau nanya umur saya 17thn tahun ini saya bru naik kls 3 Sma thn dpn mau tes akpol,tingi168cm berat 45kg,bisa gx tu ? Tapi saya sangat Bodoh matematika
    Dan bapak saya Major 1 bunnga saya bisa lolos dengan Mudah gx,kan jata untuk bpk saya ?

    Mohon bantuan’x pak?

    1. Ardo

      @ arthur
      Waalaikum salam
      Coba ceritakan sama bapaknya ya…
      kan anaknya Mayor, bapak kamu pasti tahu

  70. Robin pardosi

    Mas,,, tolong imformasinya
    kalau sudah lulus semua test dalam test TNI, apakah harus bayar uang bnyak utk bisa menang?
    Terimakasih

    1. Ardo

      @Robin pardosi
      Klau sdh lulus semua tes TNI, tinggal mengikuti pendidikan dan tdk perlu keluar uang, semua dibiayai Negara

  71. andre

    asalamualaikum om
    kalo tangan kiri tidak bisa bengkok full sampai bahu gimana om? kurang 3/4 jengkal , soalnya hari itu pernah patah tangan om , itu bermasalah gak om kalo masuk polisi? mohon penjelasannya om trima kasih

    1. Ardo

      @andre
      Kalau tangannya tdk terasa sakit dan tdk mencolok sy kira tdk apa2
      Coba daftar aja dulu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>