Home  /  Motivasi  / Cara Cepat Untuk Bisa Pull ups,Push ups dan Sit ups

Cara Cepat Untuk Bisa Pull ups,Push ups dan Sit ups


Cara Cepat Untuk Bisa Pull ups,Push ups dan Sit ups

Tulisan kali ini saya mau memberikan tips atau cara agar kita bisa dapat Pull Ups,Sit ups dan Pus ups dengan cepat. Sebagaimana kita ketahui ketiga kegiatan jasmani tersebut menjadi suatu momok atau hal yang menakutkan ketika kita akan mengikuti suatu seleksi  Sekolah atau Pendidikan seperti daftar Tentara,Kepolisian,Pelayaran,STPDN dll,yang mana kegiatan tersebut termasuk dalam kategori pengetesan di samping tes-tes lain tentunya, semisal Tes Kesehatan,Akademik Psikologi dlll.

Karena banyaknya pertanyaan pada blog sederhana saya cita-citaku.com pada tulisan saya terdahulu tentang Cara mendaftar Akpol Akmil, yang bertanya cara/Tips bagaimana kita bisa cepat untuk Pull Ups,Sit ups dan Pus ups, sehingga ketika kita saat tes nanti sesuai atau mendapat nilai yang diharapkan. Karena untuk dapat nilai bagus tidak instan perlu adanya persiapan.

Sebagai gambaran untuk Nilai kegiatan tersebut adalah

* Lari 12 menit     3507 meter        nilai 100
* Pull Ups            18 kali (1menit)  nilai 100
* Sit Ups              45 kali (1menit)  nilai 100
* Pus Ups           43 kali (1menit)   nilai 100
* Sutle Run’s  6X10M (3x) 15″,9    nilai 100
* Renang 50 M    waktu 45″           nilai 100

Untuk tes tersebut biasa di sebut tes kesegaran jasmani atau tes kesamaptaan jasmani yang terdiri dari beberapa item yaitu :

1. Samapta A = Lari selama 12 menit mendapat berapa Meter (tes yang baru lari 3200 M dapat di tempuh berapa menit, yang ini mungkin hanya baru dilingkungan TNI AD saja yang melaksanakan ).

2. Samapta B = Terdiri dari Pull Ups, Sit Ups, Pus Ups dan Sutle Runs.

3. Berenang = Berenang jarak 50 M.

4. Postur Tubuh.

Semua nilai tersebut nantinya dilihat dari Tabel nilai tiap-tiap item, nah jika nanti saat tes kita mendapat sesuai nilai hal tersebut di atas alangkah senangnya paling tidak kita mendekati perolehan angka nilai tersebut di atas.

Ok nggak perlu panjang lebar lagi, ini tips nya

 1. Samapta A
yaitu lari selama 12 menit/lari 3200 m
Tips yang ini dari saya sudah pasti kita harus banyak latihan lari, kita nggak bisa lari di tempat ya…
untuk tes nya nanti yang dinilai bukan hanya ketahanan lari lho, tapi juga kecepatan, kalau hanya ketahanan lari semua orang pasti bisa,ntar lari selama 12 menit cuma dapat 2000 meter atau lari 3200 meter bisa-bisa seharian, nanti kita bisa dapat nilai jeblok.

cari tempat bisa di lintasan lari, lapangan bola, di jalanan, atau apalah yang penting bisa untuk lari. Kalau dulu saya lari mengelilingi kampung saya sambil diteriaki “maling-maling” biar larinya cepat hehehe ( becanda.com).
Lakukan minimal semingu 2 X waktu bisa pagi,siang,sore, pakaian kaos katun yang bisa nyerap keringat, ada yang bilang pakai jas hujan yang biasa untuk naik motor bagus untuk lari, kenyataannya kata dokter pakaian itu tidak bagus buat kegiatan berolah raga karena tidak menyerap keringat sehingga keringat tertahan di dalam baju sehingga suhu dari luar tidak bisa masuk ke tubuh kita akibatnya antara suhu luar dan suhu dalam ada perbedaan mencolok,  apa akibatnya… coba saja bila mesin mobil tidak ada air radiator/air radiatornya rusak apa yang terjadi… ok lanjut
Lakukan latihan bertingkat dan berlanjut misal jika kita latihan lari panjangnya 3200 meter kalau lintasannya 320 meter berarti larinya 10 keliling, latihan awal dapat di capai selama 30 menit pertahankan dan minggu depan tingkatkan menjadi 29 menit, minggu depannya lagi 28 menit, minggu berikutnya lagi  27 menit dst.
Batas maksimal lari 3200 meter adalah 10 menit 57 detik dapat nilai 100. Jangan lupa pakai Stop Watch, kalau kamu dapat mencapai itu wow kamu hebat, tapi ingat kita latihan lari bukan ingin jadi Atlit lari, perhatikan kondisi tubuh kamu, kalau sakit jangan dipaksa istirahat dulu, tujuan kita melatih otot kaki, jantung dan paru-paru. Berdasarkan pengalaman jarang ada yang mampu melaksanakan samapta A mendapatkan nilai 100 kecuali orang tersebut memang sudah terbina dengan latihan yang lama dan panjang, jika kita serius dan rutin melaksanakan latihan, lari 3200 meter selama 13 menit insya alloh tercapai, syukur-syukur bisa sampai 12/11 menit kamu hebat niali 85 sudah di tangan. Memang kalau dibayangkan kelihatannya mudah pada prakteknya coba saja sendiri, lebih bagus lagi kamu punya Instruktur atau ada teman kamu untuk  latihan bareng.

2. Samapta B
Terdiri dari Pull ups, Sit Ups, Pus Ups dan Suttle Runs ( yang ini otomatis sudah di latih latihan di atas)
dari 4 kegiatan tersebut yang paling jadi masalah adalah Pul Ups, berat bisa pul Ups sampai 18 Kali untuk dapat nilai 100 kecuali atlit senam kali ye, kalau Sit Ups dan Pus Ups pasti bisa dapat nilai 100. Begini cara yang saya lakukan :
* Pergi ke tempat GYM/Fitnes ini perlu modal ya, daftar jadi member jadi kita bisa puas latihannya
Biasanya saat mulai latihan ntar ada Instrukturnya sampaikan maksudnya  nggak usah malu-malu, kita mau latihan di sini bukan pengen jadi seperti OM Ade Rai tapi pengen bisa Pull Ups, Sit Ups dan Pus Ups, nanti Instruktur akan ngasih tahu latihan beban mana yang cocok untuk ngencengin otot Bisep,Trisep,bahu dan otot perut, Instruktur sementara waktu sebelum kita latihan sendiri akan mendampingi dan ngasih contoh latihan yang baik dan benar, latihan terus sampai nilai yang di inginkan tercapai.
* Latihan ini nggak pakai modal uang hanya modal kemauan dan semangat yang tinggi, Sehabis sholat 5 waktu sempatkan latihan ini jangan langsung ngacir..cir
Latihlah pus ups dan sit ups, awal mampu 20 Kali, minggu depan 22 kali, minggu berikutnya 23 kali, dst sampai mampu sit ups 45 kali dan Pus Ups 43 kali,  coba bayangkan tanpa terasa kita dalam sehari latihan 5 kali  dikali seminggu kita sdh latihan sebanyak 35 kali, kalau itu dilaksanakan secara rutin target pasti tercapai, kalau mau tambahan buat barbel dari besi bekas paralon,kaleng biscuit dan adukan semen.
Lalu kapan kita latihan Pull Ups nya, sarana nya mana, kan kita perlu tiang untuk bergelantungan, kalau ada dananya buat tiang pull ups di halaman rumah setinngi 2 meter cor bawahnya pakai adukan semen, modal lagi dong ?  ya habis bagaimana lagi kita perlu tiang untuk latihannya, biar murah cari besi bekas di tukang orang jual beli besi bekas, atau bagaimanalah kreativitas kamu, kalau nggak pengen modal untuk latihan pull ups kamu bisa latihan di kusen pintu rumah kamu (ini serius) ntar kan bapak kamu negor trus di buatin deh tiang pull ups sm bapak kamu.( seperti saya dulu)
Latihannya sama,awal dapat 4, terus sehabis Sholat selama seminngu agar otot lengan dan bahu terbiasa, minggu depan tingkatkan 5,minggu berikutnya 6 dst sampai target tercapai misal 18 kamu hebat, kamu bisa 12 saja sudah bagus nilai 70 sudah di tangan lebih banyak lebih bagus.
Perhatian : Lakukan dengan benar artinya pada saat pul ups yang bergerak hanya tangan saja tidak anggota tubuh lain geol-geol seperti cacing kepanasan.
sebab nanti percuma pada saat tes sudah cape-cape nggak di hitung dapaet nilai jeblok rugikan?

3. Berenang
Kalau yang ini saya nggak bisa komentar banyak, kalau mau bisa berenang ya harus sering-sering main air alias pergi ke kali,danau atau kolam berenang untuk latihan.

4. Postur Tubuh
Kalau yang ini berkaitan dengan tinggi badan dan berat badan kamu, jangan terlalu banyak makan ya biar nggak gemuk dan jangan jarang makan ya biar nggak kekurusan, makan yang normal saja, biasanya kalu kamu rajin berolah raga seperti latihan di atas kelebihan enegi kamu kepakai, tapi untuk yang jarang olah raga apalagi tidak sama sekali kelebihan energi kamu numpuk jadi lemak di tubuh kamu.
Agar kamu bisa kira-kira berat ideal, antara tinggi badan dan berat badan saya kasih tahu rumusnya
Berat Ideal = (TB-100)x90%    (TB=Tinggi Badan)
misal TB=167
Berat Ideal=(167-100)=67×90%
Berat Ideal= 60,3 kg

Dah sampai sini dulu aja mata sudah cape mantengin komputer terus, latihlah secara serius dan rutin,untuk hasil yang sempurna  tidak ada yang datang secara Instan, kecuali beli susu instan kaleng. Mohon maaf bila ada kekeliruan, saran dan masukan sangat diharapkan. Terima kasih…

 

 

Share
  • 104
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    104
    Shares

Related Post


PSB SMA Negeri Kota Tangerang
PSB SMA Negeri Kota Tangerang

Sekedar mengingatkan Pendaftaran Siswa Baru tahun pelajaran 2012/2013 tingkat SMP,…

Tips Menghadapi Ujian Nasional
Tips Menghadapi Ujian Nasional

Ujian kelulusan sekolah hampir tiba baik itu untuk tingkat SD,SMP,maupun…

Nilai Kata-kata Motivasi untuk Mencapai Kesuksesan
Nilai Kata-kata Motivasi untuk Mencapai Kesuksesan

Pernahkah anda  mendengar kata-kata, rumus, kunci sukses yang sering di…

Pesan Ayah Kepada Anaknya
Pesan Ayah Kepada Anaknya

Ananda... Meraih sesuatu yang diinginkan bukanlah hal yang tidak mungkin,…



449 thoughts on “Cara Cepat Untuk Bisa Pull ups,Push ups dan Sit ups

  1. dd / says :

    kalau lari cuma dpt 1800m. . lolos gak pak??

    • Arjuna Ireng / says :

      @dd
      Mas dd sebenarnya kalau mau seleksi hrs mempersiapkan diri jauh2 hari, dan saat tes hrs dapat nilai setinggi-tingginya
      jangan dengar apa kt orang “nggak apa2 nilai minimal segini” ingat ini seleksi, kalau dapat nilai tinggi kita aman, sebaliknya kalau dapat
      nilai pas-pasan/minimal posisi kita terancam.
      bgmn dg samapta B kalau di gabung dg lari 1800 (samapta A) nilai totalnya berapa?
      utk larinya usahakan tambah minimal 966m lagi biar dapat nilai 61, bisa nggak?

  2. mademanik / says :

    Nice info gan, ada nomer hp g gan? Barngkali bs tanya2, klo berkenan kirim ke email ane gan,… makasi

    • Arjuna Ireng / says :

      @mademanik
      maaf sy belum siap jd Konsultan via tlp hehehe
      trims sdh mampir

  3. meiko prayoga / says :

    infonya 100% Mantep,

    makasih bnyk ya gan,,,,

  4. saeful anwar / says :

    mas saya umur 16 kelas2,kalau badan kecil gak lebar tapi tinggi,itu akan berpengaruh gak? Terima kasih

    • Ardo / says :

      @saeful anwar
      Kalau latihan rutin malah nanti hasilnya bagus, badan kelihatan jadi lebar
      krn otot dada dan lengan jadi berisi

      • Andri / says :

        ada tips untuk menambah berat badan tidak ? soalnya berat badan saya setelah dihitung sesuai itu kurang 7.5 kg

        • Ardo / says :

          @andri
          Untuk nambah berat badan sebenarnya mudah di banding menurunkan
          makan makanan bergizi, istirahat cukup,jangan banyak pikiran, dan olah raga teratur
          Daftar nilai memang belum di upload

  5. Harmoko / says :

    Maaf mas sya boleh nanya,klo masuk ke polisi/tni/akmil itu ada test psikologi nya?klo boleh tau test nya kya gmn,kta tmen ku test nya beda kya test pada umumnya

    • Ardo / says :

      @Harmoko
      Tes Psi daftar tni/polri
      Kecerdasan : Penalaran,analogi,numerik,verbal
      Kepribadian :Wartegg tes,Dap tes (gambar orang)Baum tree (gambar pohon),gambar rumah dan tes pauli

  6. nero / says :

    mas saya mau tanya kalau wajah berjerawat
    apakah berpengaruh dengan tes polisi?

    • Ardo / says :

      @nero
      tdk masalah, bukan penyakit berbahaya, lanjutkan

  7. nero / says :

    mas klau wajah berjerawat bisa gak ikut tes polisi dengan tentara ??

    • Ardo / says :

      @nero
      Lanjut bukan penyakit berbahaya

  8. anggun / says :

    mas klo buat cwe untuk dftar tentar atau polisi harus bisa pull up juga ? mohon infonya terimaksih

    • Ardo / says :

      @anggun
      Tetap ada namanya Chinning, gerakannya berbeda dengan Pull Ups untuk Pria

  9. adi darmawan / says :

    #adismarter!!! Bang mau nanya neeh,,, untuk samapta pelayaram sama kaga dengan tni / polri, terus ada apa aja test untuk seleksi masuk akademi maritim atau pelayaran…. Monggoooooo

    • Ardo / says :

      @adi darmawan
      Salah kamar mas, tes-tes seleksi selain TNI/Polri saya tdk tahu
      tapi terima kasih sudah berkunjung, mungkin bisa cari di blog lain…..Monggoooooo

  10. vicki / says :

    mau tanya mas
    kalau punya penyakit amandel apa bisa untuk jadi polisi atau malahan daftar saja tidak boleh?
    dan saya dengar masuk polisi harus memiliki modal yg besar juga ya?
    tolong bantuannya

    • Ardo / says :

      @vicki
      Amandelnya di sembuhin dulu sebelum daftar
      Kata siapa ? masa sih orang banyak duit, mau ngatur lalu lintas, panasan dan kehujanan
      (Pesimis awal dari kegagalan)

  11. dian / says :

    mas mau tanya kalo TNI AL tes larinya juga 3200m kah?? Terima kasih

    • Ardo / says :

      @ dian
      Utk tes Jasmani semua jajaran TNI sama
      Lari 3200m baru organik AD saja
      tapi utk werping masih lari selama 12 menit

  12. dian / says :

    nah kalau tes AL gaya renang itu harus menguasai semua gaya atau ada gaya tertenttu mas.
    Makasih mas

    • Ardo / says :

      @dian
      utk tes seleksi bebas mau pakai gaya apa aja (kecuali gaya batu ya)
      tapi diutamakan gaya katak

  13. Baskoro / says :

    Bang, kesehatan syarat gmn selain amandel, mata minus, varises, gigi lobang ?? Selain itu ada lagi gak bang ?? Trus mata minus bisa di obatin kan bang ?
    Makasih.

    • Ardo / says :

      @Baskoro
      diantaranya :
      Hamil.
      Kondisi Hati tidak sehat.
      Leukimia.
      Kencing manis.
      Kolesterol dan asam urat tinggi.
      Mata juling.
      Buta warna.
      Mata minus/plus/silindris disalah satu atau kedua mata.
      Memiliki tatto atau telinga ditindik.
      Mengalami gangguan pendengaran.
      Tekanan darah melebihi 135/95 Mmhg
      dll
      Coba konsultasikan ke dokter mata ya

  14. rikki / says :

    pak apa kah kaki bengkok dapat lulus tes akpol atau secaba polri?
    Dan apa solusi nya pak.
    Trima kash.

    • Ardo / says :

      @ rikki
      bengkoknya klau masih batas kewajaran masih bisa
      tapi kalau terlihat mencolok biasanya tdk lulus mas pada saat tes kesehatan/Postur
      Solusinya ganti cita-citanya ya

  15. rikki / says :

    hahaha.
    Jdi pak gimana cara ngukurnya pak.?
    Pak bsa minta no hp atw apa lh pak.
    Biar lebih leluasa nanyak nya pak.

    • Ardo / says :

      @rikki
      Ada tabel nilainya

  16. rikki / says :

    pak apa aja tingkatan2 untk mendaftar polri.
    Dan kalau dari secaba bsa gag jdi kapolsek atw kapolres ?

    • Ardo / says :

      @rikki
      salah kamar, pindahin koment nya ke cara Mendaftar Akpol, Akmil ya

  17. lilo / says :

    Mau tanya . Saat sit up nanti ada yg megang kaki nya ga ? Thx

    • Ardo / says :

      @lilo
      Tergantung yang ngetes
      untuk standar Sit Ups di atas meja tempat sit ups dan ada tiang kecil utk mengaitkan kaki

  18. ridho / says :

    terima kasih gan atas info nya , sangat membantu . Ane mw berusaha utk mengejar cita” ane seperti ortu ane , yaitu polisi , amin :) tp ortu ane tentara 😀 hehehe

    • Ardo / says :

      @ridho
      Kalau Ortu Tentara coba di tanyain pasti tahu

  19. Emilia / says :

    Saya mau tanya kalau tulang rusuk bagian belakang apakah berpengaruh tidak lolos tes kesehatan, kemarin gagal di test kesehatan dua? Terimakasih pak

    • Ardo / says :

      @Emilia
      Tulang rusuk, tulang punggung,tulang lengan dll,semua berpengaruh pada tes seleksi kesehatan maupun Postur
      gagal pada saat tes kesehatan dua coba cari tahu dibagian apanya

  20. jesen / says :

    bang ardo..
    saya lulusan smk otomotif tahun 2010 skrg kuliah lulusan falkutas ekonomi.
    umur masih 21 tahun.
    lebih baik mendaftar dengan ijasah smk apa ijasah kuliah?
    dan saya ingin tahu tabel nilai yang di test kan apakah boleh?
    maaf kalau banyak tanya dan makasih.

    • Ardo / says :

      @jesen
      Tergantung mau daftar apa ?
      Jika dilihat lulusan nya kesempatan hanya utk daftar PA PK dan Secaba
      PA PK bisa pakai ijazah Sarjana, Secaba bisa pakai SMK
      Tabel Nilai Samapta ? ntar Member di seleksitnipolri.com pada protes hehehe

  21. Bilawal / says :

    makasih infonya mas, baru kelas 3 smp nih mau liat liat tes tes yang ada di sleksi buat masuk akmil, langsung saya praktekin deh besok hehehe sekali lagi makasih ya min 😀

  22. aswinalfahmi / says :

    Mau nanyak mas
    Kalok bekaas tindik tapi uda di oprasi dan bekas oprasi’na belum hilang, apa itu jadi masalah mas kalok buat tes TNI.
    Mohon di bantu ya mas

    • Ardo / says :

      @aswinalfahmi
      Maaf ya
      Adanya lubang di telinga (Tindik) untuk laki-laki
      sangat tidak ditolerir untuk menjadi calon prajurit
      TNI/POLRI walaupun sudah dioperasi akan tetap terlihat
      atau terasa apabila diraba (kecuali karena kecelakaan). Hal
      ini karena menyangkut moral dan mental.

  23. Nicko Pratama / says :

    Mas saya mau nanya kalau luka bekas kena knalpot motor itu bermasalah gak sih ?

    • Ardo / says :

      @ Nicko Pratama
      Bekas knalpot tdk masalah silakan lanjut daftar

  24. wahid / says :

    ap kabar bang !!??
    Cman mau tanya aja, kalu tangan.a bekas jatuh truss bengkok di bagian siku.a( sengko ) apa bisa di toleransi ?
    mksih.

    • Ardo / says :

      @wawid
      Karena sifatnya seleksi,nanti akan gagal kalah sama rekan yang tangannya sempurna

  25. Assallam’mualaikum mas
    q mau tanya gimana berat badan 51 dan tinggi 65 umur 18 apakah q bisa mengikuti seleksi atau kah tidak

    • Ardo / says :

      @adrian
      165- 100 = 65x 90% = 58,5 Kg
      toleransi ditambah/dikurangi 6 kg
      BB normal dg tinggi 165 adalah antara 52,5 kg s/d 64,5 kg

  26. ivan / says :

    Pak klo amandel nya kecil sembuh sih itu bisa mengikuti ga pak trima kasih

    • Ardo / says :

      @ivan
      Lebih baik utk memastikan coba cek ke dokter
      jika sdh sembuh silakan mendaftar

  27. abima / says :

    misi bang ardo,,ane mau tanya,,gigi ane gigi sambungan tpi udh permanen dan kuat dulu hbs jatuh putus setengah,,,trus di kaki ada bekas jahitan jatuh,,,apa itu bisa lulus masuk tes TNI

    • Ardo / says :

      @abima
      Silakan lanjut, masih ada kesempatan utk ikut seleksi masuk TNI

  28. abang / says :

    bang kalau tes tulang yang dapat menggagalkan apa aja sih?

    • Ardo / says :

      @abang
      Ya semua bagian tulang dari kepala, pundak,punggung,rusuk,dada,paha,betis,kaki dll
      tdk boleh bengkok baik bawaan lahir ataupun krn kecelakaan

  29. heri / says :

    Bang bener-bener membantu sekali…! terima kasih banyak atas informasinya gold. Saya mau tanya bang, untuk mencapai 3200M dalam 12 menit butuh latihan berapa lama? maaf agak lancang, kalau tidak merepotkan saya minta saran program latihannya bang untuk 3200M. Terima kasih banyak atas segala bentuk replynya.

    • Ardo / says :

      @ heri
      Intinya harus sering latihan, utk tips saya rasa sudah cukup di artikel tersebut
      untuk saran program wow agak ribet harus buat tabel, tidak bisa sembarangan,harus di sesuaikan kondisi fisik,kesehatan,umur orang tsb
      mas nya bisa gunakan tips tsb krn yg tahu kondisi mas ya mas nya sendiri

  30. ivan / says :

    Trus pak klo kakisedikit o bagaimana apakah ad toleransinnya

    • Ardo / says :

      @ivan
      toleransinya kalau tdk mencolok kelihatan masih bisa

  31. bayu pratama / says :

    bang,kalau ngak bisa berenang saja,yang lain bisa gimana?

    • Ardo / says :

      @ bayu pratama
      Ya harus bisa berenang, kalau tidak bisa berenang pasti kelaut, tidak pakai acara yang lain bisa
      Ingat ini Seleksi brother
      selagi masih ada waktu latihan Renang ya

  32. robby / says :

    mas, ,mau tanya kalo ada gigi gingsul gimana bisa ikut seleksi polisi or tni gak ?
    makasih

    • Ardo / says :

      @robby
      masih bisa,jangan ragu silakan daftar seleksi TNI Polri

  33. kpn pendaftaran bintara?,saya kurang pul up,push up selalu sedikit :)

    • Ardo / says :

      @DPM
      Bintara apa ya ? silakan baca artikel terbaru saya “Waktu Pendaftaran Calon Anggota TNI dan POLRI”
      Kurang pull ups, sit Ups ? ya harus action perbanyak latihan, tidak akan bertambah kalau hanya di pikir saja

  34. Hesti / says :

    Mas, polri ada tes akademiknya gak? Tentang apa aja (jangan-jangan ada toefl juga)? Kalau lari 12 menit perempuan minimalnya berapa ya mas? Makasih.

    • Ardo / says :

      @hesti
      Semua seleksi ada tes akademiknya cuma tingkatan materinya sj yg beda
      Tes toefl klau ada jangan takut memangnya anak lulusan SMA toefl nya bagus2 paling rata2 sj
      Utk Seleksi Garjas lari 12 menit tdk ada batas minimal hrs dapat nilai sebagus-bagusnya INGAT INI SELEKSI!

  35. deni / says :

    saya masih 16 th mas ,tpi prnah merokok
    Apakah msih bisa msuk TNI ?
    Dan bgaimana tips agar bkas mrokoknya hilang ?

    • Ardo / says :

      @deni
      Masih bisa utk daftar TNI
      Tips nya cm satu STOP MEROKOK nanti lama2 bekasnya hilang

  36. Novebda / says :

    Mas, saya sepertinya tubuh saya ideal nggak gendut dan nggak kurus,, tapi berat saya 75 kg dan tinggi saya 169 cm, kata temen saya itu tulang nya yang berat. apakah itu bisa ditolerir sebagai berat ideal??

    • Ardo / says :

      @Novebda
      Rumus ideal (TB-100)x 90%
      (169-100)x 90% = 62,1 kg
      Toleransnya
      limit bawah -6
      limit atas +6
      56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68
      Saya malah baru tahu ada istilah tulangnya yang berat

  37. S A W / says :

    Mas, mau tanya, saya bentar lagi mau seleksi brigpol. Nah TB/BB saya 170cm/64cm apakah ideal? Dan gigi gusi saya patah tapi bukan coplok tapi patah, apakah berpengaruh mas? Thanks mas…

    • Ardo / says :

      @SAW
      TB 170 cm
      BB 64 kg
      IDEAL
      Dalam Seleksi semua hal berpengaruh utk perangkingan
      ke dokter gigi utk konsultasi

    • mas, bleh tanyak saya ingin hadi tentara.dan itu di dukung sama kakak sayadan kedua ortu saya. dan saya agak gimna gitju maz. mau daftar tentara soal nya say dulu pernah merokok dan minum minuman keras,dan sekarang sudah berhenti maz. dan bila saya masuk tentara bisa gg maz. saya udah latihan olah raga semua maz.

      • Ardo / says :

        @agoeng
        tidak ada masalah, yang penting pada saat seleksi kesehatan nanti tidak ketahuan atau tidak menimbulkan bekas
        misal paru-parunya rusak karena sebab hal tersebut

  38. kevin / says :

    mas kalau gigi depan, ada bolong 3 , terus di tambal semuanya… apakah masih bisa masuk tni bintara… ???

    • Ardo / says :

      @kevin
      biasanya yang bolong gigi geraham ya
      masih ada kesempatan, krn sdh ada upaya ditambal

  39. dasma varadisca / says :

    permisi Bang saya mau Tanya,apakalah luka bekas bakar juga akan mempengaruhi rangking dan nilai Jasmani bagi calon BINTARA TNI 2014? tolong pencerahan Nya Yah :)

    • Ardo / says :

      @dasma varadisca
      Luka bekas bakar tidak ada hubungannya dengan nilai jasmani, krn nilai jasmani murni kemampuan fisik
      tapi jika perangkingan secara keseluruhan kemungkinan masih ada hubungannya
      krn mengurangi nilai penampilan/Postur
      jika bekas luka bakar tdk besar don’t worry, lanjutkan

  40. Bg kalau tinggi 165 cm dan berat badan 65 bisa gk dikurangin ya bg soalnya saya masih kelas 3 smp bisa gk ?

    • Ardo / says :

      @Eki
      Tentu masih muda masih banyak waktu, masih 3 tahun lagi
      Perbanyak Olah Raga supaya tinggi badan tambah dan berat badan turun agar ideal

  41. refan / says :

    bagai mana kalau belum bisa sama sekali pull up nya latihan tahap awalnya bagaimana ?
    butuh berapa bulan untuk bsa pull up 8 kali atau 12 kali ?

    • Ardo / says :

      @refan
      melatih Pull Up memang paling berat dibanding melatih Sit Up dan Push Up
      tapi jika kita berusaha pasti bisa mencapai Pull Up 8X bahkan 12x
      seperti yg sy sebutkan di artikel kita hrs ada/punya sarana utk latihan misal tiang
      dan latihan sesering mungkin naik turun tiang Restok/Pull Ups
      Jika ada biaya lebih bisa datang ke tempat latihan kebugaran/Fitnes
      sampaikan maksud kita kpd Instruktur utk bisa Pull Ups pasti Instruktur akan senang hati membimbing latihan2 mana saja yg di perlukan, paling lama 1 bulan pasti bisa krn ditempat tersebut lengkap peraltannya

  42. Joko / says :

    Permisi pak tinggi saya 178 bb 80 itu gmn pak,mohon infonya

    • Ardo / says :

      @Joko
      TB 178 utk BB idealnya 70 kg, toleransi BB maksimal 76 kg kurangi min 4 kg ya

  43. mas saya punya pnyakit kulit ni, klau waktu tes kesehatan penyakitnya belom sembuh, bisa kah lulus..?

    • Ardo / says :

      @aamad
      semuanya yang namanya seleksi semua faktor akan menentukan
      masih bisa, tapi tentu akan mempengaruhi keseluruhan hasil dari penilaian yaitu perangkingan

  44. suheri uskar / says :

    selamat malam pak.

    saya mau nanya soal gigi ni.
    gigi depan saya patah setengah/sumbing apakah masi bisa lolos tes kesehatan dan mohon penjelasannya…terimakasi

    • Ardo / says :

      @suheri uskar
      sepertinya lucu ya klau gigi depan patah tinggal setengah tentunya akan mempegaruhi penampilan dan pasti kena
      pada saat seleksi kesehatan gigi, ada baiknya konsultasikan ke dokter gigi minta ditambal setengahnya yg patah

  45. sugik / says :

    pagi kang ..
    kang , klo tulang tangan bengkok sedikit .
    sedikit kok kang nggak terlalu bengkok/klihatan , msih bisa mndftar apa gak ?
    makasih kang..

    • Ardo / says :

      @sugik
      Silakan mas jika bengkoknya tdk mencolok masih ada kesempatan utk mendaftar
      dan mengikuti seleksinya

  46. fajar* / says :

    Mas,mau nanya nih ,saya mau ngetes pol/tni , tapi kendala nya leher saya ini tulang kanan nya tampak mnonjol apa bisa gak di toleransi ? Mohon pencerahan nya

    • Ardo / says :

      @fajar
      Terasa sakit tidak ?
      nanti pd saat tes Postur akan kelihatan masih masuk batas toleransi atau tdk
      sebaiknya di coba dulu nanti akan ketahuan bisa atau tdk

  47. Kalo sakit alhamdulilah tidak ada.seandainya di operasi masih bisa gak di pertimbangka ? Mohon pencerahan nya mas.sorry nganggu,trims ;Di

    • Ardo / says :

      @fajar
      Maaf baru bisa balas, sibuk latihan luar
      Utk masalah operasi sy tdk berani menyarankan sy tdk tahu menonjolnya seperti apa sebaiknya konsultasikan ke dokter.
      Saya hanya menyarankan coba sj daftar dulu, nanti kan ketahuan bila itu bermasalah baru bisa diambil tindakan

  48. anhar / says :

    Mas klw kuping bekas tindikan bisa ga ? Tapi udah rapet mas tindikannya ?

    • Ardo / says :

      @ahhar
      Coba saja mudah-mudahan tdk terlihat

  49. Wijaya / says :

    Mas, kalo mata juling itu ada t0leransinya tdak? Kan ada yang juling nya trlhat sngt menc0l0k, tp ad jga yg gak trlalu, .. Trm ksih ats jwbny

    • Ardo / says :

      @Wijaya
      Setahu saya mata juling tdk ada toleransi, krn akan mempengaruhi saat membidik senjata
      tapi jika tdk mencolok di coba saja utk daftar

  50. lismayani / says :

    selamat sore om, saya sudah sering latihan sit up tapi kok susah banget ya,,
    saya suda coba di tempat tidur saya bisa sampai 20 kali, tapi klau di lantai saya hanya bisa 1 kali, saya bingung , apa bedanya di lantai sama di kasur,, padahal 1 bulan lgi saya mau ikut tes pelayaran. mohon pencerahaannya, terimakasih

    • Ardo / says :

      @lismayani
      Harus rutin mbak yani, nambah sedikit demi sedikit
      latihan ditempat tidur ? mau bobo atau latihan sit ups, yg serius to mbak
      dan tdk usah bingung karena di kasur membal sehingga membantu tolakan/gerakan tubuh,nanti tes nya diatas lantai bukan di atas kasur or busa.
      contoh: Enakan mana lari/jogging pakai sepatu olah raga atau tdk pakai sepatu alias nyeker

  51. Fajar / says :

    Mas supaya bisa pull gmana yh. Soalnya saya belum kuat sama sekali .apa iya push up nya harus diperbanyak.

    • Ardo / says :

      @fajar
      ya,harus sering2 latihan, di artikel tersebut sdh sy tuliskan caranya
      latihan push ups yg banyak ada pengaruhnya, tapi otot buat push ups beda dengan otot buat pull ups
      silakan di coba nanti terasa otot bagian mana yg terasa tegang/keras

  52. Ardi / says :

    Sore Mas Ardo,
    Saya mau tanya, gigi geraham kanan dan kiri saya sebelumnya pernah berlubang, lalu saya biarkan sampai giginya rapuh dan rontok. apakah dapat ditolerir atau ada solusi.
    Saya berniat masuk SIPSS Mas.
    Terima Kasih sebelumnya.

    • Ardo / says :

      @ Ardi
      Masih ditolerir tp sebelumnya bersihkan dulu barangkali masih ada sisa

      • Ardi / says :

        Tidak harus diganti dengan gigi palsu kan..?

        • Ardo / says :

          @Ardi
          bagusnya sih diganti gigi palsu biar estetika nya bagus, klau nggak jg nggak apa2

  53. suahrul / says :

    wah makasih atas info nya pak…
    tp q baru kuat pul up 3 kali sedang kan pendaftaran bulan juni ?
    apakah waktu sesingkat ini bisa ‘

    • Ardo / says :

      @suahrul
      Melatih Pull Ups memang lebih berat ketimbang melatih Push up dan Sit up
      saya yakin jika latihan lebih intensif masih bisa nambah 3 kali lagi
      karena Pull ups dapat 3 kali nilainya baru 25
      jika Pull up 6 kali dapat nilai 40

  54. ryan hidayatullah / says :

    Ass ..
    Mas saya mau tanya ,, kalau kita tes tp biaya kurang bagaimana agar tetap bisa lolos,,dan saya ada pnyakit sedikit mas yaitu telapak kaki pecah2 apa masih bisa ikut mas,,
    Sekian trimakasih,,

    • Ardo / says :

      @ryan hidayatullah
      Biaya apa lagi ? tes nggak pakai biaya klau lulus ya lolos
      telapak kaki pecah2, tdk apa2 silakan lanjutkan

  55. januar / says :

    mas tinggi saya 173 berat 55. idealnya brp mas ?

    • Ardo / says :

      @Januar
      Nih rumusnya
      TB Ideal = (TB-100)x90%
      hitung sendiri ya

  56. Bayu / says :

    Bang saya taruna, dan memiliki banyak teman akabri, setahu saya angkatan laut lari hanya 2400 m dan renang 25 m, untuk yang akademi, dan tes hanya beberapa hari untuk di bali, fisik bisa ditolerir namun tes psyco harus no 1

    • Ardo / says :

      @ Bayu
      Mas bayu utk matra laut, udara dan Werving lari memang masih 2400 m
      kecuali AD utk Samapta periodik sdh pakai 3200 m,
      Nanti kalau sdh jd organik utk mengikuti Dikbangum,Dikbangspes fisik,psyco harus bagus

  57. M.NUR SATRIO / says :

    mas kalau boleh tau tes mental idiolegi itu apa yaa ?
    dan ada gak tes akademik utk bintara tni mohon pencerahaannya mas ?

    • Ardo / says :

      @ M Nur satrio
      Klau mau dijelaskan apa itu tes mental ideologi terlalu panjang utk dijelaskan
      tes akademik utk Bintara tetap ada, namanya Tes Kemampuan Akademik
      Silakan kunjungi http://seleksitnipolri.com
      sy ReKomendasikan situs ini, apabila ingin tahu lebih lengkap

      • M.NUR SATRIO / says :

        mohon penjelasannya lagi tes akademik itu meliputu seperti pelajaran di sokolah atau tes kemampuan umum pak ya…?

        • Ardo / says :

          @ M.Nur Satrio
          Kalau dijelaskan banyak Mas, nggak cukup di sini
          intinya seperti pelajaran sekolah
          persoalannya bentuknya aplikasi

  58. PANJI BANG KUSUMA / says :

    Om,mau tanya, sy masih kelas 2 skrg. Kl masalah tes fisiknya sy udh ngerti. Apakah ada syarat tinggi badan maksimal? soalnya sy ikut seleksi pasnas gagal dan sy ketahui gagal akibat tinggi badan lebih dr 180.

    • Ardo / says :

      @panji bang kusuma
      setahu sy di persyaratan tinggi penerimaan tni polri tdk ada syarat tinggi maksimal yg ada tinggi minimal
      Jika lulus seleksi utk orang2 yg tinggi biasanya masuk ke POM

  59. bima dwi angkoro / says :

    om ardo kalo ada bekas operasi besar di perut itu gimana om kalo saya daftar brigpol apakah bisa and satu lagi apakah kaki leter X bisa di sembuhkan….

    • Ardo / says :

      @bima dwi angkoro
      Bekas operasi besar di perut biasanya gagal, kaki leter X tdk bisa di luruskan sdh bawaan
      dari sononya

  60. agus / says :

    kalo bekas penyakit bisul, masih bisa masuk enggak pak…makasih

    • Ardo / says :

      @agus
      Bekas BISUL ??? ya nggak apa2 bro Agus

  61. adi / says :

    eh saya mau tanya tentang Tes Kesamaptaan Jasmani, misalnya kita kuat push up 40x selama 1menit. tapi tiap 20x push up berhenti sebentar itu dihitung ga sih? atau selama 1 menit harus langsung 40x.

    • Ardo / says :

      @adi
      Eh bisa jeda nanti hitungannya dilanjutin saat jumlah terakhir yg didapat

  62. Pacol / says :

    mas kalo ngga bisa pull up tp push up dan sit up 40 keatas dan lari diatas 2000 an apakah tetep keterima di anggota polri?

    • Ardo / says :

      @pacol
      coba dihitung bisa dapat nilai 70 tidak
      kalau lawan kamu nilainya sama dengan kamu tapi dia bisa Pul ups
      kamu kalah

  63. Red / says :

    Kalo tinggi 173 berat 60 gmna mas ?

    • Ardo / says :

      @Red
      Hitung sendiri ya
      BB Ideal = (TB-100)x90%

  64. Andre / says :

    saya masih kls 1, smk jurusan Multimedia bisa kan ?
    aturan saat melakukan tes pull up apa aja ?
    seperti posisi genggaman tangan dan kaki

    • Ardo / says :

      @ Andre
      SMK setahu sy tdk bisa
      Aturan Pull Ups pegang/genggam tiang restok dengan kedua tangan, posisi tangan badan kaki menggantung lurus
      kemudian angkat badan dengan kedua tangan sampai leher menyentuh tiang restok lakukan berulang-ulang
      selama 60 detik

  65. putri / says :

    misi mas. klw gigi graham nya 1 coplok. itu bsa gak lolos tes kesehat ?

    • Ardo / says :

      @putri
      Masih bisa lulus kesehatan,tp sebaiknya di beri gigi palsu

      • Nisa' / says :

        brati kalo mau daftar kowal ga ada lari 12 menit nya ya?

        • Ardo / says :

          @Nisa
          Semua klau daftar TNI POLRI
          tes nya tetap ada Lari 12 menit, mbak

  66. mas…
    numpang nanya kalau paru-parunya hitam gimana ya?
    bisa masuk gx ya ?
    trus temen ane nanya kalau dah gx perjaka,bisa masuk TNI gx ?
    sekian mas….

    • Ardo / says :

      @Rizky
      Paru2 hitam kenapa ? klau penyakit lewat
      temennya suruh daftar aja,biar tahu bisa nggaknya

  67. assalamualaikum saya mau nanya pak jika sya latihan renang mengunakan gaya katak tangan kaki saya bergerak bersamaan bagaimana caranya jika tangan dan kaki tidak bergerak bersamaan terima kasih

    • Ardo / says :

      @putra
      Waalaikum salam
      Caranya : tinggal gantian sj geraknya antara kaki dg tangan
      lagian buat apa latihan seperti itu ? hasilya tdk maksimal krn tdk ada daya dorong
      bisa2 kamu kehabisan napas trus kelelep

  68. seruni / says :

    Misi gan, kalo di jari ada bantalan untuk nulis (kayak kapalan gitu) bisa lolos gak ya? Dan kalo ada selulit nya sedikit bisa lolos gak?

    • Ardo / says :

      @seruni
      Selagi itu bukan penyakit, tdk masalah seperti selulit itu bukan penyakit tp sebaiknya di hilangkan
      krn merusak penampilan jd nggak pede toh

  69. arthur / says :

    assalamualaikum pak
    Saya mau nanya umur saya 17thn tahun ini saya bru naik kls 3 Sma thn dpn mau tes akpol,tingi168cm berat 45kg,bisa gx tu ? Tapi saya sangat Bodoh matematika
    Dan bapak saya Major 1 bunnga saya bisa lolos dengan Mudah gx,kan jata untuk bpk saya ?

    Mohon bantuan’x pak?

    • Ardo / says :

      @ arthur
      Waalaikum salam
      Coba ceritakan sama bapaknya ya…
      kan anaknya Mayor, bapak kamu pasti tahu

  70. Robin pardosi / says :

    Mas,,, tolong imformasinya
    kalau sudah lulus semua test dalam test TNI, apakah harus bayar uang bnyak utk bisa menang?
    Terimakasih

    • Ardo / says :

      @Robin pardosi
      Klau sdh lulus semua tes TNI, tinggal mengikuti pendidikan dan tdk perlu keluar uang, semua dibiayai Negara

  71. asalamualaikum om
    kalo tangan kiri tidak bisa bengkok full sampai bahu gimana om? kurang 3/4 jengkal , soalnya hari itu pernah patah tangan om , itu bermasalah gak om kalo masuk polisi? mohon penjelasannya om trima kasih

    • Ardo / says :

      @andre
      Kalau tangannya tdk terasa sakit dan tdk mencolok sy kira tdk apa2
      Coba daftar aja dulu ya

  72. rizki / says :

    mau nanya mas kalo ada kelenjar getah bening di blakang telinga gimana?

    • Ardo / says :

      @rizki
      Kelenjar getah bening? sy tdk tahu penyakit apa itu,berbahaya atau tdk, sebaiknya sembuhkan dl ya

  73. anoz / says :

    Makasih banyak ya. kak.. :)
    sangat membantu… 😀

  74. dedi topik / says :

    Pak kalau di kaki punggung banyak otot dan gigi ompong ?
    Masih bisa gak

    • Ardo / says :

      @dedi topik
      tdk masalah klau di kaki banyak otot yg penting bukan Varises
      gigi nya di tambal dulu ya

  75. putro / says :

    Bang , jari manis saya yg sebelah kanan agak bengkok sedikit , apa msh bisa lulus tes fisik ?

    • Ardo / says :

      @putro
      Tdk masalah, lanjut daftar

  76. Faries / says :

    Asslamualaikum.wr.wb
    Pak sya faris klas 3 SMA,sya akui anda lcu pak dri tdi sya ska snyum” sndri bca postingan dan blsan bpak
    maaf pak apa bpak pnyk akun Fb,twitter.dll
    klo ada bleh sya tahu, hanya untuk konsultasi aja pak soalnya sya pngen jdi polisi pak
    trimakasih .wasslamualaikum.wr.wb

    • Ardo / says :

      @Faries
      Waalaikum salam wr.wb
      Sersan = Serius tapi santai hehehe
      kalau mau like aja fanpage cita-citaku yg ada di blog ya

  77. Andry / says :

    klo bekas operasi usus buntu gimana om gak bisa renang sama gigi saya gingsul. saya masih kelas 3 smp

    • Ardo / says :

      @Andry
      yakinkan bekas operasinya benar2 sembuh ya, trus belajar renang mumpung masih SMP
      dan gingsul nya di rapiin konsultasikan ke dokter gigi
      OK

  78. salam sejahtera
    ijin bang saya mau bertanya, apakah ijazah smp masih bisa mendaftar calon tamtama? dan 1 lg bang di pundak saya tulangnya agak sedikit menonjol, tp engga terlalu kelihatan, mohon solusinya bang trima kasih,

    • Ardo / says :

      @Rahmad
      Klau ketentuannya masih bisa utk daftar tamtama pakai ijasah SMP, tp sdh jarang
      dan biasanya kalah saing dg lulusan SMA dan tdk masalah utk tulangnya

  79. Arsya / says :

    Apakah jika sit up tangan harus dibelakang tengkuk kepala ?
    Trus genggaman tangan saat posisi pull up gimana ?

    • Ardo / says :

      @Arsya
      Sit Up tangan dibelakang tengkuk kepala, utk Pull up tangan menggenggam penuh tiang Restok nya

  80. galih / says :

    Om saya mau tanya batas yang masih bisa di tolerir untuk ukuran leter o itu seperti apa ya. Terus maaf ni satu lagi, kalau misalnya kita letrr o trus operasi biar lurus itu masih bisa di terima nggak sih om. Mohon jawabanya. Ditunggubya om.

    • Ardo / says :

      @galih
      utk batasan tolerir sy tdk tahu, menurut sy yg penting tdk mencolok
      dan menurut sy tdk bisa di operasi krn itu kan tulang dan sdh bawaan dari sononya

  81. andy / says :

    Mas, sya mw tnya..
    Tinggi sya 183cm, berat 67..
    Minimal brp kg lg sya bisa mendekati ideal?
    Krna sya sngt sulit untk menaikkan berat badan..
    Trmksih

    • Ardo / says :

      @andy
      coba lihat2 pertanyaan sejenis di atas ya

  82. husein / says :

    1. mas apakah buta warna parsial bisa lolos?
    2. kedua tes kesamaptaan itu dilakukan dalam hari yang sama?

    terima kasih.

    • Ardo / says :

      @husen
      Buta warna kemungkinan tidak lolos, tes kesamaptaan : Lari,pull ups,sit ups,push ups dan sutle runs
      di laksanakan pada hari yg sama

  83. Akbar / says :

    Mas sya mau tanya.
    Klo tidak bisa renang apakah bisa lulus msuk polisi ?

    • Ardo / says :

      @Akbar
      Tidak bisa berenang tidak bisa lulus

      • fahrul / says :

        ouiya mas kalau kaga bisa renang itu bisa lulus apa kaga mas ..
        jujur saya kaga bisa renang mas tapi cita-cita saya pingin jadi polisi tapi kaga bisa renang ..

        • Ardo / says :

          @fahrul
          Renang adalah salah satu yang di seleksi, jadi harus bisa renang
          Belajar renang demi cita-cita kamu

  84. Laifan / says :

    Mas, mau tanya kalau perokok berat bisa masuk tes TNI?

    • Ardo / says :

      @laifan
      Perokok berat bisa saja kalau utk masuk tes TNI, tp kemungkinan tdk lolos
      krn akan ketahuan waktu rontgen dan periksa gigi

  85. herman syaputra / says :

    permisi bang… mau tanya.. dulu saya pernah kena penyakit kulit di kaki,, tapi sekarang udah sembuh.. walau pun udah sembuh tapi bekas bekas nya basih ada,, bisa ngk ikut tes polri bang.?

    • Ardo / says :

      @herman syahputra
      Bekas2 penyakit kulit dikaki tdk masalah, masih bisa utk tes

  86. rubin / says :

    bang,kl bekas operasi kaki patah di paha,apakah masih bisa ikut seleksi TNI/polri?

    • Ardo / says :

      @rubin
      Bekas operasi patah tulang di paha nanti akan ketahuan ada bekasnya pd saat
      pemeriksaan kesehatan, dan biasanya akan gugur krn patah tulang mas, akan mengganggu saat pendidikan dan setelah
      jadi organik

  87. kalvin / says :

    Mas kalau amandel kita lanjut daftar bisa

    • Ardo / says :

      @kalvin
      Sama, sebaiknya amandelnya di obati dulu, jika sdh sembuh, lanjutkan daftar
      krn sia-sia nanti kalau masih sakit saat seleksi kesehatan akan gugur

  88. arief fihantara / says :

    pak mau tanya nih. . .

    saya pernah mendapatkan cacar cair pada bagian dada sebelah kiri sampai ke bawah ketiak. . .tapi ada bekas.a kecoklatan setelah sembuh. .. . .

    apa hasilnya ketika di test.a pak. .

    bekas.a gak banyak sekitar lebarnya sekepalan tangan dewasa. . .

    gimana pak

    • Ardo / says :

      @arief fihantara
      Bekas cacar air tdk ada masalah, penyakit umum yg didapat sekali seumur hidup,
      dan lama2 warnanya berubah menyesuaikan kulit aslinya

  89. yully s / says :

    pak mau nanya…
    Kalo mau jadi polisi/polwan, kalo gigi bagian depannya gak rata bisa di terima gak yaa..???
    terus kalo di kakinya ada bekas luka, nnti bsa d terima gak???
    Mohon informasinya..
    Makasih..

    • Ardo / says :

      @yully s
      Mungkin nanti akan kalah di penampilan

  90. puji / says :

    mas saya mw taya pendaftaran secaba tni ad tahun ni di buka bulan berapa y
    dan untuk jasmami sudah saya latih sejak setahun yg lalu,dan untuk renang apa harus gaya katak untuk secaba tni ad
    mkasi mas

  91. Ardhani / says :

    Pak, mau tanya. jika saya sudah bisa lari 2300M selama 12 menit dan kurang 100meter, dalam seminggu apakah bisa target tercapai 2400/2500M?

    Dan untuk Pull Up, apakah saat pull up kaki bawah boleh disilangkan? mohon penjelasannya. Trims

    • Ardo / says :

      @Ardhani
      Semua bisa klau mau berlatih serius,Pull ups kaki lurus

  92. faisal / says :

    misi bang mau nanya..

    apa bener lulusan SMP sederajat bisa mngikuti seleksi catam bang ??

    trimakasih bang

  93. Andrian / says :

    Mas saya mata yg kiri min 1/2 , yg kanan min 3/4 ,jadi ketajaman matanya dah mulai menurun, apa bisa di perbaiki ? atau masih bisa lulus ??

    trus saya umur 20 mw ke 21 apa masih bisa ?? mohon infonya

    • Ardo / says :

      @Adrian
      Mata minus gugur mas saat seleksi kesehatan

  94. Andrian / says :

    bang apa benar tes caba sekarang 3 tahun sekali ?
    yg benar berapa tahun sekalo?

    • Ardo / says :

      @Adrian
      Saya malah belum tahu, setahu sy tiap tahun pendaftarannya

  95. Ade Oktavian / says :

    Permisi, Pak.
    Saya sgt suka tulisan Bapak yg baik hati sekali mau berbagi ilmu n pengalaman.
    Saya mau tanya,Pak.
    Kalo ada sakit darah rendah bisa lolos tes kesehatan utk TNI/POLRI ga yah,Pak?
    Trus, kalo utk SISS itu utk S1 jurusan apa saja yah,Pak? Maksimal umur brp?
    Terima kasih sblmnya.
    GBU :)

    • Ardo / says :

      @Ade Oktavian
      Trmksh dah muji hehehe
      Darah rendah tdk berbahaya dibanding darah tinggi, sebaiknya di normalkan ya
      SISS ? SIPSS kali
      S1 : Psikologi, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan
      Rekreasi/Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Teknik
      Informatika/Sistem Informasi/Ilmu Komputer, Kimia, Desain
      Grafis, Kurikulum danTeknologi Pendidikan, Pendidikan
      Bahasa (dan Sastra) Inggris, Fisika, Teknik Elektro, Teknik
      Metalurgi, Teknik Sipil dan Hubungan Internasional.
      Umur mak S1/D4 : 26 tahun

  96. rachmad / says :

    Permisi pak mau tanya ,saya mau ikut tes bintara polri ,tpi gigi taring saya tumbuh ke dalam ,jadi agak terlihat ompong padahal sebenarnya tidak ,saya mau tanya klo saya mau nutup gigi nya agar tidak nampak ompong boleh engga ya ,,,,

    • Ardo / says :

      @rahmad
      jika nanti Tes kan diperiksa,ya nggak apa2, klau pun mau di tutup pakai apa?

  97. Rizky / says :

    kalo kaki kapalan gmn?

    • Ardo / says :

      @Rizky
      Kaki kapalan lanjut nggak apa2

  98. wahyu setyo pambudi / says :

    pak saya masih kelas 3 smp,bapak saya suruh saya sekolah di smk,saya bingung mau ngambil jurusan apa untuk jadi polisi?

    • Ardo / says :

      @wahyu setyo pambudi
      Rata2 jurusan lulusan SMK bisa untuk daftar Polri, kecuali jurusan tataboga,perhotelan dan kecantikan

  99. Bagus / says :

    Bang kalau nambah pull up dari 8 ke 12 atau 13, bagaimana bang, terus kalau latihan sehari berapa kali ?

    • Ardo / says :

      @Bagus
      Tidak pakai patokan,misal awal 4 naik jadi 5 atau 6 tergantung kemampuan kita,yang penting rutin berlatih
      latihan bisa tiap jam,dua jaman, tiap jam ganjil dsb atau tiap selesai sholat 5 waktu

  100. Rizki Atrio Handari / says :

    Permisi pak.. mau tanya… saya perempuan berusia 23thn.
    Saya mau daftar PAPK tni pak ijazah S1 saya keluar 2bulan lagi,
    i sedangkan PAPK sudah buka pendafttarannya dan tutup 15okt ini.
    Apa kah saya bisa melampirkan surat tanda kelulusan dulu?

    Saya juga memiliki bekas operasi di perut agak besar.. apakah mempengaruhi tes kesehatan?

    Terimakasih pak..

    • Ardo / says :

      @Rizki Atrio Handari
      Minta surat keterangan dr Universitas nya ttg ijazah yg belum keluar dg melampirkan surat tanda kelulusan.
      Bekas operasi di perut agak besar ? bekas sakit apa ya, jika itu bekas operasi penyaki dalam tentu akan mempengaruhi.
      Krn Semua nya saat seleksi akan mempengaruhi hasil kelulusan

  101. tri wulandari / says :

    kalau selulit apakah masih bisa masuk polwan?

    • Ardo / says :

      @tri wulandari
      Selulit bukan penyakit parah, hanya kelihatan kurang menarik saja
      masih bisa utk masuk Polwan, tapi sebaiknya coba di obati ya

  102. rizky syachrian / says :

    Assalamualaikum pak,saya mau tanya pak,kalo rambut kepala ada ubanya apa bisa masuk akpol?

    • Ardo / says :

      @rizky syachrial
      Rambut ada ubannya ya nggak masalah bisa daftar Akpol

  103. bekhi / says :

    pak mau tnya???klo tato dri buah mete bisa brmslah gak untuk TNI AL..

    • Ardo / says :

      @bekhi
      Tato apapun bentuknya maupun alat untuk membuatnya, jangankan dari buah mete dari spidol saja dan saat seleksi belum hilang
      di jamin tidak akan lulus saat seleksi awal, kenapa ? karena dari situ saja sudah terlihat etika moral nya.
      Kecuali karena adat istiadat budaya suatu daerah misal: Dayak, Mentawai masih di perbolehkan.

  104. danru / says :

    Assallamu’alaikum..
    Menarik sekali info yg diberikan oleh saudara ardo..
    Jangan terlalu serius.. Santai saja memberikan informasinya… Karna banyak sekali mata elang yang memantau..

    Lanjutkan!

    • Ardo / says :

      @danru
      Waalaikum salam…
      Semoga Info yang sedikit itu dapat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan
      Terima kasih telah berkunjung

  105. tes renang dilaksanakan di kolam renang apa dilaut pak:-)

    • Ardo / says :

      @roni wijaya
      Tes renang dilaksanakan di kolam renang

  106. yohanes / says :

    mas saya mau nanya beberapa info ..saya mendengar dan sudah sempat bertanya tetpai belum mendapat jawaban pasti dari pihak POLRES tempat saya tinggal ..pertanyaan ny apakah benar pendaftaran BRIGADIR POLRI akan diadakan tgl 24 Nov – 24 Des ..mohon ketersediaan berbagi informasinya (saya msh terus mencari info d POLRES setempat) dan satu lg mas tinggi saya 175 cm dan berat badan 80kg ..kira” brp BB yg harus saya miliki untuk dapat mendaftar? terima kasih sebelum nya

    • Ardo / says :

      @yohanes
      Saya tidak tahu pastinya krn bukan panitia, mungkin bisa pantau di sini http://www.penerimaan.polri.go.id
      BB ideal : TB – 100 x 90%
      175 – 100 = 75 x 90% = 67,5 kg
      Toleransi berat badan normal adalah ditambah atau dikurangi 6 Kg.

  107. Defri / says :

    Misi pak,kalo ada varikokel bisa lulus polri gak pak,soalnya varikokel saya ini cman terlihat di mlm hari,klo di pagi hari inshaallah gak terlihat pak,mohon bntuan pnjlasan nya pak ???

    • Ardo / says :

      @Defri
      Kalau ada Varikokel tidak bisa lulus Polri
      nanti saat seleksi bukan sekedar di lihat tapi benar-benar diperiksa

  108. Defri / says :

    Lagu bagaimana cara menghilangkan varikokel itu pak,mohon bntuan nya ??

    • Ardo / says :

      @defri
      Untuk Masalah Varikokel sebaiknya konsultasikan ke Dokter ya Mas untuk pengobatannya

  109. dera / says :

    Bagaimana cara menghilangkan varikokel pak,di suntik apa di operasi ?? Trus klo di operasi bekasnya bsa menggugurkan tes ato gmna pak,mohon pnjlasan nya.

    • Ardo / says :

      @dera
      Untuk mengobati Varikokel jangan sembarangan,sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk pengobatannya.
      Bekas operasi nya bisa menggugurkan seleksi, karena nanti di kuatirkan akan kambuh jika latihan berat.

  110. Pgii bang klo pnyakit kulit kyk sprti panu ataw smcam kusta dan pnyakit itu g bkalan hlang lampangny ..apkh bole ikut tni angktan darat g ???Mkc

    • Ardo / says :

      @darmo
      Kalau penyakit kulit ringan yang tidak apa2 macam panu,kudis,bisul, cacar air dll tapi sebaiknya diobati dulu saat seleksi
      karena bisa gugur karena kita dianggap tidak pandai merawat diri/jorok
      Kalau macam Kusta itu penyakit kulit berat mas ya pasti akan gagal biarpun dianggap sudah sembuh

  111. defri / says :

    Maaf pak,mau nanya ni pak,apakah varikokel tu bsa di hilangkan klo di bwa ke dokter pak ?? Trus cara ngilanginnya di ksh obat ato di suntik pak ???

    • Ardo / says :

      @defri
      ????? kan sdh saya jawab….
      Sebaiknya Konsultasikan ke Dokter Varikokelnya
      saya tidak tahu bisa hilang atau tidak dan saya juga tidak tahu dikasih obat atau disuntik karena saya belum pernah mengalami.

  112. Septian / says :

    Alhamdulillah lari saya sudah 3500 meter dalam waktu 11 menit 25 detik, pak. saya sekolah sepak bola dan tidak merokok jadi ada keuntungannya pak.
    saya mau bertanya pak, apakah benar untuk secata itu poin yg terpenting selain dari kesehatan adalah postur, renang, dan semapta a b pak? Terima kasih pak

    • Ardo / says :

      @Septian
      Mantap larinya, sudah dapat nilai bagus tuh
      Itu anggapan yang keliru, bukan hanya Secata, semua jenjang seleksi baik itu Secaba, Akpol, Akmil semua poin yang dimaksud Penting.

  113. Gan apakah bisa patah tulang masuk tni , saya patah kelas 4 sd sekarang sudah sma kelas 2

    • Ardo / says :

      @ilmar cahyo
      Patah tulang jelas tidak bisa untuk masuk TNI
      tapi karena patah tulangnya sudah lama waktu SD coba cek ke dokter apakah sudah normal kembali

  114. defri / says :

    Jadi gni mas,saya punya varikokel,pada penerimaan polri april 2014 kmren saya lulus tes kesehatan 1,trus saya gagal nya di akademik.
    Pada tes waktu tu jadwal tes saya pagi mas,jdi varikokel saya tu gak terlalu jelas di periksa,tpi pas saya cek up ke dokter di mlm hr ktanya saya ada varikokel nya mas ???
    Yg saya bingungkan apa penerimaan polri 2015 bsk tu saya bsa lulus lg ato nggak mas ???

    • Ardo / says :

      @defri
      Kalau menurut saya itu namanya “untung-untungan” mungkin team pemeriksa kurang teliti karena pesertanya banyak
      biar tidak penasaran coba lagi saja, dan berdoa semoga hasilnya seperti tahun lalu

  115. hilmi / says :

    asalamualaikum om…
    saya mau nanya …
    untuk latian pull up saya masi bisa nggantung biasa tapi setiap hari saya lakukan … tapi push up ,sit up saya lakukan bertahap seperti trick nya om
    ..
    untuk postur saya masi sedikit gendut tapi ideal om tapi setiap hari saya latian fisik tanpa merhatikan kondisi tubuh saya.. bahkan setiap plg sekolah langsung ganti ,lari sampe abis magrib…

    cara yg tepat ngurangi gendut dgn berat badan 75 tinggi 173,terus bisa pull up yg bener dan pastinya jaga kondisi tubuh gimana ya.. makasih om

    • Ardo / says :

      @hilmi
      Ya sama latihan Pull ups nya jangan hanya nggantung bertahap seperti lainnya, karena percuma kalau hanya nggantung otot
      jadi tidak terlatih untuk angkat tubuh, laripun sama harus bertahap juga.
      Jika sudah mencapai nilai yang di inginkan tinggal di pertahankan
      Lari dan latihan Sit Ups bagus untuk kecilkan perut.
      Yang tahu kondisi tubuh kita ya kita sendiri, Latihan fisik harus di imbangi dengan asupan makanan yang bergizi
      dan istirahat yang cukup, jika tidak kita bisa “Drop” malah sakit yang didapat

  116. Muhammad Agung Saputra / says :

    Mas , jika tangan tangan bengkok dikit bekas cedera saat bermain futsal , tapi tidak patah hanya retak tapi sudah normal seperti yg normal , mas apakah bisa lulus dri seleksi ? Terima kasih

    • Ardo / says :

      @Muhammad Agung Saputra
      Kalau sudah normal seperti yang normal berarti normal, ya tidak apa-apa masih ada kesempatan lulus seleksi

  117. dwi fikri / says :

    Permisi mas . Saya mau nanya tentang pull up . Saya tidak kuat pull up dari bawah mas saat gantung lalu tarik ke atas saya tidak kuat . Nah saya baca baca coba latihan pull up dari atas ke bawah dan terasa bicep saya sakit . Nah apakah latihan saya benar mas agar bisa narik tubuh ke atas ? . Bb 60 tb 173 . Saya sblmnya gendut mas habis habisan diet demi cita citaku . Masalah saya tinggal pull up nih. Lari bisa di latih . Push up lumayan latihan abis solat . Sit up lumayan . Cuma stuk di pull . Dan satu lagi kalau gigi geraham lepas 1 gimana mas saya umur 16thn trims

    • Ardo / says :

      @dwi fikri
      Nanti yang di nilai Pull ups itu gerakan dari bawah keatas bukan dari atas ke bawah
      jadi latihannya ya tarik tubuh dari bawah keatas bukan sebaliknya
      latihan dari atas kebawah salah, perhatikan :
      kalau dari bawah ke atas namanya menarik tubuh
      kalau dari atas kebawah namanya menahan tubuh… Jelas beda
      Kalau memang kebingungan belajar Pull Ups dan merasa kesulitan nggak bisa2, pergi ke Gym/Fitnes tanyakan ke Instrukturnya
      nanti akan di ajarkan cara latihannya, Pasti akan bisa Pull Ups
      Geraham lepas satu masih bisa tapi ya itu namanya juga seleksi akan mengurangi nilai

  118. pak, kalo ada bekas jahitan di pelipis mata dan d lengan masih bisa seleksi kagak?
    Nggak besar sih hanya 3 cm
    oh ya kalo gigi jarang berpengaruh nggak pak?

    • Ardo / says :

      @klizman
      Tidak apa2 bekas jahitan di pelipis mata dan dilengan
      gigi jarang tetap berpengaruh pada tahap seleksi

  119. Edy / says :

    Mas Mau Nanya
    Aku Udah Berlatih , Tp Belum Tau Angka Minimal Yg Musti Di Capai
    Pull Up Baru Dapet : 12 X
    Push Up Baru Dapet : 35 X
    Sit Up Baru Dapet : 33 X
    Suttle Run Belum Tau Hehehe
    Mana Mas Yg Musti Di Tambah ?
    Terima Kasih

    • Ardo / says :

      @Edy
      Pull Ups 12X = 70 sudah bagus , nilai 100 = 18X
      Push Ups 35X = 60 Kurang , nilai 100 = 43X
      Sit Ups 33X = 60 Kurang , nilai 100 = 41X
      Nilai Sutle Runs 18,9 detik = 70 , nilai 100 = 15,9 detik
      Terus Berlatih

  120. tania yolanda / says :

    Kk saya mau nanya kalau ada bekas operasi dan bekas luka bakalan ngaruhin nilai postur tubuh kk?

    • Ardo / says :

      @tania yolanda
      Saya rasa tidak ada, karena penilaian Postur itu pada dasarnya untuk melihat keserasian antara tinggi,berat bb,
      susunan tulang dll pada tubuh kita

  121. pai / says :

    mas klo bekas luka kecelakaan di lutut dan di kepala bisa daftar TNI gk.di kepalanya bekas lukanya gk tumbuh rambut(sedikit)

    • Ardo / says :

      @pai
      Bekas luka di lutut atau di kepala tidak masalah
      yang penting tidak mempengaruhi organ tubuh didalamnya

  122. zainuddin / says :

    Bang gigi saya jaraknya terlalu jauh, jaraknya banding 1 gigi, tepatnya di gigi taring,, kira* bisa gak di obati, apa solusinya, trimakasih

    • Ardo / says :

      @zainuddin
      Saran saya sebaiknya konsultasi ke dokter gigi
      mungkin nanti dokter giginya bisa kasih solusi

  123. galang pujakusuma / says :

    selamat malam bang…
    izin mau koreksi rumus badan ideal…
    ada baiknya untuk ditinjau ulang rumusnya….
    kayaknya itung2an itu tidak sesuai dg hasilnya bang…….

    terimakasih… selamat malam…

    • Ardo / says :

      @galang pujakusuma
      Malam…
      terima kasih atas koreksi rumus badan idealnya
      tapi yang mana ya…untuk di tinjau ulang rumusnya
      langsung aja di tulis di kolom komentar ini
      agar rekan-rekan yang lain tahu
      karena wajar toh namanya manusia ada kesalahan
      terima kasih

  124. robbi / says :

    bang kalau pernah kena penyakit kulit seperti gudik/skabies,sudah sembuh tapi bekasnya masih ada agak kecoklatan gitu..
    apakah lolos tes kesehatan?
    makasiih

    • Ardo / says :

      @robbi
      Tidak ada masalah nanti lama2 juga hilang bekas nya

  125. horasss
    selamat malam pak, saya mw nanya lg pak hehe
    saya masih bingung ne pak, postur tubuh saya sudah besar, kalau saya latihan, takutnya nanti badan saya berbentuk,, gimana tu solusinya pak kalau ikut seleksi??

    Trimakasih

    • Ardo / says :

      @klizman E-stocohlm Marpaung
      Ya tidak apa-apa kan sesuai dengan Posturnya
      terus kalau tidak latihan apa sudah yakin bisa Samapta A dan B

  126. Syuaib amrullah / says :

    Malam bang
    Saya mau bertanya apakah kita tidak lulus tes jasmani polri jika kita tidak bisa pull up sama sekali?tetapi sit up, push up dll sudah bisa semua.. Makasih

    • Ardo / says :

      @syuaib amrullah
      Ya jelas bisa tidak lulus
      biarpun sit up,push up dapat nilai bagus tapi pull ups tidak bisa alias jeblok
      sedangkan ada orang lain yang bisa semuanya dan dapat nilai bagus juga
      ya akibatnya kita tersingkir

  127. Assalamu’alaikum wr wb,
    Permisi pak saya mau mau tanya kalo ada bekas lecet lalu membekas warna hitam di bagian kaki,kecil2 tapi cukup banyak walaupun sudah tidak membekas hanya saja warnanya msh hitam apa itu bisa mempengaruhi nilai saat seleksi ?
    Terimakasih
    Wa’alaikumsalam wr.wb

    • Ardo / says :

      @Roso
      Tidak masalah nanti juga lama-lama hilang dan yang
      penting itukan bukan penyakit berbahaya

  128. arie / says :

    selamat malam pak saya mau tanya.
    rencana saya mau daftar tni tapi kepala saya itu penyang ,bisa apa tidak?
    terima kasih

    • Ardo / says :

      @arie
      Silahkan daftar tidak ada masalah, ikuti seleksinya

  129. andi / says :

    assalamu’alaikum wr.wb kalau tinggi saya 166 cm masih bisa masuk nggak ? terima kasih

    • Ardo / says :

      @andi
      Waalaikum salam…
      Untuk persyaratan tinggi minimal 165 cm, jadi tinggi 166 cm masih ok

  130. defri / says :

    Bulan brapa pembukaan penerimaan polri 2015 pak ???

  131. fadli / says :

    Permisi pak saya mau tanya…
    Kalo bekas luka d telinga abis jatuh dan menyerupai
    Seperti bekas tindik apakah bisa ikut tes tni/polri pak..
    Trimakasih..

    • Ardo / says :

      @fadli
      tidak ada masalah, kan nanti dokter tahu mana bekas tindik apa bukan

  132. Rere / says :

    asalamualaikum
    saya mau tanya pak, saya wanita kalau mau ikut tes PaPk cara pull up wanita sperti apa dan hrus brp kali kalo mau lulus??
    satu lg kalo sdh tdk perawan apakah msh bs lolos?
    mohon infonya..

    • Ardo / says :

      @Rere
      Waalaikum salam…
      Pull ups pada wanita namanya Chinning.gerakan menarik badan
      posisi tubuh harus lurus kaki bertumpu lantai tangan memegang tiang, gerakan
      sebanyak-banyaknya waktu maksimal 1 menit.
      dapat 63 kali selama 1 menit nilai 100
      Yang saya tahu harus Perawan karena menyangkut masalah akidah
      tapi yang saya dengar katanya sekarang persyaratan tersebut di hapus

  133. yeti / says :

    Assalamu alaikum ka’ mau bertax kalau misalx pux tindikan di telinga maksudx tindikanx 2 masih bisa lulus tes polwan atau akpol?? Dan bagaimana cara menghilangkan tindikan itu?

    • Ardo / says :

      @yeti
      kalau perempuan masuk Polwan,Kowad, Kowal,Wara
      punya tindikan ya tidak apa2
      kalau menghilangkan tindikan saya tidak tahu tuh

  134. defri / says :

    Kalo gigi depan tambal gede2 tiga buah gigi gmna pak,bsa lulus tes kesehatan 1 gak pak ???

    • Ardo / says :

      @defri
      Biasanya yang di tambal itu gigi geraham
      kalau gigi depan berarti tambalannya kecil-kecil ya
      Lanjut saja mas daftar

  135. riyan / says :

    Klo kita ada varikokel gmna pak ?? Di kurangi nilai aja ato dah di cap gak lulus dlm tes kesehatan 1 nya pak ???

    • Ardo / says :

      @riyan
      Varikokel tidak lulus saat seleksi kesehatan nanti

  136. pirhot / says :

    HORAS PAK …..
    Saya mau nanya pak, kalau badan sudah terbentuk otot dan perut six pack ada dampak buruk nya gak kalau mau masuk AKMIL/AKPOL ???
    mohon pencerahan nya paK.

    • Ardo / says :

      @pirhot
      badan berotot dan perut six pack tidak masalah saat tes
      dampak buruk nya paling saat pendidikan kembali normal lagi

  137. febri / says :

    Pak, saya umur 17 tahun pengen ikut bintara tahun ini. Tapi kemaren pas saya medical cek up katanya kaki saya bentuk x 7 cm. Apa kah bisa lolos? Trus standar kaki x masuk bintara berapa? Tolong dijawab makasih.

    • Ardo / says :

      @febri
      Untuk standar kaki X saya tidak tahu
      Saat medical cek up seharusnya di tanyakan ke dokternya

  138. harry / says :

    Mas untuk lari tni ad itu minimal berapa mas..

    • Ardo / says :

      @harry
      Untuk seleksi sebenarnya tidak ada patokan batas minimal
      makin bagus makin baik hasilnya
      sebagai acuan nilai 65 lari harus dapat 2842 Meter dalam waktu 12 menit

  139. tedyyudianto / says :

    Bang saya mau tanyak.
    Tinggi saya 175 berat normal nya berapa ya bg.
    Saya sudah latihan
    Push up=60
    Sith up=50
    Restok =10
    Cuman saya belum dapat lari 3200 M.
    Apakah sertifikat PASKIBRA dan PRAMUKA NASIONAL dan sertifikat karate bisa di bawak waktu pendaftaran bang.
    Informasi nya ya bang :)

    • Ardo / says :

      @tedyyudianto
      Untuk perhitungan berat ideal lihat pertanyaan sejenis di atasnya ya
      Samata B sudah Oke banget
      samapta A 3200 itu dapat nilai 84
      perbanyak latihan dapat, 2937 saja sudah oke dapat nilai 70
      Sayangnya sertifikat2 tersebut tidak ada dalam persyaratan administrasi
      Tapi di bawa saja barangkali di butuhkan nanti saat tes Wawancara

  140. ornando sambali / says :

    Maaf pak menganggu bole naya apakah bekas tindik telinga masih bisa ditoleransih?

    • Ardo / says :

      @ornando sambali
      Di tindik sayangnya tidak bisa karena menyangkut masalah Mental dan etika
      kecuali karena adat dan budaya suatu daerah

  141. Nisa / says :

    Mau tanya pak, untuk calon polwan bisa pakai jilbab?

    • Ardo / says :

      @Nisa
      Untuk calon Polwan tidak boleh menggunakan jilbab
      kecuali pendaftaran melalui Provinsi NAD

  142. Misal cuma bisa lari 2310 meter dapet nilai brapa pak…??

    • Ardo / says :

      @arkan
      Lari 2310 dapat nilai 37

  143. Trisha / says :

    Mau tanya ya om,kalo ikut tes secaba polri,ada bekas jahitan usus buntu apa bisa ikut tes ? Tapi oprasi nya udah belasan taun yg lalu,dan ga pernah ada keluhan lg. Trimakasih.

    • Ardo / says :

      @Trisha
      Pada saat seleksi kesehatan dan terlihat bekas operasi/ada riwayat pernah operasi usus buntu
      biasanya gagal mas Trisha.
      Karena orang yang pernah operasi usus buntu sudah tidak bisa melakukan kegiatan fisik yang berlebihan,
      saat pendidikan nanti akan menguras energi,pikiran dan fisik yang banyak dan dikhawatirkan akan drop
      yang akan membahayakan diri sendiri.

  144. tedyyudianto / says :

    ijin bang . sertifikat yang diperlukan apa saja bang
    makasih bang atas bantuan nya bang

    • Ardo / says :

      @tedyyudianto
      Maksudnya Sertifikat apa ?

  145. aditya / says :

    Malam bang

    Izin tanya
    Gimana bang kalau gigi taring saya patah dan saya cabut di ganti gigi palsu, apakah masi ada kesempatan daftar bang.

    Terimakasih

    • Ardo / says :

      @aditya
      Masih ada kesempatan Mas, silahkan mendaftar

  146. SANTO / says :

    mas sya mau tanya. klau ada bekas luka di bgian kaki kena parang dan ad gigi 1 yg berlubang ap ka bermasalah dlam tes polisi .

    • Ardo / says :

      @santo
      Kalau hanya bekas luka saja tidak apa-apa
      dan gigi yang berlubang ditambal dulu biar tidak bermasalah, ok

  147. riyan / says :

    Umurku 19 trus karna tiap hr latihan fisik kayak puss up sit up dan pull up badan saya jadi berotot dan udh berbentuk pak,apakan gak mslah ktika tes msk polri nya pak ??

    • Ardo / says :

      @riyan
      Tidak apa apa malah bagus tapi imbangin dengan latihan lari ya

  148. ADHI / says :

    permisi pak, saya mau daftar tapi muka saya masih berjerawat, apakah mengurangi nilai ketampilan?

    • Ardo / says :

      @adhi
      Muka berjerawat tidak masalah itu bukan penyakit berbahaya
      tidak ada penilaian ketampilan

  149. Gede Rizki Novaldiano / says :

    Pak saya ingin bertanya, bagaimana bila gigi atas saya agak lebih maju, apakah saya punya kesempatan daftar akpol atau saya harus membenarkan dulu gigi saya ini pak ?

    • Ardo / says :

      @gede Rizki Novaldiano
      Semua tetap masih ada kesempatan selagi bukan penyakit berbahaya
      Jika ada biaya lebih baik jika di benarkan dulu/pasang kawat gigi baik untuk daftar Akpol ataupun tidak
      agar lebih PD

  150. zaenal / says :

    maaf mas, bukanya sombong atau gimana, untuk tes tes itu hasil saya lulus semua, bahkan di atas rata – rata, tali sayangnya gigi saya berlubang, minta pendapatnya ?
    terima kasih.

    • Ardo / says :

      @zaenal
      Bagus itu jika sudah yakin, senang saya bacanya
      Untuk masalah gigi yang berlubang saran saya di tambal saja
      Sukses

  151. tresnoto / says :

    mas kalau untuk jangka waktu 2 bulan supaya kita maksimal kaya yang mas contohkan diatas bagaimana mas ? dan kalau untuk fitness apa benar kalau untuk yang dibawah umur 20 belum boleh ? makasih mas

    • Ardo / says :

      @tresnoto
      Dalam jangka waktu 2 bulan jika dilatih secara kontinyu
      pasti akan dapat hasil yang baik dan akan ada peningkatan dari kondisi awal.
      Tidak apa apa, tujuan kita ke fitnes kan bukan untuk jadi binaragawan,
      tapi hanya untuk melatih otot-otot agar kuat Push Ups,Sit Ups dan Pull Ups
      Mengingat di tempat fitnes lengkap sarana dan prasarana nya

  152. yudha / says :

    om ardo kalau saya mau daftar tni tapi kayaknya ini kaki kanan sama kiri panjangnya beda, kira kira masih bisa nda? maturnuwun

    • Ardo / says :

      @yudha
      Maaf Mas Yudha biasanya gagal pada saat seleksi

  153. imam / says :

    Pak kalau tni au tes renangnya 25 m apa 50 m juga, kalau setahu saya tes akpol dan tni tes renangnya 25 m.

    • Ardo / says :

      @imam
      Untuk Werving (Penerimaan) biasanya semua tes nya standar seperti Renang 25 m
      kecuali untuk TNI AU ada tambahan Tes Terbang jarak 25 m (becanda.com)

  154. Edy / says :

    Mas Mau Nanya
    Pembukaan Pendaftaran TNI-AD SECABA 2015 Tanggal Barapa Ya ?
    Soalnya Aku Search DiGoogle Nggak Ketemu” , hehehe
    Terima Kasih Mas

    • Ardo / says :

      @edy
      untuk pendaftaran Secaba biasanya dimulai bulan MEI

  155. Fachry / says :

    Makasih mas atas info nya, saya mau nanya mas, tiggi saya 165 pas untuk tes polri, tapi badan saya agak kurus mas dan sudah agak membentuk tubuhnya mas, apakah bermasalah apa tidak mas ? Tolong infonya mas trmksh …

    • Ardo / says :

      @fachry
      Tidak ada masalah, malah bagus kurus tapi membentuk malah kelihatan gagah yang penting berat dan tinggi seimbang
      dari pada gemuk malah jadi masalah

  156. heri / says :

    kak. saya mau nanya. gigi geraham saya satu udah di cabut. apa bisa masuk polri.??
    mohon di jawab kak

    • Ardo / says :

      @heri
      Masih di toleransi, sialkan daftar masih ada kesempatan

  157. fachril / says :

    mas.. kalau ada luka jahit d lengan, kemungkinan bisa lulus gak yah ??

    • Ardo / says :

      @fachril
      luka bekas jatuh ya… tidak masalah

  158. Fikri abidin / says :

    Maaf pak saya mau bertanya.
    Tangan kiri saya agak bengkok sedikit. Tepatnya dibagian sikut. Dulu pernah jatuh saat sd kelas 4. Lalu sekarang kondisi tangan saya sudah normal seperti yg kanan. ” walaupun agak bengkok sedikit “. Dan saya tidak ada masalah saat melakukan latihan push up / pull up. Malah kekuatan tangan kiri saya, jadi lebih kuat. Dan saat latihan fisik pun, saya bisa semua. Dan sudah pas dengan target. Apakah masih ada kesempatan pak untuk masuk polisi ?.

    • Ardo / says :

      @Fikri abidin
      itu kejadian sudah lama dan sudah normal apalagi tidak mempengaruhi gerakan/latihan fisik
      tentu masih terbuka lebar untuk masuk Polisi

  159. bagus / says :

    om mau tanya kalo kaki leter o bisa masuk polri tidak …….? terus kalo kaki nya betisnya kebesaran gimana cara mengecilkan nya…? maklum dari kecil suka sepak bola hehehehe……jadi kaki nya besar.

    • Ardo / says :

      @bagus
      Kaki letter O jika masih pada batas toleransi masih bisa
      betis tidak usah di kecilkan dan memang tidak ada caranya biarkan apa adanya tidak ada masalah dalam seleksi

  160. Henky / says :

    om mau tanya, saya sudah sering latihan pull up dari nol smp skg dpat 8, tapi kenapa ya jika setiap hri dilakukan malah menurun kekuatannya… apa solusinya untuk meningkatkan pull upny?? trims..

  161. bayu / says :

    bang kalo kondisi tangan agak bengkok gmn itu bang?, trs kalo badan ane kecil dari keturunan, gmn ya bang? Tinggi badan ane 171cm.. caranya biar badan ane agak lebih berisi gmn bang? agar bisa daftar taruna AAU …

  162. azhri firmansyah / says :

    Mase mau nnya … Kalo kaki ada keloid nya bisa ditrima atau tidak ? Kecil sih ngga terlalu besar . trims

    • Ardo / says :

      @azhri firmansyah
      Sebaiknya keloid nya di obati dulu biar tenang saat seleksi nanti

  163. Bustomi / says :

    Kak.. Ardo.. Saya ada mata julingny.a kak.. Itu ada pengaruhnya gak sih pas tes kesehatan tni
    Teriima kasih kak.. Wassalam

    • Ardo / says :

      @Bustomi
      Tentu akan berpengaruh pada tes kesehatan nantinya

  164. Bayu Sulistyo / says :

    permisi, mau tanya misalkan hasil semua tes angkatan lautnya lulus/bagus tapi pas samapta nya lari 12 menit hanya dapet 2000m, pull up 10, sit up 20, renang 25 meter, dan shuttle run dapet 3x itu peluang lulusnya besar tidak?

    • Ardo / says :

      @Bayu Sulistyo
      Samapta A,B dan renang semua memakai tabel nilai untuk perangkingan, jika dijumlahkan nilainya kurang dari ketentuan sementara ada rekan lain yg ikut seleksi nilainya lebih bagus, tentu yang nilainya rendah akan tergusur.

  165. mas mau tanya kalo saya merokok terus berhenti merokoknya apakah bisa masuk ?

    • Ardo / says :

      @alwan
      Tentu masih ada kesempatan, yang penting pada saat tes Rontgen paru-paru tidak bermasalah

  166. pak saya mau tanya lagi kalo ada bekas penyakit kulit gak hilang hilang apakah bermasalah ??

    • Ardo / says :

      @alwan
      Penyakit kulit apa dulu, kalau misal jerawat,bekas cacar air tidak masalah

  167. bima / says :

    Mas kalo misalnya pull up,sit up,stulle run,lari 3200m itu nilai nya 100 terus gabisa renang apa ada kemungkinan lolos?

    • Ardo / says :

      @bima
      jika orang Samapta bagus biasanya bisa renang
      mudah kok belajar renang yang penting ada kemauan
      contoh saat seleksi:
      yang daftar 51 orang
      alokasi 50 orang
      dari yang tes 51 orang
      49 orang samapta nilainya 100 berenang nilai 100
      1 orang samapta nilainya 80 berenang nilai 100
      dan 1 orang samapta nilai 100 berenang nilai 0 (nol)
      kalau sesuai alokasi kira-kira siapa yang gagal?

  168. Rama / says :

    Mas ardo mau tanya

    Kalau saya ktp jakarta ingin daftar tni di ambon apa saya hrus rubah ktp ambon dulu atau membuatnya lagi ? Karena di ambon kampung halaman saya .

    • Ardo / says :

      @Rama
      Pendaftaran sesuai KTP domisili, jadi tidak bisa KTP Jakarta daftar di ambon
      harus ganti KTP Ambon dan sudah menetap minimal 1 tahun di daerah tempat pendaftaran

  169. Arnold / says :

    Mas saya mau nanya nih, gigi saya nih kan ada yang gak rata. Apakah mempengaruhi mas di tes kesehatan secaba tni/polri?
    Trus saya punya gigi berlubang 1 apabila gak di timbal apa langsung gagal mas?
    Makasih sebelumnya mas

    • Ardo / says :

      @arnold
      Jika gigi yang tidak rata dalam batas normal tidak apa apa, kecuali jika bentuk gigi tidak beraturan/berantakan
      serta rahang bawah/gigi bawah berada di depan gigi atas alias cakil itu bisa jadi masalah.
      untuk gigi yang berlubang sebaiknya di tambal dulu sebelum seleksi jika tidak akan gagal.

  170. gan klo kayak ane gmn?
    badan udh jadi gan soalnya rajin gym
    lari fisik diatas udh kuat gan apa bisa keterima?
    denger2 dari temen klo badan udh jadi gk bakalan keterima

    • Ardo / says :

      @bayuardian
      Sebaiknya memang antara berat dan tinggi badan itu seimbang
      latihan gym sebatas untuk penguatan otot tangan dan perut sehingga terlihat badan padat dan berisi
      sehingga mendukung untuk Pull ups, sit ups dan push ups bukan seperti binaragawan karena terlihat terlalu berlebihan/over
      karena nanti proses pembentukan ada pada saat pendidikan,
      sebaiknya latihan untuk penguatan saja bukan latihan berlebihan sehingga badan jadi seperti binaragawan
      Jika sudah jadi organik silahkan saja jika hobby binaraga

  171. riyo / says :

    MAs ardo kalo misal lari dapat 2600m pull up 1/2 push up 25 sit up 40,bisa lolos gak ya mas?

    • Ardo / says :

      @riyo
      Begini ya dalam seleksi itu tidak ada yang namanya nilai minimal
      saat seleksi itu harus dapat nilai sebagus-bagusnya/maksimal
      sehingga nanti saat perangkingan nilai kita masuk urutan atas tidak di bawah
      jika ada banyak nilai diatas anda, dan di ranking anda ada dibawah anda akan gagal, begitu sebaliknya

  172. dewa / says :

    Mas ardomau tanya tinggi saya 173cm Berat badan 80 kg,kira kira kurang brpa kilo lagi ya? Dan saya lari dapet 2700m push up 25 situp 35 pull up 2 ,bisa gak mas? Pullupnya masih susah soalnya

    • Ardo / says :

      @dewa
      berat badan dikurangi minimal 9 kg
      lihat jawaban dibawah ya, pull ups harus banyak latihan lagi
      untuk amannya jika di total nilai samapta A dan B jumlah nilai 80 syukur syukur kalau bisa diatas 80

  173. ozy / says :

    bang,saya mau daftar tamtama tni ad. saya sedikit kesulitan dalam tes buta warna . tapi ada yang bisa saya jawab . yah bisa di katakan partial lah . apakah itu bisa di tolerir ? makasih .

    • Ardo / says :

      @ozy
      Seharusnya seorang anggota tni polri memang tidak boleh buta warna
      dalam kasus ini karena buta warna parsial mudah-mudahan ada toleransi

  174. Arnold / says :

    Mas kalau boleh tau berkas2 apa saja yang di perlukan saat tes administrasi caba TNI? Dan berkas2 apa saja yang bisa di siapkan jauh2 hari mas? Supaya nanti pas pendaftaran gak sibuk banget.

    • Ardo / says :

      @arnold
      Sama nih dengan pertanyaan di bawah, banyak misal (ijazah,ktp,KK,foto,SKKB,dll) intinya sama dengan persyaratan pendaftaran yang lain,
      nanti akan saya posting tersendiri, tidak bakalan sibuk karena nanti akan mengalir dengan sendirinya

  175. saya masih 16 tahun mas mw mendaftar tentara tpi sy perna menjadi perokok apakah masih bisa mendaftar..mohon bantuannya mas..terima kasih

    • Ardo / says :

      @Alam
      Tentu masih ada kesempatan untuk mendaftar Tentara, tapi mulai dari sekarang stop merokok
      sehingga nanti pada saat tes kesehatan (Rontgen) paru-paru bersih/sehat)

  176. Arifin / says :

    Bang mau nanya kalo butawarna parsial ko ga boleh msuk TNI yahh padahal di amerika boleh?? Saya pingin masuk TNI tpi ke pentok sm butawarna parsial:(

    • Ardo / says :

      @Arifin
      Ya, bagaimana lagi aturan tiap negara berbeda
      dan ada baiknya di coba saja untuk daftar TNI, toh tidak ada ruginya
      tapi sebelumnya saran saya kalau hanya buta warna parsial coba perbanyak latihan pada warna yang tidak bisa dikenali
      atau lakukan terapi/ konsultasi pada dokter mata

  177. Maaf pak mau bertanya. Saya masih ragu dengan diri saya. Sooalnya tangan saya pernah patah saat kelas 4 Sd. Tetapi keadaan tangan saya sudah normal kembali, tidak ada rasa sakit sama sekali. Akan tetapi, disikut saya, agak bengkok sedikit pak. Saat di luruskan agak menonjol. Tetapi saya sudah ronsen ke RS polri, katanya tulangnya sudah menyambung dengan sempurna, tetapi hanya agak bengkok sedikit saja.dan saat latihan fisik pun tidak ada problem. Push ups = 46 / menit. Pull ups 10. Sit ups 58 / menit, lari sekitar 3100 / 12 menit. Pertanyaannya.. Apakah masih bisa pak daftar taruna / polisi ?

    • Ardo / says :

      @fikri abidin
      Kejadian sudah lama sekali dan sudah normal seperti semula terbukti sanggup latihan fisik
      dengan nilai bagus,tidak usah ragu dan juga kan hanya bengkok sedikit
      Daftar ikuti seleksinya, bila ada pertanyaan saat seleksi sampaikan sesuai kejadiannya
      biar tidak dianggap penyakit semacam Polio.
      ayo jangan ragu

  178. Samuel / says :

    Yah mas, kalo cakil / cameuh itu berarti ga bisa lulus dong ? Jadi gimana solusinya. Klo saya operasi berapa biayanya ya ?

    • Ardo / says :

      @Samuel
      Jika operasi saya tidak tahu, saya harap jangan berkecil hati, masih banyak bidang lain
      untuk mengabdi kepada Negara dan Bangsa, tidak harus melalui jalur TNI Polri
      Tetap Semangat

  179. anggita / says :

    Pak saya kelas 2 SMA saya brcita cita pengen jadi tni tp tinggi sya cuma 159 &gigi saya juga strukturnya tidak rata&ada yg brlubang sdkit,saya juga kurang bisa renang,itu solusinya gmn?

    • Ardo / says :

      @anggita
      Masih ada waktu kan masih kelas 2 SMA, Syarat minimal untuk wanita tinggi 160 cm berarti kurang 1 cm
      mudah-mudahan dalam 1 tahun bisa nambah, untuk gigi tidak ratanya bagaimana ? kecuali tidak rata bentuk cakil memang tidak bisa
      coba konsultasi ke dokter gigi mungkin bisa di pasang kawat gigi, sekalian tambal nanti giginya yang berlubang biar tidak makin besar lubangya,
      untuk renang ya harus banyak latihan agar bisa, dan juga olah raga renang bagus untuk membantu bertambah tinggi badan.
      demikian semoga membantu

  180. dhia / says :

    mas, saya pernah patah tulang tetapi ketika di rontgen ulang tulang saya sudah sempurna kembali. dan saya juga pernah operasi patah tulang dan bekas jahitannya belum hilang. apakah masih boleh? misalkan tidak boleh, apa sebabnya orang yang pernah patah tulang tidak boleh menjadi anggota tni/polri?

    • Ardo / says :

      @dhia
      Patah tulang nya di bagian yang mana?
      Jika pernah patah tulang dan hasil rontgen sudah sembuh seperti sedia kala /sempurna
      hanya menyisakan bekas operasi saja menurut saya tidak masalah, hanya mungkin nanti saat seleksi kesehatan tetap dokter yang memeriksa
      mempunyai pertimbangan lain, karena mungkin apabila orang pernah patah tulang di khawatirkan sudah tidak dapat beraktifitas membutuhkan fisik yang berat, tapi biar lebih yakin sebaiknya di coba mendaftar

  181. rizki / says :

    pak saya mau bertanya. kalok orang yang berkumis atu berewok itu msih di tolerir egk yaa? mhon jwabannya…mksiih

    • Ardo / says :

      @rizki
      tidak apa-apa yang penting nanti saat tes semua kumis berewok di cukur bersih
      kesempatannya sama dengan yang lain

  182. kiwamul / says :

    Pak saya kelas 3 sma kan sebentar lagi mau daftaran tni pak!!!push up,sit up,pull up masih separuh separuh.
    Yg mau saya tanyakan bagaimana solusi agar cepat bisa dan jadwal latihannya pak?
    Terima kasih

    • Ardo / says :

      @kiwanul
      itukan sudah ada di artikel nya
      untuk jadwal kita bisa buat sendiri seperti contoh di artikel misalnya sehabis sholat 5 waktu
      atau laksanakan latihan pada jam-jam ganjil misal jam 7, jam 9, jam 11, jam 13 dst dengan metode latihan bertingkat dan berlanjut
      intinya kita harus benar-benar melaksanakan latihan secara rutin sehingga hasil yang di inginkan tercapai
      karena percuma saja kalau sudah kita buat jadwal tapi kita malas melaksanakan latihan

  183. ryan / says :

    mas ambeien msih bisa ikut gx. apa berpengaruh, klw dioperasi gmna

    • Ardo / says :

      @ryan
      Ambien tentu sangat berpengaruh karena akan menyiksa karena kita tidak akan dapat melakukan
      kegiatan fisik, agar bisa ikut tidak ada jalan lain ambien harus di operasi

  184. Fikran / says :

    mohon ijin nanya pak menurut anda lebih baik gigi ompong atau gigi berlubang soalnya gigi berlubang sudah parah tidak bisa ditambal lebih baik.dicabut ajah apa gimana?
    posisi gigi atas geraham, terimaksih sebelumnya

    • Ardo / says :

      @Fikran
      Jika gigi berlubang dan sudah tidak memungkinkan untuk di tambal memang sebaiknya di cabut
      lebih baik ompong dari pada berlubang, karena jika berlubang terlihat gigi tidak sehat dan tidak ada upaya memperbaiki
      demikian sebaliknya gigi ompong terlihat sehat dan ada upaya memperbaiki

  185. dava / says :

    Mas mau tanya ,kalau tidak bisa berenang bisa lolos jadi tni gx mas?.

    • Ardo / says :

      @deva
      Seleksi Jasmani terbagi tiga bagian, Samapta A,samapta B dan berenang
      jadi di upayakan semua dapat nilai bagus termasuk berenang
      jika belum bisa berenang belajar biar bisa sehingga kita akan percaya diri
      agar nanti saat tes berenang tidak dapat nilai 0 dan malu disaksikan banyak orang

  186. setya / says :

    Asslm,wtwb.
    Saya ingin bertanya ya pak,kalau banyak bekaas jahitandi kepala karna kecelakaan/bekasnya tdk ditumbuhin rambutlagi bisa masuk tidak.Kalau gigi geraham ompong bisa di pasang gigi palsu tdk.dan jari telunjuk ada daging yg tumbuh akibat terjeppit di pintu sewaktu kecil sampai sekarang masih sakit.dan minta solusinya yang menyangkut.

    • Ardo / says :

      @setya
      Waalikum salam…
      Untuk sistem penilaian seleksi kesehatan mendetail saya tidak tahu
      Yang saya tahu jika memang masalah kesehatan menurut aturan tidak fatal dan masih dapat di toleransi sehingga tidak
      menghambat pendidikan biasanya diluluskan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya
      misalnya untuk gigi, maksimal 2 permasalahan pada gigi yang ringan biasanya ditoleransi dan diluluskan
      jadi untuk masalah kepala bekas dijahit dan tidak tumbuh rambut serta jari ada daging tumbuh sampai sekarang masih sakit tergantung
      panitia seleksi kesehatan jika dinilai mengganggu pendidikan biasanya gugur.

  187. Bang kalo varises gara”seriing lari masih bisa ikut ngga?
    Trus tahun 2016 ini skarang pake per kuota kah daftar nya?
    Mohon pencerahan nya

    • Ardo / says :

      @garantung
      Varises bisa gagal saat tes, sebaiknya hati2 jika selesai olah raga jangan langsung kaki di tekuk adakan penenangan terlebih dahulu
      sebaiknya konsultasikan ke dokter
      pada pendidikan TNI Polri tetap ada kuota baik tingkat akademi, secaba maupun tamtama

  188. ilyas / says :

    Bos ardo..mw txa nieh
    Sya pull ups kog susah bnget y yng mw dpetin 3 set
    Gmna cra agar pull up sya lbih hri tmbah mningkat bos..
    Apkah kmniman pull ups bsa mngagalkan prjalanan sya di TNI bos..
    Dan lw bleh tau mksimal pull up ntuk dftar TNI 2016 brpa ya bos

    • Ardo / says :

      @ilyas
      Memang Pull ups itu paling susah dibandingkan samapta B yang lain
      tapi jangan berkecil hati latihan terus mengangkat badan di tiang restok
      upayakan secara rutin agar otot trisep terbiasa, atau latihan di gym kemudian tanyakan ke instruktur nya
      cara ini paling efektif karena akan dilatih oleh instruktur dan peralatannya lengkap sehingga anda akan PD
      dan tidak menggagalkan anda untuk menjadi TNI.
      untuk mencapai nilai 100 harus kuat Pull ups 18 kali
      usahakan minim dapat 8 kali agar nilai 50 sehingga tidak mendapat nilai mati, tapi makin banyak makin bagus nilainya

  189. eko sugiono putro / says :

    Mas ardo, saya mau nanyak,, jika ada penyakit panu di kulit , tapi sudah sembu ,,tapi tetap ada bekasnya,,apakah masih lolos mas ardo dari seleksi kesehatan.?

    • Ardo / says :

      @eko sugiono putro
      Maaf mas lambat responnya maklum sibuk terus
      Untuk penyakit panu setahu saya jika sudah sembuh akan hilang bekasnya yang warnanya agak keputihan dan warnanya jika sudah
      sembuh akan sama dengan kulit, berarti panunya belum sembuh total coba konsultasikan ke dokter untuk meyakinkan jika dokter
      menyatakan sembuh tidak apa-apa lanjutkan

    • Ardo / says :

      @anton mangaju
      Mas Anton kemampuan tiap orang berbeda yang tahu kemampuan diri kita ya kita sendiri
      kalau mas anton mampu ya silahkan, sebagai contoh saya dulu mempersiapkan diri 1 tahun sebelum pelaksanaan tes
      demikian yang bisa saya sampaikan

  190. Rizqy / says :

    Mas kalo misal tulang belakang bengkok apakah itu sudah gagal ?

    • Ardo / says :

      @Rizky
      Untuk masalah gigi gingsul dan tulang belakang yang bengkok akan menjadi masalah dan akan gagal jika tes
      karena tulang belakang yang bengkok akan menghambat latihan dan penugasan yang berat

  191. Hikam / says :

    Ijin bertanya pak
    apakah jika badan sudah terbentuk berotot apakah akan mengurangi nilai?
    Lalu apakah orang yang pernah patah tulang ringan namun sudah sembuh total dan tulang kembali normal apa tetap jadi pertimbangan?
    Misal pada tes kesamaptaan semua mendapatkan nilai sempurna kecuali Pull up hanya dapat 5 misalnya, apakah tetep bisa lolos? Apa ada jumlah minimal/mati untuk masing2 kesamaptaan jasmani?
    Setelah lulus AAU bagaimana tes menjadi penerbang?
    dan bagaimana cara mendapatkan banyak brevet, sekolah/kursus militer luar negeri seperti agus Yudhoyono
    Terimakasih pak, maaf jika pertanyaannya banyak hehe

    • Ardo / says :

      @Hikam
      Borongan ya nanyanya hehehe, coba saya jawab ya…
      Badan berotot, kekar, kenceng, perut six pack selagi normal tidak seperti binaragawan tidak masalah.
      Jika pernah patah tulang ringan dan benar-benar yakin sudah sembuh total tidak meninggalkan ciri/bekas/tanda juga tidak ada masalah,
      Sebenarnya untuk tes samapta seleksi TNI/Polri tidak ada batas nilai minimal/mati kecuali samapta periodik organik, saat seleksi jangan berharap nilai minimal, raih nilai setinggi-tingginya, Ingat! ini seleksi bro! persaingan sesama peserta! jika terpaksa juga usahakan Pull Ups minimal dapat 8 kali.
      Untuk jadi penerbang setelah lulus AAU nanti akan ada tes/seleksi untuk jadi Penerbang juga untuk detailnya saya tidak tahu.
      Sama ini nanti apabila sudah jadi organik jika ingin punya banyak brevet,medali akan banyak kesempatan untuk meningkatkan kemampuan militer dengan cara kursus,sekolah dan penugasan.
      demikian

  192. Hikam / says :

    Saya mau tanya lagi pak, Apa surat surat seperti surat persetujuan orang tua, tidak terikat oleh instansi, bersedia ditempatkan di mana saja, perjanjian ikatan dinas pertama, apa perlu difotokopi dan dilegalisir pak? Atau surat surat itu dibuat sendiri atau sudah disediakan panitia saat pendaftaran? Dan yang ditulis tangan surat apa saja terimakasih.

    • Ardo / says :

      @Hikam
      Surat-surat tersebut jika sudah mendaftar nanti akan di berikan contoh, surat-surat yang perlu dilengkapi dan cara mengisi oleh Panitia

  193. Ahmad afif a / says :

    T.badan 176 b.badan 60 idealnya berapa mas bro? Batas toleransinya berapa

    Trimakasih.

    • Ardo / says :

      @ahmad alif a
      Rumus Ideal
      Tinggi Badan dikurangi 100 dan dikali 90 %,
      TB : 176 – 100 = 76 x 90% = 68,4 Kg.
      Toleransi berat badan normal adalah ditambah / dikurangi 6 Kg.
      62,4 kg s/d 74,4 kg

  194. setyawan / says :

    pak mau tnya .. saya mengalami gigi graham bungsu/impaksi ..yang saya baca di gogle gigi graham bungsu/impaksi harus di operasi ..nah klau sdah di operasi dan sembuh apakah bisa berpeluang untuk lolos di tes kesehatan gigi..

    • Ardo / says :

      @setyawan
      Untuk gigi geraham bungsu/impaksi sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi
      jika sudah operasi, untuk kesempatan lolos tes kesehatan gigi tentu masih ada asalkan gigi yang lain masih sehat/tidak ada permasalahan
      gigi yang lain

  195. mas,tanggal berapa dibuka lamaran calon bintara AD??saya tinggal dikota dumai,kira”Dimana tempatnya ya mas??

    • Ardo / says :

      @anton mangaju
      Untuk pendaftaran Bintara AD biasanya pada bulan Mei s/d Juni
      Untuk tempat pendaftaran di Ajen Kodam Bukit Barisan
      untuk menanyakan informasi coba tanyakan ke Pers Kodim Kota Dumai

  196. fanji / says :

    Bang…sleksi TNI ada tes ketajaman hidung gk??
    soalnya sya kurang dibagian hidung…sya tidak bisa nyium bau bangke (maaf) dll..kcuali bau cabai ma kayu putih…

    • Ardo / says :

      @fanji
      Wah kelebihan anda langka
      Saat seleksi nanti tidak ada tes ketajaman/kepekaan hidung jadi tidak ada masalah daftar saja

  197. Arnold / says :

    Mas gigi saya ad 1 yg belubabng terus gigi taring saya gingsul. Apa bila yg belubang saya tambal apa tidak masalah mas dengan penilaian terhadap gigi gingsul tersebut?

    Dan satu lagi mas pas udah jd tni, apa aja syarat nya jadi anggota kostrad. Makasih

    • Ardo / says :

      @arnold
      Justru gigi yang berlubang harus ditambal, untuk mengatasi kekurangan gigi yang ginsul tersebut.
      Untuk menjadi anggota Kostrad nanti Tim dari Kostrad akan datang ke tempat-tempat pendidikan untuk mengetes menjadi anggota Kostrad

  198. Klo pull up 8x trus push up 45 .shit up 40 .lari aku 2.5 km .sdh dpt nilai brpa? Trus cara cepat meninggkatkan pull up gmna pak? Soalnya tesnya tinggal 1minggu lagi

    • Ardo / says :

      @luis
      Samapta A
      Lari 2500 M = 47
      Samapta B
      Pull ups 8 = 50
      Push Ups 45 = 100
      Sit Ups 40 = 95
      Shutle Runs ? (berapa kali)
      cara menilai Samapta A + Samapta B (jumlah : 4 ) = hasilnya : 2 =……(Nilai Samapta)
      Sit Ups tambah 1 kali lagi jadi 41 = 100 (catatan : semua gerakan dilaksanakan secara benar sesuai aturan)
      cara cepat/instan untuk Pull Ups tidak ada harus banyak latihan, waktu tinggal satu minggu pertahankan saja dapat 8 yang penting gerakannya benar, tinggal tambah lari nya kalau bisa diatas 2600 m dan Suttle Runs kalau bisa dibawah 18,4 detik (18,3..18,1…17,5…dst)

  199. Arnold / says :

    Berarti tidak langsung kalah(gagal) dalam tes kesehatan kn mas karena sudah di tambal walaupun ada 1 gigi yang gingsul?
    Makasih

    • Ardo / says :

      @arnold
      Iya, untuk tes gigi yang masih bisa di toleransi maksimal 2 permasalahan pada gigi

  200. meizakurniawan / says :

    Mau tanya bg ,kalo gigi ada yg dicabut satu,msih bisa di terima msuk polisi gk

    • Ardo / says :

      @meizakurniawan
      Masih bisa karena maksimal 2 permasalahan pada gigi dan mulut

  201. Hikam / says :

    Ijin bertanya ndan, untuk tes psikologi, untuk lolos itu syaratnya banyak soal yang dikerjakan benar atau kecocokan psikologi kita dengan matra yg kita pilih, terima kasih.

    • Ardo / says :

      @Hikam
      Untuk tes psikologi ada sistim penilaian tersendiri kalau banyak dikerjakan dan benar itu bagus, dan juga sekalian
      untuk menentukan matra apabila kita lulus dan mengikuti pendidikan

  202. Hikam / says :

    Contoh tes mental ideologi itu seperti apa pak, dan contoh tes wawancara
    Untuk renang harus renang 25/50 meter? Dan itu dalam satu menit atau yang penting bisa mencapai target

    • Ardo / says :

      @Hikam
      Tes Mental Ideologi kita di minta mengisi menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan,misal data-data diri, keluarga,paham politik,tentang negara, pancasial,UUD,Wawasan Nusantara, alasan mendaftar, narkoba,kenakalan remaja, kebijakan Negara, agama dll nah dari jawaban/pendapat kamu tersebut nanti yang akan di dalami oleh Panitia melalui tes wawancara, garis besarnya begitu.
      Untuk renang bisa 25 atau 50 meter tergantung tempat dan panitia, untuk penilaian tergantung waktu yang di tempuh mencapai finish, makin cepat waktunya nilainya makin bagus, sistim penilaian menggunakan tabel nilai.

      • dimas bag / says :

        Lalu cara untuk menyembuhkan minus Secara cepat itu bagaimana pak ? apa harus operasi ?

        • Ardo / says :

          @dimas bag
          Kalau nanya itu saya tidak tahu, coba konsultasikan ke dokter mata ya

  203. dwi / says :

    Malam pak ardo saya dwi pak asal Jakarta. Mau tanya nih pak,setiap saya melakukan push up,tulang sikut saya itu berbunyi pletak pletuk. Nah pertanyaan saya pak,apakah saya langsung di dis atau bagaimana pak dalam penilaianya karna tulang sikut yg sering bunyi? Makasih

    • Ardo / says :

      @dwi
      Saran saya sebaiknya konsultasikan ke dokter soal tulang sikut yang berbunyi saat Push ups, karena bila kondisi normal
      seharusnya tidak terjadi hal yang demikian.
      Bisa saja di Dis/dihentikan oleh Testor jika menurut Testor itu berbahaya dan di laporkan ke dokter yang saat itu berjaga dilapangan,
      kecuali bila bisa membuktikan kalau hal tersebut normal (Tentunya dengan bukti surat keterangan dokter)

  204. dimas bag / says :

    Pak mau tanya, kalau mata agak minus/rabun jauh , kira” kemungkinan lolos bagaimana pak ? Apa cuma sekedar mengurangi nilai ?

    • Ardo / says :

      @dimas bag
      Sesuai persyaratan calon tidak berkacamata minus/Plus/silindris
      jika memakai kacamata otomatis tidak diperbolehkan saat mendaftar pertama
      Jika tidak memakai kacamata nanti ada seleksi kesehatan mata, jika didapat hasil cek ternyata minus,plus,silindris tentu akan gagal

  205. prima / says :

    Mas mau nanaya, saya ada tulusan nama bekas getah jambu monyet, apa masih bisa untuk mengikuti tes polisi

    • Ardo / says :

      @prima
      hehehe itu mainan saya waktu kecil, buat tato-tato an, akhirnya nyesel saat mau dihilangkan saya kerok akhirnya jadi koreng tapi lama-lama normal lagi kulitnya.
      Kalau mau daftar sebaiknya dihilangkan dulu, biar tidak jadi masalah, bisa hilang kok karena di permukaan kulit

  206. prima / says :

    Ilangnya pale apa mas? Saya udah pke dermat*x slama 2 minggu tpi blm pudar. Saya buatnya pas kelas 3 smp, dan sekarang saya kelas 3 smk

    • Ardo / says :

      @prima
      Memang lama jika harus kembali seperti kulit semula bahkan mungkin saja tetap berbekas, tapi setidak -tidaknya sudah berkurang tanda seperti tato
      Saran : coba konsultasikan ke dokter kulit.

  207. ficram / says :

    bng mau nanya nih
    klau kedalaman kolam untk tes TNI AL berapa mtr ya bng? thanks

    • Ardo / says :

      @ficram
      untuk kedalaman kolam renang untuk tes saya kira sama saja baik itu AL, AD,AU maupun Polri
      menggunakan standar Nasional/Internasional, 1 meter s/d 3 meter

  208. yunita / says :

    Terimakasih, Sangat membantu pak.
    Saya ingin bertanya, apakah strecht mark mempengaruhi nilai untuk tes polwan pak? Terimakasih..

    • Ardo / says :

      @yunita
      Strecht Mark memang tidak akan menggagalkan seseorang mengikuti tes,karena bukan penyakit yang berbahaya,terkecuali jika strecht mark terlihat banyak/parah ada dimana mana bisa saja gagal, tetapi tetap akan mempengaruhi nilai kesehatan karena menyangkut masalah merawat/kebersihan diri. saran sebaiknya memang di obati dulu agar menambah percaya diri

  209. lia astina / says :

    kak tinggi saya itu kan 168 saya kan masih kelas 1 SMK dan saya cewe tapi berat badan saya 67kg ini saya harus mengurangi brpa kg kak dan restop sama pantohir itu apa ya kak

    • Ardo / says :

      @lia astina
      Rumus sederhana BB ideal = TB-100 x 90%
      168-100 = 68 x 90% = 61,2 kg
      Toleransi ditambah/dikurangi 6 ( 55,2 kg s/d 67,2 kg) dengan berat badan 67 kg masuk kategori ideal lebih dari itu over weight,pertahankan, agar tenang coba diturunkan 1-2 kg saja.
      Restop ?( saya tidak tahu) mungkin yang dimaksud Restok. Restok adalah salah satu tes Samapta B atau biasa di sebut Pull Ups.
      Pantukhir adalah sidang penentuan lulus atau tidak lulus calon seleksi TNI/Polri sebelum mengikuti pendidikan

  210. Pak klo untuk yg polwan ada bekas tindik dikuping itu gmna ya?
    Tindik 2 gtu loh pak. Tpi yg satu nya udh buntu cuma bekas doang gtu
    Apa itu boleh pak
    Mkasih pak

    • Ardo / says :

      @Febriyanti
      Ya tidak apa apa tindik untuk Wanita dimaklumi

  211. Arnold / says :

    Mas, apa masuk kopassus sama sepwrti kostrad? Tim kopassus akun datang langsung di tempat pendidikan seperti kostrad untuk menyeleksi yg layak msuk kopassus? Trus apa bila masuk kostrad apa masih ada kesempatan menjadi anggota kopassus?. Makasih

    • Ardo / says :

      @Arnold
      Ya, sama seperti Kostrad, tetapi terkadang Kopassus membuka pendaftaran/pendidikan tersendiri khusus Kopassus (sesuai kebutuhan)
      setahu saya hasil seleksi Kostrad untuk Kostrad tidak bisa menjadi anggota Kopassus

  212. freli / says :

    pak,kalo umur kurang 2 bulan lagi pada saat mendaftar bintara,gmana itu pak?

    • Ardo / says :

      @freli
      setahu saya yang menjadi patokan bukan umur kurang pada saat mendaftar, tapi umur pada saat pendidikan. karena proses seleksi bisa sampai 2-3 bulan
      contoh untuk Bintara AD : “Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan bulan Nopember”
      coba hitung kembali, biasanya habis lulus SLTA pas umurnya

  213. ray moraga / says :

    pak kalo gigi depan patah 1 terus ditambal kira kira waktu pelaksanaan tes gigi dipermasalahkan gak? soalnya saya mau ikut tes caba AL , terimakasih sebelumnya

    • Ardo / says :

      @ray moraga
      Tidak apa-apa, untuk permasalahan pada gigi dan mulut maksimal 2 permasalahan

  214. Permisi pak, ini saya fikri abidin. Yg bertanya waktu itu, sekarang saya kelas 2 SMA. 2017 nanti insyaallah saya akan daftar brigadir polisi. Saya hanya memiliki satu kendala pak yg membuat saya masih kurang yakin / tidak pede (ragu) dengan kondisi tangan saya. Dulu pernah patah saat kelas 4 sd. Tapi sudah tidak ada problem. waktu itu sudah di cek kerumah sakit polri kramat jati. Saat di ronsen dokternya bilang tulangnya sudah menyambung dengan sempurna, hanya agak bengkok sedikit aja, agak nongol gitu pak saat di luruskan. Dan alhamdulillah saat latihan kesemaptaan pun sudah pas dengan target yg ditentukan.
    Push up = 47 / menit
    Pull up = 13 / menit
    Sit up = 50 / menit
    Lari 3100 meter 12 menit.
    Tinggi 172 cm, berat badan = 60 kg. Dan saat ini Kondisi tangan saya sekarang agak bengkok sedikit pak, saat di luruskan. Saya terkadang suka memikirkan, takut gagal di tes antropometri atau tes kesehatan. Saya terkadang Suka patah semangat pak saat memikirkan hal itu. Jadi bagaimana pak solusinya untuk meyakinkan tekat saya ini.

    • Ardo / says :

      @Fikri abidin
      Saya mengerti apa yang dipikirkan,tapi ingat semua yang ikut Tes mempunyai perasaan yang sama, takut gagal tes, karena peserta tes yang lain juga punya kekurangan,tidak semuanya bisa sempurna.
      Saran saya di coba untuk mendaftar bila sudah tiba saatnya, apalagi kejadian sudah lama dan dokter menyatakan sembuh, di tambah lagi dengan TB dan BB yang sudah idel plus kemampuan Kesamaptaan yang sudah bagus berarti sudah tidak ada masalah dengan tangannya walaupun mungkin terlihat sedikit bengkok, memang pada tes postur/antropometri ada batas toleransi untuk tulang yang bengkok, tapi saya tidak tahu hitungannya.
      Jadi hilangkan keraguan dan patah semangat sebelum mencoba, PEDE saja, berusaha dulu, hasil biar Tuhan yang menentukan.
      Jangan lupa berdoa, tetap semangat, Action

  215. Galuh kusumanegara / says :

    Mass saya mau tanya dong,kan klo gigi berlubang itu ga di perbolehkan kalo ompong gmn mas?

    • Ardo / says :

      @galuh kusumanegara
      Iya, tapi sebaiknya jika masih bisa usahakan di tambal giginya, walaupun ompong masih bisa tetapi tetap akan mengurangi nilai kesehatan,
      lebih bagus lagi yang ompong di pasang gigi palsu

  216. alam / says :

    Mau tanya bang klau gigi depan dicabut satu masih bisa keterima engga ya jadi polisi/TNI?
    Sama tambalan depan 1.

    • Ardo / says :

      @alam
      Maksimal 2 permasalahan pada gigi dan mulut, untuk gigi depan yang ompong sebaiknya di pasang gigi palsu karena jika di biarkan ompong tidak bagus secara estetika, kesempatan masih bisa, walaupun 2 masalah gigi tersebut tetap akan mengurangi nilai kesehatan

  217. fery / says :

    Pak saya lihat ada yang jadi tentara di bawah 165 itu karna apa si.

    Dan saya tinggi 162 apa bisa masuk tamtama tni AL pak bulan september 2016 ini pak mohon bantuan nya bagaimana agar cepat tmbah tinggi nya ya pak

    • Ardo / says :

      @fery
      Saya belum pernah ketemu sama tentara/polri di bawah 165 jadi saya tidak tahu, agar cepat tinggi secara instan saya tidak tahu caranya
      karena butuh waktu dan proses misal rajin berolahraga (lari,berenang) dan makan makanan yang bergizi serta faktor gen/keturunan berpengaruh

  218. Dwi Putri Rahayu / says :

    assalamualaikum , saya dwi kelas 2 sma insya allah setelah lulus dari sekolah menengah ini saya akan mendaftar menjadi calon anggota polri, tapi saya mempunyai 2 kendala yaitu penyakit varises dan saya mempunyai luka yang sudah kering tapi membekas, jadi bagaimana apakah saya bisa di terima dalam tes kesehatan, dan bagaimana cara menghilangkan varises dan luka itu, terimakasih

    • Ardo / says :

      @Dwi putri rahayu
      Waalaikum salam…
      Kesempatan tetap masih ada, untuk bekas luka dan sudah kering saya rasa tidak menjadi masalah selama tidak besar/melebar
      yang jadi masalah varisesnya. Saran saya untuk mengobati varises dan bekas luka sebaiknya konsultasikan ke dokter

  219. firda fitrian / says :

    Pak sy mau tnya, kn sblm ny di ktakan jika tulang rusuk brmsalah tdk bs mnjadi anggota TNi. Nah, yg inging sy tnyakan prmasalahan sperti apa yg biasa ny trjadi di tulang rusuk?

    • Ardo / says :

      @firda fitrian
      Dalam militer bila tulang rusuk bermasalah tentu akan mengganggu baik saat pendidikan, latihan dan penugasan selanjutnya
      karena di militer identik dengan latihan keras fisik prima serta tentunya struktur tulang yang sehat,
      misal: Penampilan diri,membawa beban berat, beladiri,mountenering,menembak,merayap,jungkir, halang rintang, berlari, hanmars dll
      jadi bila ada struktur tulang yang tidak sehat pasti akan mengganggu malah bisa berbahaya akibatnya pada diri sendiri.



Add Comment


Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *