Home  /  Motivasi  / Alasan mengapa kita menunda-nunda

Alasan mengapa kita menunda-nunda


Alasan mengapa kita menunda-nunda

Halangan terbesar kita untuk segera meraih kesuksesan adalah penundaan, yang tanpa sadar atau kita sadari sering kita lakukan, sebenarnya menghindari Penundaan merupakan komponen terpenting dalam Manajemen Waktu (Time Management).
Hal yang sangat penting dalam rangka ingin mewujudkan impian-impian kita adalah sedapat mungkin menghindari Penundaan, sungguh ini membutuhkan usaha yang keras, sebab kita ada didalamnya dan jujur harus kita akui hal ini memang terasa sulit untuk diatasi.Pikiran kita harus tetap fokus dan memelihara terus keinginan kita untuk mencapai impian-impian kita,sehingga halangan-halangan yang kita hadapi tidak menyurutkan harapan kita meraih kesuksesan.

Berikut beberapa alasan mengapa kita menunda, dan kita pernah melakukannya.

1. Takut kegagalan
Kita terlalu khawatir akan gagal dan terjatuh sehingga kita tidak berani melangkah untuk memulai dan juga kekhawatiran lain jika kita tetap mengambil tindakan, keragua-raguan, takut dianggap gagal oleh orang lain, di anggap pecundang adalah sesuatu hal yang sangat memalukan tentunya, padahal anggapan tersebut belum tentu, mungkin prasangka kita saja, kalaupun itu benar adanya “emang gue pikirin” memang rugi buat kita? Kita hidup bukan dari prasangka dan anggapan orang lain. Namun jika kita hanya bicara soal harapan,cita-cita dan impian tanpa adanya aksi untuk mewujudkannya, impian kita hanya tinggalah kenangan dan sebatas mimpi, tidak akan menjadi kenyataan. Andaipun sebuah harapan,tujuan,keinginan jika tidak tercapai, usaha yang sudah kita lakukan merupakan penghargaan, ingat kegagalan adalah sukses yang tertunda, belajarlah dari pengalaman-pengalaman. Tindakan mencoba adalah tindakan yang sudah tepat dan penuh keberanian, sebaliknya tindakan Menunda adalah tindakan yang salah dan pengecut, jangan terjebak dengan kalimat kegagalan sebagai alasan untuk menunda sesuatu.

2. Merasa kerepotan
Belum apa apa kita sudah merasa kerepotan kewalahan pada saat kita melihat sebuah tujuan, karena banyak banget yang harus kita kerjakan yang pada akhirnya kita merasa kerepotan sendiri serta kebingungan, perasaan tersebut membuat otak kita tumpul, sehingga kita bingung harus memulai dari mana.
Ambil kertas catat buatlah planing tindakan apa saja yang dibutuhkan untuk langkah langkah agar kita dapat berhasil tujuan yang ingin kita raih. Anggap kita sedang bermain Puzzle, saat kita melihat Puzzle berserakan dan kita harus menyusun agar menjadi sebuah gambar besar dan sempurna tentu akan membuat kepala kita pusing, pilih dan susun bagian bagian yang berserakan tersebut satu persatu dengan sabar, jangan kita merasa kerepotan mengerjakannya, yang pada akhirnya akan terbentuk gambar besar yang sempurna, seperti itulah yang harus kita kerjakan dan tanpa disadari kelak usaha yang sudah kita kerjakan akan mencapai Goal besar kita.

3. Sifat naluriah manusia
Sudah dari sananya manusia akan cenderung akan menghindari bila ada lubang, maksudnya kegagalan, karena akan mengakibatkan sakit dan penderitaan dan cenderung berbuat sesuatu yang membuat kita happy. Untuk menghindari penundaan buatlah komitmen dan lakukan tugas-tugas yang tidak kita sukai terlebih dahulu, “saya pasti bisa” sadari semakin cepat kita memulai dan semakin keras kita berusaha, maka semakin cepat pula pekerjaan kita akan selesai.

4. Cara berpikir
Pada saat kita mendapati suatu pekerjaan sebagai sebuah hal yang sulit, maka akan sulitlah pekerjaan tersebut. Daripada kita menyerah lebih baik melihatnya sebagai kesempatan untuk diatasi, kerjakan tugas tersebut dengan penuh semangat dan keikhlasan biasakan otak berpikir rasakan prosesnya sehingga akan meningkatkan kemampuan kita dan kita dapat merubah sebuah pekerjaan menjadi sebuah kesenangan
Penundaan menjadi sebuah ironi : Banyak diantara kita berkeluh kesah bahwa kita tidak memilki banyak waktu untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan, sementara waktu kita dihabiskan untuk duduk-duduk, mengobrol yang tidak penting, bermain gadget tanpa mengerjakan apa-apa, menyepelekan dan menunda-nunda pekerjaan yang sedang menunggu yang seharusnya dapat kita kerjakan saat itu.

Kawan, kemarin adalah kenangan, hari ini adalah kenyataan, esok adalah impian. Lakukan yang terbaik yang bisa kita kerjakan hari ini sehingga esok impian akan tercapai. Jangan biarkan Penundaan menguburkan harapan dan impian anda.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Post


Kisah Sukses Seorang Istri Prajurit Menjadi Dosen
Kisah Sukses Seorang Istri Prajurit Menjadi Dosen

  Berstatus sebagai seorang istri prajurit TNI-AD (Persit), tidak serta…

Wow ! Ternyata Anak Perempuan Pertama Cenderung Akan Menjadi Orang Yang Sukses
Wow ! Ternyata Anak Perempuan Pertama Cenderung Akan Menjadi Orang Yang Sukses

Kamu menjadi anak pertama alias si sulung dari sebuah keluarga…

Semangat
Semangat

Lama tidak update postingan, itu dia sedang tidak semangat, capek,…

Buku Saya Muak Dengan Motivasi
Buku Saya Muak Dengan Motivasi

Kali ini saya mau share tentang buku yang saya dapatkan…





Add Comment


Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *