Home  /  Others  / 6 Cara menghilangkan Rasa Kesepian

6 Cara menghilangkan Rasa Kesepian


6 Cara menghilangkan Rasa Kesepian

Ada saat dimana seseorang ingin menyendiri, menjauh dari kebisingan kota, atau  sejenak melupakan aktifitas membosankan. Namun, jika kesendirian terlampau jauh, Anda bisa saja merasa kesepian. Kesepian yang terus dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut Bruce Rabin, direkur Program Lifestyle dari University of Pittsburgh Medical Center, kesepian dapat menyebabkan depresi, penyakit jantung, penurunan sistem kekebalan tubuh, bahkan meninggal dunia.

Lalu, bagaiaman cara mengatasi rasa kesepian tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat.

  1. Jalan-Jalan

Berjalan-jalan telah terbukti mampu menyehatkan tubuh dan pikiran. Anda yang kesepian bisa mencoba untuk pergi ke pantai, menikmati deburan ombaknya, duduk diatas pasir pantai, sambil menunggu mentari terbenam. Jika Anda tak menyukai pantai, mungkin Anda bisa berjalan-jalan disekitar pusat kota, berbelanja, atau sekedar duduk dikursi taman. Banyak pemandangan yang bisa Anda saksikan selagi duduk-duduk ditaman. Selain itu, saat jalan-jalan, Anda mungkin akan menemukan hal menarik yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

  1. Membicarakannya Kepada Orang Yang Kamu Kenal

Seseorang yang kesepian  sangat membutuhkan perhatian dari orang lain. Oleh sebab itu, Anda mungkin perlu membicarakannya dengan sahabat atau keluarga Anda. Mungkin saja selama ini Anda kesepian karena terpisah atau kurangnya perhatian dari orang terdekatmu. Dukungan dan kasih sayang  dari mereka bisa membangkitkan semangatmu. Anda mungkin saja menerima beberapa saran dari mereka untuk mengatasi kesepian Anda.

  1. Melakukan Aktifitas Di Rumah

Sepertinya Anda perlu menambah jadwal kegiatan Anda. Mungkin selama ini fokus Anda hanya pada kuliah atau pekerjaan, sehingga Anda mengabaikan hal lainnya. Dirumah Anda bisa melakukan aktifitas seperti memasak. Supaya ramai, Anda bisa mengajak sahabat-sahabat atau anggota keluarga yang juga suka memasak. Selain itu Anda juga bisa membersihkan rumah Anda. Tentunya banyak hal yang bisa Anda bersihkan. Kesepian Anda bisa sedikit terobati dan Anda juga mendapatkan rumah yang bersih.  Mungkin Anda juga perlu mencoba berkebun dihalaman rumah Anda.

  1. Bergabung Dalam Sebuah Komunitas

Salah satu penyebab kesepian adalah kurangnya kebersamaan. Anda mungkin perlu bergabung dalam sebuah komunitas untuk menyembuhkan kesepian Anda. Mungkin komunitas pencinta alam akan cocok denganmu? Selain mendapatkan teman untuk berbagi cerita dan pengalaman, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bersama mereka. Atau mungkin Anda tertarik untuk bergabung dalam club photography?  Ada banyak kenangan indah yang bisa Anda abadikan.

  1. Mencari Pasangan

Memang tidak 100% akan menghilangkan kesepian, sebab orang yang memiliki pasangan saja masih bisa merasa kesepian. Namun, bukan berarti hal ini tidak layak untuk dicoba, kan.

Anda bisa melakukan berbagai aktifitas menyenangkan bersama pasangan Anda, seperti menonton film di bioskop, memasak bersama, bermain video game, ke tempat karaoke atau mungkin berlibur bersama. Untuk yang satu ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnival Cruise Line, menemukan bahwa 88% pasangan merasa lebih bahagia saat berlibur bersama pasangan mereka. Penelitian ini dilakukan terhadap 2.000 pasangan di Inggris.

  1. Merawat Hewan Peliharaan

Menurut American Humane Association, hewan peliharaan dapat menyembuhkan masalah emotional seseorang. Orang yang kesepian cenderung mengalami masalah secara emosional. Anda bisa mencoba memelihara ikan, kucing atau anjing. Hewan-hewan ini bisa memberikan kenyamanan sekaligus mengisi waktu luang Anda. Selain itu, Anda bisa dengan mudah menarik perhatian orang lain hanya dengan memelihara anjing atau kucing. Hal ini akan memudahkan Anda dalam berinteraksi dan mendapatkan teman baru.

Catatan : Anda bisa menemui Psikiater jika keenam cara diatas tak berhasil  😆

 

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Post


Cinta Tulus Anak Perempuan Pada Ayahnya
Cinta Tulus Anak Perempuan Pada Ayahnya

Di bulan yang Fitri ini marilah kita saling maaf memaafkan,…

Perhatian ! Jangan Bermain Media Sosial Di Pagi Hari
Perhatian ! Jangan Bermain Media Sosial Di Pagi Hari

Media Sosial memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakata saat…

Enam Aturan Prajurit Satgas RI-PNG di Toilet Ini Bikin Kamu Cekikikan
Enam Aturan Prajurit Satgas RI-PNG di Toilet Ini Bikin Kamu Cekikikan

Prajurit TNI AD yang bertugas di perbatasan Republik Indonesia dan…

Tips Aman Menggunakan Media Sosial
Tips Aman Menggunakan Media Sosial

Bermain media sosial saat ini menjadi satu hal yang tak…





Add Comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *