Home  /  Motivasi  / 10 Orang Sukses Tanpa Pendidikan yang Tinggi

10 Orang Sukses Tanpa Pendidikan yang Tinggi


10 Orang Sukses Tanpa Pendidikan yang Tinggi

Dari dalam Negeri…

6. Buya Hamka

buya-hamka

HAMKA (1908-1981), alias Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Ia adalah seorang ulama, aktivis politik dan penulis Indonesia yang amat terkenal di alam Nusantara. Hamka mendapat pendidikan rendah di Sekolah Dasar Maninjau hingga kelas dua. Ketika usia HAMKA mencapai 10 tahun, ayahnya telah mendirikan Sumatera Thawalib di Padang Panjang. Di situ Hamka mempelajari agama dan mendalami bahasa Arab. Hamka juga pernah mengikuti pengajaran agama di surau dan masjid yang diberikan ulama terkenal seperti Syeikh Ibrahim Musa, Syeikh Ahmad Rasyid, Sutan Mansur, R.M. Surjopranoto dan Ki Bagus Hadikusumo.

7. Adam Malik

adam-malik

Faktanya, ia hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) dan hanya dapat mengenyam pendidikan SMP selama 1 tahun saja. Adam Malik lahir di daerah Pematangsiantar. Sumatera Utara pada tanggal 22 Juli 1917 dan meninggal dunia pada tanggal 5 September 1984. Itu merupakan setahun setelah masa jabatannya sebagai seorang Wapres berakhir.

Disini Adam Malik dapat membuktikan kepada dunia, bahwa meskipun beliau tidak menempuh pendidikan yang tinggi. Namun bisa tetap untuk sukses dan menjadi salah seorang yang begitu penting di negeri ini.

8. Basrizal Koto

basrizal-koto

Basrizal Koto (Basko) lahir di Kampung Ladang, Pariaman dari pasangan Ali Absyar dan Djaninar. Masa kecilnya sangatlah getir, di mana Basko sempat merasakan hanya makan sehari sekali, di mana untuk makan sehari-hari saja sang ibu harus meminjam beras ke tetangga. Ayahnya hanyalah bekerja sebagai buruh tani yang mengolah gabah

Meski sempat bersekolah hingga kelas lima SD, Basko akhirnya berkesimpulan bahwa kemiskinan harus dilawan bukan untuk dinikmati.

9. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta, namun berhenti di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya dalam gerakan Golput.

Lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965, umur 51 tahun adalah seorang Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang juga pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat. Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 185 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing.

10. Andrie Wongso

andrie-wongso

Anak ke-2 dari 3 bersaudara ini terlahir dari sebuah keluarga miskin di kota Malang. Di usia 11 tahun (kelas 6 SD), terpaksa harus berhenti bersekolah karena sekolah mandarin tempat andrie kecil bersekolah ditutup. Maka SDTT, Sekolah Dasar Tidak Tamat, adalah gelar yang disandangnya saat ini. Masa kecil hingga remajanya pun kemudian dilalui dengan membantu orang tuanya membuat dan berkeliling berjualan kue ke toko-toko dan pasar. Profesi motivator asal Indonesia dan lebih dari 20 tahun berkiprah sebagai pengusaha sukses.

Itu sedikit cerita orang-orang sukses tanpa pendidikan yang tinggi, sebenarnya masih banyak lagi dan artikel ini tidak mengajak kamu untuk meninggalkan pendidikan. Ingat ! Pendidikan itu penting!

Semoga Bermanfaat.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Laman: 1 2

Related Post


5 Kegiatan Ini akan mengganggu Daya Ingat Anda
5 Kegiatan Ini akan mengganggu Daya Ingat Anda

Anda mungkin disibukan dengan berbagai aktifitas setiap harinya. Namun, dalam…

Hebat, Desi Anak Tukang Pangkas Rambut Lulus Taruni Akmil
Hebat, Desi Anak Tukang Pangkas Rambut Lulus Taruni Akmil

Desi Gebrina Rezeki adalah lulusan dari SMAN 2 Banda Aceh…

Pesan Ayah Kepada Anaknya
Pesan Ayah Kepada Anaknya

Ananda... Meraih sesuatu yang diinginkan bukanlah hal yang tidak mungkin,…

Waktu Pendaftaran Seleksi Calon Anggota TNI dan POLRI
Waktu Pendaftaran Seleksi Calon Anggota TNI dan POLRI

Karena banyaknya pertanyaan seputar kapan waktunya pendaftaran seleksi calon anggota…





Add Comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *